Home » » Daftar Istilah SEO Blog Dasar yang Perlu Blogger Ketahui

Daftar Istilah SEO Blog Dasar yang Perlu Blogger Ketahui

Daftar Istilah SEO Blog Dasar yang Perlu Blogger Ketahui
Daftar Istilah SEO yang Perlu Blogger Ketahui untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung.

TEKNIK SEO merupakan bagian penting aktivitas blogging.

Kita, para blogger, harus mengenali istilah-istilah penting seputar SEO ini, untuk sukses blogging --banyak pengunjung dan "menghasilkan" (uang ataupun popularitas).

Daftar istilah ini bisa menjadi panduan dasar bagi blogger pemula, sekaligus "refresh" wawasan tentang SEO bagi yang sudah akrab dengan istilah-istilah penting di dunia blogging dan desain konten website ini.

Kita mulai dari pengertian SEO itu sendiri. Cara pengucapannya adalah ES-I-OW (Cek). Dari  istilah SEO ini banyak istilah lain yang terkait.

Daftar Istilah SEO Blog Dasar yang Perlu Blogger Ketahui

1. SEO

Singkatan dari Search Engine Optimization. Bahasa Indonesianya Optimisasi Mesin Pencari atau Pengoptimalan Mesin Telusur. Tapi kayaknya 'gak ada yang menyingkatnya menjadi OMP atau PMT. 

Pengertian praktisnya, SEO adalah cara mengoptimalkan blog agar mudah dan cepat diindeks situs pencarian, terutama Google dan Bing, sehingga blog kita muncul di halaman depan hasil pencarian (SERP) dan dibuka/dikunjungi pengguna internet.

SEO adalah andalan para blogger untuk mendatangkan pengunjung, trafik, atau pageviews. CB sudah share banyak Tips SEO, termasuk SEO Dasar bagi Blogger Pemula.

2. SEM

SEM singkatan dari Search Engine Marketing atau Pemasaran Mesin Pencari. SEM adalah teknik SEO juga, dengan cara memasang iklan blog kita di Google --yaitu menjadi Google AdWords Advertiser.

Istilah yang serupa dengan SEM adalah Social Media Marketing (SMM), yaitu pasang iklan di situs media sosial, misalnya di Facebook.

3. Backlink

Nama lain backlink adalah InLink dan Inbound Link. Ini favorit para blogger. Banyak blogger rajin blogwalking dan berkomentar hanya untuk maksud mendapatkan backlink, namun lebih banyak lagi cederung "nyepam" (spamming).

Backlink adalah link alamat blog atau salah satu link postingan blog kita yang ada di blog lain, yaitu sebuah hyperlink di website orang lain yang mengarah ke blog kita.

membuat backlink

4. PageRank

Secara harfiyah, PageRank (PR) artinya Peringkat Halaman. PageRank adalah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utamamesin pencari Google.

Sebuah situs yang mempunyai peringkat halaman 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam daftar pencarian Google (SERP) daripada situs yang mempunyai peringkat halaman 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil. (Wikipedia).

5. Linkbait
Linkbait artinya umpan link tau "memancing link". Linkbait atau linkbaiting yaitu konten blog yang betujuan menciptakan backlink ke blog kita. Teknik Linkbait terpopuler adalah membuat tulisan yang sangat berkaulitas sehingga blogger lain merujuk ke posting tersebut.

6. Link farm. 

Peternakan Link atau "Beternak Link". Ternak tautan ini termasuk teknik SEO yang dianggap Spamming oleh Google dan kena penalti.

Link Farming adalah istilah dalam teknik SEO yang merujuk pada aktivitas membuat banyak blog yang mengandung link ke blog kita, atau membuat sebuah website dengan tujuan utama memasang link (membuat backlink) ke blog kita.

7. Anchor Text

Anchor text adalah teks yang bisa diklik atau mengandung tautan. Memasang anchor text dengan kata kunci yang relevan dengan posting akan meningkatkan SEO karena Google.

8. Title Tag

Title tags yaitu tag judul halaman web atau nama blog (the title of a web page). Title tag merupakan faktor terpenting dalam algoritma Google.

Idealnya judul blog Anda unik dan mengandung kata kunci yang menjadi konten (isi) blog.

Judul blog berbeda dengan nama domain. Nama domain bisa, misalnya, newjohnywuss.blogspot.com, namun title tagnya, misalnya, Template Blog Paling SEO Friendly. Namun, sebaiknya nama blog dan nama domain/alamat url, relevan atau sama.

9. Meta Tags

Meta tags adalah identitas atau tanda pengenal blog kepada mesin pencari. Tag meta digunakan untuk memberi informasi kepada mesin telusur tentang isi blog atau halaman web.

Meta tag biasanya ditempatkan di bawah kode <head> dan tidak terlihat langsung di layar oleh pengunjung blog.

10. Search Algorithm

Algoritma Pencarian yaitu "sistem" yang diterapkan mesin pencari untuk mengindeks atau menemukan halaman web yang paling cocok dengan kata kunci yang dicari pengguna internet.

Algoritma mempertimbangkan lebih dari 200 faktor (menurut Google), termasuk meta tags, title tags, konten web, dan usia domain (umur blog.

11. SERP

SERP adalah singkatan dari Search Engine Results Page atau Halaman Hasil Pencarian Mesin Telusur. Halaman ini akan terbuka saat kita mengetik kata kunci tertentu di Google atau mesin telusur lain.

Misalnya, kita mengetik kata kunci SERP, maka SERP-nya adalah sebagai berikut:

Search Engine Results Page


12. Sandbox

Dikenal dengan istilah Google Sandbox (Kotak Pasir Google). Sandbox yaitu istilah bagi sebuah lokasi milik Google untuk menyimpan atau menyembunyikan blog yang dianggap melanggar hak cipta, suka copas tanpa menyebutkan sumber, kebanyakan kata kunci, atau melanggar Kebijakan Konten Blogger.

Jika sebuah blog tidak muncul di mesin pencari, tidak terindeks Google, maka dipastikan blog tersebut masuk Sandbox. Jika dibiarkan oleh admin blogger, maka blog tersebut akan dihapus Google.

13. Keyword Density

Kewords Density --artinya kepadatan kata kunci-- merupakan faktor SEO yang penting. Kata kunci sebaiknya di bawah 3% dari total kata yang ada dalam postingan, dengan posisi di judul, awal tulisan, tengah tulisan, subheading (subjudul), dan akhir tulisan.

14. Keyword Stuffing

Keyword Stuffing yaitu memasang kata kunci secara berlebihan di meta tags atau di tulisan. Ini pelanggaran yang dapat disanksi oleh Google karena dianggap Spam.

Pengulangan kata kunci secara berlebihan membuat tulisan / posting tidak enak dibaca dan tidak alami. Google mengatakan, menulislah untuk manusia, bukan untuk mesin pencari.

15. Cloaking. 

Cloaking adalah praktik SEO ilegal dengan menggunakan skrip atau kode tertentu sehingga menyajikan konten yang berbeda atau URL untuk pengguna dan mesin pencari. Google sudah mengeluarkan Panda dan Penguin untuk membasmi praktik Cloaking sehingga kini sudah tidak berlaku lagi.

16. Web Crawler

Web Crawler adalah proses indeks tahap pertama oleh mesin telusur terhadap sebuah blog atau halaman web.

Google sudah memberikan panduan, langkah pertama agar blog kita diindeks Google adalah Submit URL dan Submit Sitemap ke Google melalui Webmaster Tools.

Demikian beberapa istilah SEO Blog Dasar bagi pemula yang dirangkum dari berbagai sumber. Untuk menerapkan pengetahuan tentang istilah-istolah SEO di atas, Anda bisa ikuti Panduan Praktis Menulis Posting Blog SEO Friendly yang mudah dan cepat terindeks Google.

Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading & sharing Daftar Istilah SEO Blog Dasar yang Perlu Blogger Ketahui

Previous
« Prev Post

1 comments:

Comment Page:
  1. Apakah di tahun mendatang seo masih penting gan, ada isu katanya sekarang sudah tidak banyak lagi webmaster memperhatikan seo

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox