Home » » 5 Tips SEO Dasar bagi Blogger Pemula

5 Tips SEO Dasar bagi Blogger Pemula

5 Tips SEO Dasar bagi Blogger Pemula
5 Tips SEO Dasar bagi Blogger Pemula - Langkah Awal Pengoptimalan Blog

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau Pengoptimalan Mesin Pencari (Mesin Telusur).

SEO (baca: es-i-ow) artinya mengoptimalkan blog kita agar mudah dan cepat terindeks Google, Bing, atau mesin telusur lainnya.

SEO merupakan hal wajib dilakukan bagi blogger, terutama jika konten blognya tidak unik alias mirip dengan blogger lain.

Jika konten, posting, atau tulisannya unik (tidak ada di blog lain), dipastikan posting blog tersebut berada di posisi teratas dan satu-satunya, sehingga tidak ada alternatif lagi bagi pengguna internet untuk membuka link lain.

Berdasarkan pengalaman CB menangani klien di Layanan Premium, banyak blogger yang belum tahu tips SEO Dasar bagi blognya, sehingga saat dicek blognya sama sekali tidak terindeks Google.

Tips SEO Dasar ini adalah versi lain dari tips sebelumnya: 10 Tips SEO Dasar SEO bagi Blogger Pemula.


5 Tips SEO Dasar bagi Blogger Pemula

Berikut ini lima tips seo dasar yang harus dilakukan blogger pemula, untuk membantu mesin pencari dalam mengindeks blognya secepat dan semudah mungkin.

Kelima Tips SEO Dasar itu adalah sebagai berikut:
  1. Daftar ke Google (Submit URL)
  2. Daftarkan Peta Situs (Submit Sitemaps)
  3. Daftarkan ke Bing
  4. Isi Meta Tags Deskripsi
  5. Daftarkan ke Feedburner

#1. SUBMIT URL

Langkah ini dan langkah SEO no. 2 diingatkan langsung oleh Google dalam Panduan SEO Resminya.  Kata Google, Tidak ada yang dapat menjamin peringkat #1 di Google.

"Hati-hati terhadap SEO yang mengklaim dapat menjamin peringkat, menyatakan memiliki "hubungan khusus" dengan Google, atau mengiklankan "pengiriman prioritas" ke Google," tegasnya. 

"Tidak ada pengiriman prioritas untuk Google. Kenyataannya, satu-satunya cara untuk mengirimkan situs ke Google secara langsung adalah melalui laman Tambah URL kami atau dengan mengirimkan Peta Situs dan Anda dapat melakukannya tanpa biaya sedikit pun."

Sangat jelas. Maka, silakan Anda lakukan Tambah URL dan Peta Situs di kedua link Google Webmaster Tools tersebut.

tambahkan blog ke Indeks Google
Daftarkan Blog ke Indeks Google - AddUrl

Setelah mendaftarkan blog ke Google, lanjutkan dengan klik "Search Console" untuk menambahkan blog Anda di Webmaster Tools (ADD PROPERTY) dan lanjutkan dengan langkah kedua.

#2. SUBMIT SITEMAPS

Peta situs adalah konten atau isi blog kita yang hanya dibaca mesin pencari, bukan untuk user. Mesin pencari menerjemahkan peta situs tersebut untuk pengguna atau pengunjung.

Untuk blog blogger, Anda tinggal memasukkan atau mengetik sitemap.xml di belakang alamat blog Anda, di kotak yang tersedia saat membuka link Submit Sitemaps di Webmaster Tools. Misalnya: http://www.contohblog.com/sitemap.xml

daftarkan peta situs blog ke Google
Daftarkan Peta Situs Blog ke Google.*


Anda bisa lanjutkan ke tahap berikutnya dengan klik menu "Fetch as Google" untuk mempercepat indexing Google atas blog Anda.

#3. Daftarkan ke Bing

Bing atau Yahoo! merupakan mesin pencari terpopuler kedua setelah Google. Daftarkan pula blog Anda ke Bing untuk menambah "databse" blog Anda di internet.

Proses pendaftarannya mirip bahkan sama dengan Google. Buka saja Submit Site URL to Bing dan masukkan alamat blog Anda, lanjutkan dengan klik menu Great! Sign me Up.

Daftar Blog ke Bing Yahoo!
Daftar Blog ke Bing Yahoo!

#4. Isi Meta Tags Deskripsi

Di Dashbloard Blogger Anda, klik menu "Settings" > "Search Preferences" > Edit Meta Tags > Enable dan isi dengan deskripsi blog Anda, yaitu gambaran konten atau tema-tema posting yang ada di Blog Anda.
Isi Meta Tags Deskripsi
Isi Meta Tags Deskripsi Blog.*

Mengisi Meta Tags ini sangat penting, karena meta tags inilah yang menjadi "tanda pengenal" blog Anda bagi mesin pencari dan pengguna/pengunjung.

Pengisian Meta tags ini pula yang membuka fitur "Search Description" saat Anda menulis posting, yaitu fitur di sidebar kanan saat menulis konten blog.

#5. Daftarkan ke Feedburner

Ini langkah SEO Dasar Blog kelima, terkait pula dengan "backlin" atau "linkbaiting" ke media sosial, juta penting untuk Membuat Kotak Berlangganan.

Buka Google Feedburner dan masukkan alamat blog Anda di kotak seperti ini.

Daftarkan ke Feedburner
Daftarkan Blog ke Feedburner.*

Klik "Next" dan seterusnya. Di sini pula kita bisa setting share otomatis update posting blog ke Twitter dan Facenook.

Temukan menu "Socialize", lalu tautkan akun Feedburner Anda dengan Twitter. Dari Twitter, linkan juga ke akun Facebook.

Dengan demikian, sekali posting, maka posting Anda otomatis menyebar ke Feedburner, Twitter, Facebook, juga akun Google Plus Anda.

Itu dia 5 Tips SEO Dasar bagi Blogger Pemula. 

Extra! SEO Image Optimization

Sebagai tambahan, sering juga blogger pemula yang "lupa" mengotimalkan gambar ilustrasi di postingan.

Jika tidak disi "Properties" Image-nya, maka akan mengurangi nilai SEO, karena Google tidak bisa membaca gambar, tapi mengindeks nama file dan deskripsinya. 

Untuk pengoptimalan atau SEO Image di Blogger ini sudah CB share di posting Cara Mengoptimalkan SEO Gambar di Posing Blog.

Good Luck & Happy Blogging! (http://www.contohblog.com).*

Thanks for reading & sharing 5 Tips SEO Dasar bagi Blogger Pemula

Previous
« Prev Post

3 comments:

Comment Page:
  1. Mantab gan, mudah mudahan bisa saya terapkan di blog baru saya. Terima kasih infonya!

    ReplyDelete
  2. menu socialize nya gk ketemu gan di feedburner

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada di menu publicize > di sidebar kiri

      Delete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox