Tips Menjadi Youtuber Sukses - Cara Menghasilan Uang dari Video Youtube

Tips Menjadi Youtuber Sukses
Tips Menjadi Youtuber Sukses - Cara Menghasilan Uang dari Video Youtube

POSTING ini terinspirasi seorang teman yang anaknya ingin menjadi Youtuber.

Katanya, saat ditanya tentang cita-citanya, anaknya bilang INGIN JADI YOUTUBER!

Apa itu Youtuber? 

Dari kata Youtube, Youtuber adalah orang yang aktif di YouTube dengan upload video dan memonetisasinya, menguangkannya.

Youtuber juga adalah seseorang atau sekelompok orang yang memproduksi video lalu diupload di Youtube.

Bisa juga dikatakan, YouTuber adalah pengguna akun Youtube dan menghasilkan uang dari video-video yang diunggahnya dengan cara monetisasi, yakni mengizinkan iklan Google (Google AdSense) "nyelip" di video yang dibuka pengguna/pengunjung/penonton.

Youtuber biasanya juga punya blog video (vlog, video log) untuk mempopulerkan video-videonya, selain disebarkannya di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Untuk menjadi Youtuber sukses, maka Anda harus bisa membuat sebuah video asli buatan sendiri, lucu, menarik, unik, update/aktual.

Kalau videonya menarik, maka akan banyak subscribernya, lalu dengan mudah memonetisasinya agar video tersebut "berubah" menjadi "mesin uang".

Update Google tentang Monetisasi Youtube

Di laman resmi Google tentang Cara Menghasilan Uang dari Video, disebutkan "Setelah tanggal 6 April 2017, channel yang memiliki kurang dari 10.000 penayangan, tidak dapat menayangkan iklan di video mereka. Pelajari lebih lanjut tentang perubahan terbaru Program Partner Youtube".

Nah lho, makin ketat!

Tips Menjadi Youtuber bagi Pemula

Bagaimana Cara Menjadi Youtuber alias Menghasilkan Uang dari Video yang kita upload di YouTube?

1. Membuat Akun YouTube

Tentu saja, pertama-tama adalah membuat membuat akun YouTube. Jika Anda sudah punya email Gmal, atau akun Blogger, otomatis tinggal LOGIN ke laman Youtube dan membuat akun baru.

2. Membuat Channel

Setelah akun dibuat, berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube Anda. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube.

3. Upload Video ke YouTube

Akun sudah jadi, Channel sudah ada, tentu saja langkah berikutnya adalah mengupload video karya Anda.

Konten video harus orisinal, asli buatan sendiri, dan tidak musiknya tidak melanggar hak cipta. Jika butuh musik latar gratis bebas hak cipta, simak: Daftar Link Download Musik Backsound Gratis Bebas Royalti & Copyright.

Dalam panduan monetisasi video Youtube bagi para Youtuber dari Google disebutkan, video dapat menayangkan iklan (AdSense) dan menghasilkan uang jika videonya asli, milik sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain (video clip, image, logo) sampai back-sound

Video yang kita upload bisa dari video hasil rekaman main gitar, rekaman peristiwa yang ditemui di jalan, rekaman apa saja, asal asli dan menarik.

Bisa juga, contoh lain, video tips and trik, misalnya cara mengatasi komputer yang kotor, mengatasi apa saja, atau tips apa saja.

4. Promosikan di Media Sosial.

Agar banyak yang nonton, populerkan channel video Anda di media sosial atau di postingan blog, atau membuat blog khusus berisi video (VLOG).

Jangan lupa, gunakan Template Blog Video SEO Friendly. (Order)

5. Menyiapkan Saluran (Channel) dan Video untuk Monetisasi

Ini panduan dari Googl sebagai pemilik Yotube. Dengan menjadi mitra YouTube, Anda dapat memonetisasi video di saluran dan menghasilkan uang dari pendapatan yang diperoleh. 

Sebelum Anda memulai, periksa kelayakan saluran dan pelajari cara untuk ikut serta. Selanjutnya, pelajari cara mengaktifkan video yang layak untuk menghasilkan uang.

Mengaktifkan monetisasi pada saluran

Untuk memeriksa kelayakan saluran Anda dan ikut serta dalam monetisasi:
  • Buka tab monetisasi pada setelan akun.
  • Klik Aktifkan Akun Saya. Anda hanya akan melihat opsi ini jika akun Anda memiliki reputasi yang baik dan belum pernah dinonaktifkan untuk monetisasi.
  • Ikuti langkah-langkah di layar untuk menyetujui perjanjian monetisasi YouTube.
  • Jika akun tidak memenuhi syarat untuk monetisasi, Anda akan melihat pesan yang berbeda. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang alasan monetisasi dinonaktifkan dan hal-hal yang dapat Anda lakukan.

Memonetisasi : Menghasilkan Uang dari Video

Setelah mengikutsertakan saluran untuk monetisasi, Anda dapat mengaktifkan video yang layak untuk menghasilkan uang dari iklan yang relevan.
  • Pastikan video Anda memenuhi kriteria monetisasi video.
  • Ikuti langkah-langkah ini untuk mengaktifkan iklan pada video yang ingin Anda monetisasi. Jika ada lebih dari satu video yang ingin dimonetisasi, ikuti langkah-langkah ini untuk memonetisasi beberapa video sekaligus.
  • Agar dapat mulai menerima pendapatan, ikuti langkah-langkah ini untuk menautkan akun YouTube dan AdSense.


Cara Membuat Video

Cara Membuat Video
HP atau SmartPhone terbaru sudah dilengkapi kamera video. So, secara teknis sangat mudah membuat video.

Jika mau melakukan editing video, maka gunakan fasilitas yang disediakan Youtube: Creator Studio.

Kata Googel, Creator Studio adalah tempat untuk menemukan semua fitur dan alat yang dapat Anda gunakan sebagai pembuat konten untuk mengatur saluran, mengelola video, dan berinteraksi dengan penggemar.

Anda juga dapat menggunakan Creator Studio pada perangkat seluler dengan Aplikasi Creator Studio. Tidak semua fitur tersedia di aplikasi pada saat ini, tetapi kami berupaya untuk menambah berbagai fitur lainnya bagi Anda.

Link Sumber: Monetisasi Video Youtube

Demikian Tips Menjadi Youtuber Sukses - Cara Monetisasi Hasilkan Uang dari Video, secara garis besar. Tekuni saja akun Youtube Anda, dijamin Anda akan bisa sukses menjadi seorang Youtuber!

Good Luck and Happy Vlogging! (www.contohblog.com).*

Sumber: Menghasilkan Uang dari Video di Youtube

Labels: Bisnis Online, Video
0 Komentar untuk "Tips Menjadi Youtuber Sukses - Cara Menghasilan Uang dari Video Youtube"

1. Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *