October 24, 2013

Cara Agar Blog Fast Loading alias Tidak Tampil Lelet

October 24, 2013

blog fast loading
BLOG yang tampilnya lama alias lelet (slow loading), akan ditutup oleh pengunjung. Sebaliknya, blog yang fast loading alias tampilnya kenceng (cepat), akan disukai bukan saja oleh pengunjung, tapi juga oleh mesin pencari.

"Make your blog load faster!" kata Google. Jadikan blogmu tampil lebih cepat!

Lalu, bagaimana cara agar blog "Fast Loading" alias tidak tampil lelet? Cara pertama adalah dengan memiih template blog yang fast loading dan/atau SEO Friendly.

Anda bisa menggunakan Thesis SEO Bloggertemplate yang memiliki skor kecepatan 94% atau Template Johny Wuss yang memiliki skor kecepatan 85% versi GT Metrix.
Anda juga bisa memilih salah satu dari 7 Template Blog SEO Friendly Terbaik versi Contoh Blog.
Cara kedua, ikuti tips "Make your blog load faster" dari Google berikut ini.

The speed at which your blog loads is critical to attracting more readers to your blog. If your blog takes a long time to load, many readers may leave your blog before they have the chance to read it. 

Kecepatan loading blog penting untuk menarik lebih banyak pembaca. Jika blog Anda membutuhkan waktu lama untuk loading (tampil), banyak pembaca akan meninggalkan blog Anda sebelum mereka memiliki kesempatan untuk membacanya.

Inilah beberapa tips dan trik yang membantu blog Anda tampil lebih cepat dan menarik lebih banyak pengguna.

Posts

Blog Anda tampil lambat, bisa jadi karena jumlah posting di halaman utama (main page/home). Anda bisa mengedit jumlah post yang tampil di halaman utama dari tab Layout (Tata Letak) di dashboard. Klik "Edit" di seksi "Blog post" untuk mengubah jumlah post yang akan tampil di home. Google merekomendasikan jumlah post di bawah 10 posting, antara 5-7 posting saja.

Third Party JavaScript and Links

For optimal blog load speed, we recommend using Google/Blogger widgets, JavaScript and links. However, if you need to use third party JavaScript and links, your blog will load much faster if you put all JavaScript at the bottom of your blog. If you have third party JavaScript and links in your sidebar, put them in at the bottom of the sidebar.

Images and Media

Jangan mengupload gambar yang berukuran besar. Ini memperlambat loading blog. Kurangi juga menampilkan multi-media seperti video. Pastikan ukuran gambar atau foto kurang dari 100kb, baknya di bawah 50kb, biar ringan.

Jadi, kalo upload foto ke blog, edit dulu fotonya, kecilkan ukurannya. Ukuran besar bisa Anda simpan di Picasa atau Flickr, lalu linknya aja yang disimpan di blog. Good Luck!

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

19 comments on Cara Agar Blog Fast Loading alias Tidak Tampil Lelet

  1. Emmm,,, kira-kira blog saya sudah fast load ndak kang? :/ Maaf kang saya masih newbie, saya baru bikin blog 1 bulan... :) Mohon bimbingannya ya kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ngetes kecepatan loading blog, silakan ke TKP : www.gtmetrix.com

      Delete
  2. Untuk ukuran gambar 50 kb dalam satu artikel menurut saya masih sangat besar sob, kalau saya untuk satu gambar maksimal 15 kb. Salam kenal & sukses s'lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang... 'kan di posting juga ditulis: "baiknya di bawah 50kb, biar ringan...." :) thanks for sharing... salam kenal dan sukses selalu kembali ....

      Delete
  3. Makasih ilmunya boss

    ReplyDelete
  4. sama-sama....

    ReplyDelete
  5. punya saya 90% mas,, hehehehe salam sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaaap.... good luck juga..... :)

      Delete
  6. mau dong diajarin jadi ahli seo :)

    ReplyDelete
  7. nice info bro kunjungan baliknya www.naufalthedarkness.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. wah, menambah wawasan banget :) om, check blog ane dong apa yang kurang... maklum, ane newbie merangkak :D mana tau bisa jadi anak murid om :D

    ReplyDelete
  9. adakah pengaturan bawaan template mas? karena saya mencoba ngetes dengan blog baru dengan template sembarang dan hanya menggunakan dua atau tiga posting saja. Mohon masukannya njeh.

    ReplyDelete
  10. Mas sya pernah pakai template download (free)yang fast loading dan seo katanya tapi setelah dipakai dan di cek kok sekornya kayak template default apa sebabnya ya mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
  11. bang numpang nanya soal tab halaman abang , yang perubahan warnanya agak lambat itu bagaimana bikinnya kah?

    ReplyDelete
  12. apakah template ini bisa di terapkan di blog wordpress?

    ReplyDelete
    Replies
    1. template hanya untuk blogger, untu wp biasanya theme/tema

      Delete
  13. Oke juga setelah diterapkan pada blog saya terlihat lebih cepat dari sebelumnya, Makasih mas tips nya

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *