October 13, 2013

Cara Mengubah Permalink Blog untuk Meningkatkan SEO

October 13, 2013

Mengubah permalink posting blog blogspot bagian dari trik SEO blog. Lakukan "Custom URL" tiap kali posting. Yang "termudah" dan terbaik: bikin judul pendek dan sudah memasukkan kata kunci.

Permalink Blogspot

PERMALINK adalah tautan atau link permanen, singkatan dari "Permanent Link", berupa URL ataub alamat posting di blog.

Katanya sih, permalink ini bagian dari "SEO Onpage" sebagai senjata untuk mempertajam SEO.

Permalink blogspot mencantumkan tahun dan bulan sebelum mencantumkan judul posting. Ini "default" blogger alias "harus diterima dengan ikhlas", meskipun tampaknya permalink demikian "kurang SEO", dibandingkan dengan permalink yang, misalnya, mencantumkan label/kategori.

Google, sang pemilik Blogger, juga menjelaskannya di posting mereka tentang Custom Permalinks. Intinya, kita hanya bisa mengubah judul setelah angka tahun/tanggal.

Selain itu,  kita tidak bisa mengubah Permalink posting yang sudah dipublikasikan. Kebanyakan blogger "terpaksa" copas posting, menghapusnya, lalu membuat posting yang baru dengan "paste" konten lama plus sedikit update atau modifikasi.

Cara Praktis Mengubah Permalink

Padahal, ada cara lain, tidak mesti menghapus posting lama dan membuat yang baru untuk mengubah permalink tersebut agar SEO Friendly.

Caranya:
  1. EDIT posting tersebut
  2. Klik menu "REVERT TO DRAFT" di kanan atas.
  3. Klik "Permalink" > "Custom Permalink" 
  4. Ubah judul posting di sana! Gunakan tanda strip (-) antar kata. Hilangkan kata-kata sambung seperti di, dan, yang, pada, bagi, ke, untuk, dll kelompok "Stop Words".
  5. Publish lagi!
Cara Mengubah Permalink Blogspot

Cara Mengubah Permalink Menurut Google

Ini dia Cara Mengubah Permalink Postingan di Blogspot sebagaimana dikasi tau sama Google.

When you write a post, Blogger automatically generates a permalink (a URL that links to a blog post) for your post from its title. If you prefer to use a custom permalink, you can do so via the “Permalink” option in the Post Settings box.

Although you’ll still have the option to generate the URLs for posts automatically, the customized option gives your URL greater stability. For example, because Blogger automatically creates the URL from information from your post title, your URL would change should you decide to edit the title. This would result in broken links, and fewer visitors to your blog.

Once you click Permalink, you’ll see that the option for automatic posting is selected as default. To create your own URL for this specific post, simply select Custom, and type in your new URL. If you wrote the post in March of 2012, your new URL will look like this:

www.nameofblog.blogspot.com/2012/03/customURL.html
The bolded area is the part of the URL that is customizable.

If you choose Automatic Blogger will generate the URL from the title of your post. So let’s say you created a post on March of 2012, and you titled it "Hiking in Vermont." The URL for that post would look like this:

www.nameofblog.blogspot.com/2012/03/hiking-in-vermont.html

Alternatif Mengubah Permalink

Selain memanfaatkan fasilitas "Permalink", khususnya jika judul posting terlalu pananjang sehingga terpotong, banyak blogger kemudian mengubah permalink untuk kepenyingan SEO.

Caranya, dengan membuat box khusus di akhir posting. Tapi cara ini sudah mulai "gak laku" alias mulai ditinggalkan para blogger.

Begini cara membuatnya:
1. Template --> Edit HTML
2. Cari kode ]]> dan letakkan kode berikut ini di atasnya:

.permalinkblogspot {border: 1px solid #EFF0F1; padding: 5px;background: #ffffff;-moz-border-radius:5px;}.permalinkblogspot a {background:none;}img.float-right {margin: 5px 0px 0 10px;}img.float-left {margin: 5px 10px 0 0px;}

3. Cari kode <data:post.body/> atau <p><data:post.body/></p> dan simpan kode berikut ini di bawahnya. Jika dua atau lebih kode <data:post.body/> yang mungkin timbul karena template blog menggunakan "Read More", maka pilih kode <data:post.body/> yang kedua.


<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><div class='permalinkblogspot'> <center><small>Anda sudah membaca posting  tentang <strong><u><data:blog.pageName/></u></strong> dan bisa menemukan posting <data:blog.pageName/> ini dengan url <strong><data:post.url/></strong>. Silakan share atau copy paste posting <strong><data:blog.pageName/></strong> dengan mencantumkan link Sumber: <u><a expr:href='data:post.url'><data:blog.pageName/></a></u> Terima kasih.....</small></center></div></b:if>


Anda bisa mengubah kata-kata berwarna merah dengan kalimat versi Anda sendiri.

4. SAVE Template!

Isi Search Description!

Selain permalinks, yang sering kita lupakan adalah fasilitas "Search Description" saat kita menulis posting. Isi juga tuh, biar SEO!

Search Description


Tapi sebelumnya, Anda harus isi dulu "Search Preference" di Menu Dashboard blog Anda. Isi dengan Meta Tag Description blog Anda atau variasinya.

Good luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

36 comments on Cara Mengubah Permalink Blog untuk Meningkatkan SEO

  1. ada gak gan cara yang lebih simpel lagi, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara lebih simple adalah gunakan judul pendek, 7-8 kata saja, sudah termasuk kata kunci di sana.... that's very good and simple way!

      Delete
  2. waduh.kok agak ribet ya gan,pakai edit html template blogger segala...tetapi walaupun begitu,saya tetep mengucapkan trim pada agan,karena artikelnya sudah menambah wawasan saya tentang trik blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Edit HTML itu ALTERNATIF saja... CB juga nggak pake yang itu... biasakan saja menyusun judul pendek, 7-8 kata, dan sudah memasukkan kata kunci di judul. Good luck...!

      Delete
    2. Usahakan untuk membuat judul dengan huruf yang berjumlah total 60 karakter (termasuk spasi). 60 karakter adalah batas yang tersedia ketika hasil pencarian. Lebih dari itu akan ada titik-titik pada halaman hasil pencarian google. Begitu kan CB? Kalo salah mohon diperbaiki.

      Delete
  3. Cara terbaik: ubah permalink sebelum klik PUBLISH..... Copas judul posting, lalu ganti SPASI antarkata dengan strip (-), mislanya: Blog-Itu-Asyik-Sekali

    ReplyDelete
  4. mksh ..sangat membantu infonya,,,

    ReplyDelete
  5. ok broo... terimakasih tips nya

    ReplyDelete
  6. thanks gan. berhasil pake cara pertma 'revert to draft'

    ReplyDelete
  7. ane udah ikutin gan saran ente, tapi ko masih ada angka di url judul postingan ?
    mohon pencerahannya gan
    thanks

    ReplyDelete
  8. Akhirnya bisa juga merubah permalink, awalnya sempet panik hahaha

    ReplyDelete
  9. wah makasih nih... linknya jdi lebih SEO ....

    ReplyDelete
  10. Cara agar pesan formulir komentar rata kanan kiri kaya yang di bawah ini gimana caranya gan?

    ReplyDelete
  11. terimakasih banyak infonya, sangat membantu, tadi saya posting dan ternyata saya salah ngasih judul yang berimbas pada permalink yang salah pula. Bingung mau ngedit tidak bisa. akhirnya nemu artikel ini. :) untung belum ada satu hari dan belum terindex.

    ReplyDelete
  12. gan kalo misalkan udah terlanjur di post apakah masih bisa di custom url nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa, klik "Revert to draft" dulu, nanti Publish kalo sudah dicustom...

      Delete
    2. oke, ane test dulu ya gan mudah mudahan sih bisa

      Delete
  13. Makasih yaa,, jadi ngerti yang dimaksud permalink hihi

    ReplyDelete
  14. Makasih Bos, Sangat membantu

    ReplyDelete
  15. wah mantap mas, sekarang tiap posting, saya ubah dulu permalinknya.
    mas kalo permalinknya panjang, apakah bagus (karena komplit beserta tag-tagnya), atau malah jelek?

    ReplyDelete
  16. Terima kasih sekali gan.. Bisa juga gantinya.. hhe..

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. kalo kita udah memposting artikel kita, trus kita gak perlu posting ulang apa cara alternative bisa gan??

    ReplyDelete
  19. Bantuanya min.
    kan ane posting artikel nih, trus udah ane daftarin ke Google Index, ane ketik di pencarian juga udah muncul min. Nah terus ane kn otak atik rubah meta description di postingan ntu, tapi pas ane ketik di pencarian kan masih ada tuh, tapi tampilan deskripsinya masih tetep kaya pertama publish min. reepot dah akhirnya,ane kaya yang ente bilang min tuh, ane Copy artikelnye, hapus postingan ane, dan hapaus Linknye ya walau udah terindex, pas ane ketik di pencarian juga udah nggak muncul lagi min, trus ane Paste lagi di entri baru dan ane publis, ane daftarin di google index dan ane ketik di pencarian malah yg muncul postingan pertama ntu min. tapi kalo di klik page not fount alias "Sorry, the page you were looking for in this blog does not exist". ane arus gimana nih min? mohon yang udah pengalamann.. :-)

    ReplyDelete
  20. makasih banget gan.... masalah ane jadi kelar

    ReplyDelete
  21. Ini baru the best.

    Seberapa besar si mas mengubah link untuk pengaruh SEO?

    ReplyDelete
  22. Makasih banyak gan infonya.. Hehe

    ReplyDelete
  23. siip infonya, tinggal ubah permalink kalau judul sampai salah, penting buat SEO soalnya

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *