July 10, 2014

5 Tips Agar Blog Cepat Diindeks Google

July 10, 2014

5 Tips Agar Blog Cepat Diindeks Google
BLOG baru butuh waktu --kadang lama banget-- untuk terindeks Google. Nah, bagi Anda yang "tidak sabaran", berikut ini tips agar blog cepat diindeks mesin pencari, khususnya Google.

Cepat terindeks Google artinya cepat pula mendatangkan pengunjung atau pembaca. Pasalnya, mayoritas user 'kan menggunakan mesin pencari Google untuk mencari informasi atau tulisan yang mereka butuhkan atau inginkan.

Ke-5 tips ini adalah ikhtiar, usaha. Yang namanya usaha, bisa sukses, bisa tidak. 

Tapi, berdasarkan pengalaman CB, ini berhasil. Untuk menjadi blogger yang sukses, memang butuh perjuangan dan kesabaran. 'Tul tidak? Tuuuulllll...........!!!

Ini dia 5 Tips Agar Blog Cepat Diindeks Google:

1. Siapkan 10 Posting Berkualitas!

Sebelum membuat blog baru, siapkan dulu minumal 10 posting berkualitas. Anda bisa membuatnya di MS Word, lalu Copas, dan klik menu "Remove Formatting", tata kembali naskahnya sebelum di-publish.

Bisa juga dicopas dulu ke Notepad, lalu Copas lagi ke kolom posting. Siapkan pula foto/gambar yang sudah dikasih nama (file name) sesuai dengan isi posting, lengkapi dengan "alt text" dan "title text" saat upload ke posting.

Posting pertama yang Anda publish sebaiknya berisi tentang "informasi dasar" (basic information) tentang blog Anda, yaitu menguraikan Deskripsi atau Niche Blog yang Anda pilih. Posting pertama ini sangat penting bagi SEO dan user, disebut dengan Basic Article.

2. Buatlah struktur link internal di blog Anda!

Link internal yaitu tautan dalam blog Anda sebagai navigasi ke posting lainnya, seperti Related Posts (Posting Terkait), Recent Posts (Posting Terbaru), Popular Posts (Posting Terpopuler), juga halaman statis (Static Page) seperti "About" (Tentang), "Sitemap" (Daftar Isi), dan "Contact" (Kontak).

3. Cantumkan di Sosial Media!

Buatlah akun personal Facebook, Fans Page, Twitter, Pinterest, LinkedIn, Google Plus, Page Google Plus, dan masukkan link blog Anda ke semua media sosial tersebut. 

Disarankan, "username" dan "display name"-nya sama atau mirip dengan nama blog Anda.

"Having a consistent keyword-username on all major social media sites will help get your blog indexed faster, and at a later stage it will also help build a “brand” for your blog." (Wikihow)

4. Daftarkan blog Anda ke mesin pencari!

Daftarkan URL blog yang baru dibuat itu ke tiga mesin pencari terpopuler: Google, Yahoo, dan Bing. Caranya? Buka ini: How to Submit Your Site to Search Engines

5. Manfaatkan Google Webmaster Tools

Buka Google Webmaster Tools dan daftarkan blog Anda, "Submit Sitemap", lalu teruskan dengan Google Analytic, Google Authorship, juga Google Richsnippets.

Demikian 5 Tips Agar Blog Cepat Diindeks Google. Akan lebih OK lagi jika blog Anda menggunakan Template Blog SEO Friendly dan User Friendly.

Sebagai tambahan, lakukan "promosi blog" via email dan media sosial! Jika perlu, bikin spanduk dan stiker sebagai bentuk promosi offline (Offline SEO). 

Good Luck and Happy Blogging!

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

4 comments on 5 Tips Agar Blog Cepat Diindeks Google

  1. bisa di coba ketika nanti mau bikin blog baru, thanks tipsnya

    ReplyDelete
  2. Dijajal dulu, mungkin bermanfaat....

    ReplyDelete
  3. mantap tipsnya, boleh dicoba nih. mudah-mudahan saja bisa meningkatkan omset penjualan

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *