February 11, 2015

Menghilangkan Link di Judul Posting (Tips SEO)

February 11, 2015

Menghilangkan Hyperlink di Judul Posting (Tips SEO)
Cara Menghilangkan Link di Judul Posting Halaman Dalam. Judul tulisan berupa hyperlink sulit terindeks Google.

PADA umumnya judul posting (tulisan) di blog menggunakan hyperlink di halaman dalam, yakni saat posting itu dibuka (single post title). Saat diklik, tautan judul posting itu tidak mengarah ke mana-mana, melainkan ke halaman posting yang sama.

Kasus ini mirip link yang banyak dibuat blogger, yaitu membuat link dalam posting yang mengarah pada posting itu sendiri.

Padahal, menurut pakar desain web: Jangan bikin link yang mengarah pada halaman yang sedang dibaca pengunjung! (Baca deh: Kesalahan dalam Membuat Link Internal).

Judul posting berupa link di halaman dalam (single post) yang masih mengarah ke halaman yang sama, kasusnya sama saja dengan internal link yang mengarah pada "current page" tadi. 

Maka, sebaiknya kita menghapus atau menghilangkan hyperlink itu di judul posting blog. Artinya, judul tulisan hendaknya hanya berupa teks biasa, anchor text, tanpa link!

CB sudah "survey" soal link di judul posting di single page/post ini ke beberapa situs "blogger senior" di luar sana. Kesimpulannya, seperti judul ini, kita harus Menghilangkan Link di Judul Posting untuk meningkatkan SEO --mudah diindeks Google.

Alasan utamanya, karena ternyata Google mengalami kesulitan mengindeks judul posting blog yang di halaman dalamnya masih berupa link juga seperti di halaman depan (home). 

Artinya, kalau judul-judul di halaman memang seharusnya berupa link atau hyperlink. Tapi begitu sudah diklik atau dibuka, maka di halaman dalam (single page/single post), link itu harusnya sudah tidak ada lagi.

Ini penjelasan Google: "In order for Google News to include articles, each article must hyperlink to a page dedicated solely to that article, as your site does. Yet, when the headline on this page is an active link, we often have difficulty crawling it correctly." (Selengkapnya: Blogging Tips: How To Use Permalinks The Right Way For SEO).

Selain itu, link dalam judul tulisan yang sudah dibuka itu, tidak diperlukan sama sekali. Lha... wong sudah dibuka kok!  "This link is absolutely unessential because the link is pointing to the same page we are reading". Link ini sama sekali tidak penting karena tautannya mengarah pada halaman yang sama yang sedang dibuka/dibaca!

Sempat terjadi "perdebatan" di kalangan blogger di luar sana soal ini. Ada juga yang "keukeuh" ingin membiarkan link itu ada di single post, dengan alasan agar hyperlink post mudah di-copy. (Remove the hyperlink from single post titles).

CB sendiri sudah mengilangkan link itu di judul tulisan halaman dalam (yang sudah dibuka). Anda bisa cek judul posting ini yang berupa anchor text biasa. Bandingkan deh dengan judul posting blog Anda sekaran!

Sempat juga mengintip situs BBC Indonesia dan situsnya pakar desain web NN Group. Ternyata judul single post mereka juga tanpa hyperlink! Ya sudah, mantaplah CB untuk menghapusnya!

Cara Menghilangkan Hyperlink di Judul Posting Halaman Dalam

1. Template > Edit HTML
2. Cari (Ctrl+F) kode 

<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>

Jika menemukan kode tersebut lebih dari satu, maka pilih yang ada kode H1-nya (lihat contoh di bawah)

3. HAPUS kode tersebut!
4. GANTI dengan kode berikut ini:

<b:if cond='data:blog.url != data:post.url'> 
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a> 
<b:else/> 
<data:post.title/> 
</b:if>

Contoh:


<h1 class='post-title entry-title'>
     <b:if cond='data:post.link'>
       <a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
     <b:else/>
        <b:if cond='data:post.url'>
<b:if cond='data:blog.url != data:post.url'> 
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a> 
<b:else/> 
<data:post.title/> 
</b:if>
        <b:else/>
          <data:post.title/>
        </b:if>
     </b:if>

      </h1>



Menghilangkan Hyperlink di Judul Posting


CARA LAIN

Ganti kode berikut ini:

<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>

Dengan Kode:

<b:if cond='data:post.link'> 
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<data:post.title/>
</b:if>

Save your Template!

Demikian cara Menghilangkan Hyperlink di Judul Posting (Tips SEO) agar lebih memudahkan Google mengindeks dan meng-crawl posting blog kita. (http://contohblognih.blogspot.com).*

Referensi:
http://www.dailyblogtips.com/remove-the-hyperlink-from-single-post-titles/
http://www.connectedinternet.co.uk/2007/02/07/blogging-tips-how-to-use-permalinks-the-right-way-for-seo/https://bloggerhow.com/blogger/remove-links-from-individual-blogger-posts-or-page-titles/

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

6 comments on Menghilangkan Link di Judul Posting (Tips SEO)

  1. Mas CB,maaf saya mau tanya.kan blog saya sudah berganti ke domain .com ,namun kenapa setiap saya membuka google webmaster,pada bagian blog saya terdapat tulisan Improve the search presence of "Alamat blog saya yang sudah berganti domain",itu maksudnya apa?Saya mohon bantuannya.

    NB :Tulisan Alamat Blog saya itu adalah alamat blog saya yang saya samarkan,karena saya tidak boleh berkomentar disini menggunakan link.

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  2. Dulu kirain saya kalo mengandung link, malah lebih SEO ternyata nggak :D

    ReplyDelete
  3. Udah di coba cara ke 1 tapi tetep ga bisa. nyoba cara ke 2 ga nemu kodenya. ada cara lain ga?

    ReplyDelete
  4. Trim's tips2nya, sangat membantu

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *