May 27, 2016

Mengintip Sumber Penghasilan Bukalapak, Tokopedia, OLX

May 27, 2016

Situs-situs toko online marketplace seperti Bukalapak, Tokpedia, dan OLX Mendapatkan Penghasilan dari Fitur Premium dan AdSense.

Sumber Penghasilan Bukalapak, Tokopedia, OLX
BUKALAPAK, Tokopedia, OLX (d/h Toko Bagus. OLX singkatan dari OnLine eXchange) adalah situs-situs "pasar online" (marketplace) yang menjual barang orang lain, tidak jual produk sendiri.

Semua pedagang bisa berjualan di sana secara gratis. Berbeda dengan Lazada, Mataharimall, Zalora, atau Elevenia yang merupakan toko online, jualan sendiri, menjual produk sendiri, atau menjual produk orang lain dengan transaksi lewat mereka.

Dari mana Bukalapak, Tokopedia, OLX, dan toko online sejenis mendapatkan penghasilan? Secara, mereka kan tidak menjual produk sendiri?

Penjelasannya bisa disimak dari keterangan pendiri Bukalapak, Achmad Zaky, seperti dikutip techno.id. Disebutkab, bukaLapak memberikan 100 persen uang hasil transaksi pada seller dan tidak memungut biaya lain.

Lalu, dari mana BukaLapak.com menuai penghasilan?

"Kurang lebih, pendapatan BukaLapak didapatkan dari seller-seller yang sudah sukses," terang Zaky. Mereka inilah yang rela merogoh koceknya lebih dalam demi mendapatkan fitur-fitur premium di BukaLapak.com, misalnya promote to top atau menyediakan slot iklan khusus sehingga lebih mudah dilihat pengunjung.

Fitur premium Push bukalapal memungkinkan para penjual mempromosikan barang sehingga berada di posisi pertama di halaman daftar barang. Untuk menggunakan fitur ini, penjual dapat membayar dengan saldo BukaDompet.

Jelas 'kan, fitur premium! Itulah sumber penghasilan Bukalapak, juga juga sumber pendapatan situs-situs marketplace lainnya --OLX, Tokopedia, dll.

Khusus, OLX ada lagi sumber penghasilan lainnya, yaitu Google Adsense. Di bukalapak kita tidak menemukan iklan Google. Namun, di OLX ada.

Penghasilan Tokopedia bisa dilihat di salah satu postingan blog tokopedia. Di sana ada penjelasan mengenai pendapatan situs yang satu ini yaitu dari sumber dana yang berasal dari softbank dan goldmercant (iklan khusus), serta  memperkenalkan fitur TopAds untuk merchant-merchant yang ingin mendapatkan exposure tambahan..

Kesimpulannya, ketiga toko online yang menyediakan tempat promosi "gratis" bagi para pebisnis online ini --Bukalapak, Tokopedia, OLX-- mendapatkan penghasilan (return) sebagai "berkah" memberi (give).

Mereka membantu orang lain berjualan online dan degan memberi itulah mereka mendapatkan penghasilan. Persis dikatakan Dave Thomas, pendiri Wendy's: The More You Give The More You Get In Return!

Dave Thomas

Model bisnis online Bukalapak, Tokopedia, OLX, dan lainnya, sebenarnya pada intinya sama dengan Wodpress, Google, Blogger, dan lainnya. Mereka banyak memberi gratis, namun juga menyediakan fitur premium. Di situlah berlaku The More You Give The More You Get In Return!

CB sendiri secara kecil-kecilan mencoba melakukan model bisnis online seperti itu. Berbagi tips blogging, seo, desain, dan template gratis, namun juga menyediakan Layanan Premium dan Template Premium. Semoga lancar dan sukses. Amin...! 

Good Luck & Happy Blogging! (http://www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

4 comments on Mengintip Sumber Penghasilan Bukalapak, Tokopedia, OLX

  1. Sekarang saya sudah mengerti, padahal sempat bertanya-tanya dulu.

    Terima kasih gan infonya.

    ReplyDelete
  2. apakah hanya dari iklan cukup untuk bayar karyawan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. AdSense situs-situs besar bisa hasilkan ratusan juta hingga miliaran rupiah per bulan

      Delete
  3. Agan jago banget Yah Desain Templatenya... Super Keren...

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *