January 16, 2017

Blogger Berita Raih Penghasilan AdSense Hingga Rp 25–30 Juta per Bulan

January 16, 2017

Blogger Berita Raih Penghasilan AdSense Hingga Rp 25–30 Juta per Bulan
INFORMASI berikut ini bisa menjadi inspirasi bagi para blogger dengan niche blog berita --ngeblog dengan konten berita, baik buatan sendiri maupun repos dari media-media mainstream (arus utama).

Dalam wawancara blak-blakan dengan Jawa Pos, admin blogger berita yang nama blog atau situsnya "mudah ditebak" tersebut menyebutkan, ia mendapatkan penghasilan dari Google AdSense hingga Rp30 juta per bulan dengan jumlah pengunjung 800 ribu visitor per hari. 

Hampir semua berita yang dimuat bukan tulisan sendiri, melainkan rewrite atau repos, minimal dengan mengubah judul menjadi lebih sensasional dan provokatif, dan tetap menyebutkan sumbernya di bagian akhir. Biasanya berita diambil dari media-media online mainstream, seperti Republika, Tempo, Kompas, Detik, Okezone, dll.

Pantauan CB, saat ini blog berita yang sering disebut Media Abal-Abal oleh Dewan Pers ini menggunakan platform blogger dengan Template Blogger MagOne dan di-custom domain.
Menurut admin blog berita yang beberapa kali ganti domain katena diblokir tersebut, awalnya ia menggagas situs berita sejak Juli 2015. Saat itu, berita yang dimuat lebih bersifat mengkritisi Pilkada di daerahnya. Setelah itu ia mulai melebarkan sayap ke pemberitaan skala nasional yang memang terlihat lebih ”menjanjikan”.

Awalnya, situs dikelola lima orang, tiga orang menjadi penulis dan dua menjadi admin medsos. Tapi, ada satu anggota yang keluar, akhirnya sekarang tinggal berempat.

Cara Membuat Berita 

Disebutkan, ia tidak membuat berita baru, melainkan hanya me-repost dari media-media mainstream seperti Jawa Pos, Kompas, Tempo, dan sebagainya. Sumbernya juga disertakan berupa link aktif. 

"Bedanya, kami berani mengganti judulnya menjadi lebih frontal. Kalau media mainstream kan terikat kode etik, nah kami bebas. Dengan judul yang frontal itu, berita jadi lebih viral dan dikritisi banyak orang," katanya.

Konten berita selalu ambil dari berita mainstream, juga memuat beberapa berita opini dari tokoh-tokoh yang punya satu pandangan.

Misi idealnya membuat blog berita adalah mengimbangi media-media online yang sebagian besar pro-pemerintah. 

"Nah, kami hadir untuk mengimbangi buzzer pemerintah tersebut. Tapi, pemerintah nggak pernah mempermasalahkan media yang pro sama mereka tuh. Cuma media kontra seperti kami yang dipermasalahkan," katanya. 

"Waktu situs kami diblokir, kami sempat kirim e-mail keberatan ke Kominfo. Kominfo ingin kami mengurangi berita provokatif. Kami setuju, tapi belum direspons lagi sama mereka. Akhirnya, kami buat domain baru saja."

Penghasilan AdSense Hingga 30 Juta! 

Ia mengatakan, situs yang diblokir itu mencapai 800 ribu visitor per hari. Dengan visitor segitu, pihaknya mendapat Rp 25–30 juta per bulan dari Google Ads. Pendapatan itu dibagi rata kepada semua anggota tim. Satu orang kira-kira mendapat Rp 5 juta. 

"Tapi, karena situs kami sekarang baru, visitor-nya pun menurun. Hanya 100–120 ribu orang per hari," jelasnya.

"Akibatnya penghasilan dari iklan menurun. Di situs yang baru ini, kami sedikit mengurangi berita kritik terhadap pemerintah. Ya, kalau dihitung, 70 persen berita kritik, 30 persen berita netral. Meski berita netral, pembaca situs ini biasanya tetap berkomentar negatif."

Demikian sekadar berbagi catatan tentang blog berita yang mendapatkan penghasilan dari AdSense hingga 30 juta per bulan! Wow! Jika Anda tertarik bikin situs berita dengan platform blogger, silakan gunakan Template Blog Berita Koleksi CB yang sudah pasti SEO Friendly, Fast Loading, dan Responsive!

Awas, jangan menjadi penyebar berita palsu alias Hoax ya, nanti diblokir lho. Dosa juga nyebarin berita bohong! Repos aja dengan menyebutkan sumber, edit, tambah info sehingga jadi kian lengkap, dan itu sah. 

Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

4 comments on Blogger Berita Raih Penghasilan AdSense Hingga Rp 25–30 Juta per Bulan

  1. Wow banget ya. Ngiler klo kek gitu banyak pengunjung ny

    ReplyDelete
  2. Mas Admin, Saya mau tanya. Bagaimana cara melepaskan sebuah artikel blog saya terkena banned dengan peringatan "laporkan laman perangkat lunak berbahaya". Saya sudah mengecak semua link yang ada di artikel tersebut, dan semua link yang berasal dari situs lain sudah saya hapus. Namun, masalah tersebut belum dalam teratasi. Apa yang dapat saya lakukan?

    ReplyDelete
  3. Weleh visitornya ngeri Gan, dapet segitu pantes lah.

    ReplyDelete
  4. Lumayan juga ya pendapatannya? Bisa di ikuti jejaknya..

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *