February 4, 2017

Pengertian Template Blog Responsive - Mobile Friendly

February 4, 2017

Pengertian Template Blog Responsive - Mobile Friendly
Pengertian Template Blog Responsive - Mobile Friendly - Ramah Perangkat Mobil alias HP/Smartphone.

Template blog saya sudah responsive belum? Blog saya sudah responsive?

Demikian pertanyaan yang muncul dari blogger "newbie", setidaknya blogger yang belum paham atau belum tahu apa arti sebenarnya template responsif.

Template blog responsive adalah desain tampilan blog yang ukurannya mengikuti lebar dan tinggi perangkat (device) yang digunakan untuk membukanya, dalam hal ini perangkat mobile (mobile devices) alias SmartPhone aka HandPhone (HP).

Template, blog, atau website responsive disebut juga situs yang ramah mobil (mobile-friendly). Responsive menjadi salah satu faktor SEO penting sehingga blog disukai mesin pencari (seo friendly) dan disukai pengguna (user friendly).

Cara Mengetahui Template Blog Responsive

Google sudah menyediakan halaman khusus untuk mengecek apakah blog atau website kita responsive apa belum, yaitu Mobile-friendly test.

Mobile-friendly test.


Buka link tersebut, masukkan alamat blog Anda, dan klik RUN TEST. Hasilnya, jika blog Anda sudah responsive, akan seperti seperti ini. Di samping kanan juga muncul penampakan blog kita jika dibuka di HP.

Mobile-friendly test.

Selain di Mobile Friendly Test milik Google itu, kita juga bisa cek ke-resposive-an blog kita di link berikut ini:

  1. Am I Responsive
  2. Troy Labs Daum

Di Troy Lab lebih lengkap ukuran HP-nya, mulai dari 320 Pixel hingga Tab 800 Pixel. Silakan cek blog Anda di sana, namun cek yang lebih akurat tentu saja langsung buka di HP Smartphone atau Android Anda.

Template  blog yang CB bagikan di sini, terutama setelah trend responsive design, semuanya responsive, termasuk Template Simple White yang gatis dan koleksi template seo friendly di koleksi template blogger di Galeri Template CB.

Cara Setting Template Blog Responsive

Sebenarnya blogger sudah menyediakan versi HP-nya jika template blog kita belum responsive, yakni template reponsif bawaan blogger (mobile template), dengan settingan seperti ini --klik "Yes. Show mobile template on mobile devices".

aktifkan template responsive blogger

Namun, jangan lupa, jika Anda sudah mendownload template responsive gratis atau premium, setting templatenya bukan seperti di atas, tapi umumnya seperti ini --klik "Yes. Show desktop template on mobile devices".


aktifkan template responsive blogger

Jika Anda menggunakan template responsive, namun tampilan di HP masih template bawaan blogger, itu karena settingan templatenya tidak mencentang "Yes. Show desktop template on mobile devices".

Tempate blog responsive menjadi WAJIB di era kebanyakan pengguna internet membuka web lewat HP seperti sekarang. Google bahkan sudah meluncurkan algoritma MobileGeddon pada 21 April 2015 yang mengutamakan blog atau website yang mobie-friendly.

Apakah blog Anda sudah responsve? Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

6 comments on Pengertian Template Blog Responsive - Mobile Friendly

  1. Responsive emang user friendly, dan sekarang lagi trend juga itu template AMP. Ngomong-ngomong kapan nih CB mau bagikan template AMP mas hehe. Apakah udah ada rencana mau bagi-bagikan template AMP mas :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blom tertarik utak-atik AMP, masih setia ke blogger, soalnya blogger juga belum instal AMP di koleksi templata bawaannya :)

      Delete
  2. Makasih gan msih newbie nih

    ReplyDelete
  3. makasih gan..infonya bermanfaat

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *