November 13, 2018

Cara Kerja Mesin Pencari & Faktor Penentu Peringkat (Tips SEO)

November 13, 2018

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari & Faktor Penentu Peringkat
Bagaimana cara kerja mesin pencari, mesin penelusuran, atau search engine?

Bagaimana mesin pencari Google dan Bing mengindeks dan memeringkat halaman blog atau postingan dan menampilkannya di halaman hasil pencarian (SERP)?

Ulasan berikut ini menjelaskan tentang cara kerja mesin penelusuran (search engine) pada umumnya. CB sadur dari Rumahweb.

Dengan mengetahui Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari & Faktor Penentu Peringkat, kita bisa melakukan pengoptimalan mesin pencari (SEO) agar mudah diindeks Google/Bing, tampil di halaman dan peringkat pertama, dan mendatangkan banyak pengunjung.

Mesin pencari bekerja secara otomatis melalui sistem tertentu untuk melakukan penelusuran dan memberikan hasil terbaik yang relevan dengan informasi atau artikel yang dicari oleh penggguna (user) atau penelusur.

Dengan memberikan informasi yang dibutuhkan, mesin penelusuran memastikan pengunjung akan mendapatkan informasi seperti yang mereka cari.

Indeks Mesin Pencari

Agar mesin penelusuran dapat mengidentifikasi halaman web yang tepat, ia harus memiliki catatan semua halaman web yang masih online.

Mesin pencari membuat indeks-indeks halaman web/blog. Indeks ini mengidentifikasi dan mengatur setiap website dan halaman web dengan cara menarik korelasi antara kata kunci yang dicari orang dan konten yang disertakan di setiap halaman.

Website Crawler

Mesin pencari tiap saat mengidentifikasi semua halaman web/blog yang ada. Bagian ini dikerjakan oleh website crawler.

Setiap kali website crawler menemukan halaman baru, ia terlebih dahulu menelusuri halaman tersebut. Gambaran cara kerja mesin pencari dan website crawl sebagai berikut:

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari & Faktor Penentu Peringkat

Agar mudah dirambah dan diideks, pemilik website/blog dapat mempercepat proses crawling dengan mengirimkan peta situs (sitemaps) dan menggunakan tautan internal (intenal link).

Untuk mengirimkan peta situs ke mesin pencari, silakan buka laman Webmaster Tools dan Bing. Daftarkan  blog Anda di sana sekaligus daftarkan sitemapnya.

meningkatkan penampilan pencarian google


Di Google, kita bisa sekaligus "mengambil sebagai Google" (Fetch as Google) untuk mempercepat proses crawling dan indexing.

Faktor Penentu Peringkat

Banyak faktor untuk menentukan peringkat website atau halaman mana yang layak mendapat peringkat atas hasil mesin pencarian.  Faktor SEO bahkan mencapai 200. Silakan baca Google Ranking Factors.

Berikut ini beberapa penentu peringkat blog atau website di halaman hasil pencarian.

1. Tautan (links)

Tautan adalah faktor yang paling penting dalam SEO blog, terutama tautan eksternal yang berasal dari satu website ke website lain. Kita mengenalnya dengan nama backlink atau outbound link. (Baca: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas)

Backlink atau tautan website lain ke website Anda akan memberi sinyal kepada Google bahwa ada sesuatu yang otoritatif atau berharga pada laman yang ditautkan.

Jika ada sebuah halaman web yang banyak terhubung dengan website lain, tautan itu akan meningkatkan otoritas halaman tersebut.

Selain backlink, pastikan juga blog Anda memiliki internal link (tautan ke posting lain dalam blog Anda), baik di menu navigasi, sidebar, footer, dan terutama di dalam postingan. Pastikan tulisan Anda berisi minimal satu tautan internal dan satu tautan eksternal.

2. Usia Website

Website yang telah dibuat lama umumnya dianggap lebih terpercaya dan otoritatif daripada website baru. Blog baru jangan terlalu berharap cepat terindeks dan banyak pengunjung, kecuali konten atau postingan Anda benar-benar unik dan langka, belum ditulis blogger lain.

3. Kata kunci

Cara kerja mesin penelusuran adalah dengan mencari istilah di laman yang terkait dengan kueri penelusur. Semakin banyak Anda menggunakan kata kunci yang terkait, semakin banyak memberi sinyal ke mesin penelusuran bahwa konten Anda relevan.

Pastikan kata kunci yang Anda bidik dicantumkan di judul, alinea pertama, di bagian tengah, dan di bagian akhir tulisan. Ini dikenal dengan keywords density (kepadatan kata kunci), maksimal 3% dari jumlah kata dalam tulisan. Jangan berlebihan.

4. Ramah Seluler (Mobile-Friendly, Responsive)

Google menggunakan fitur konten yang ramah seluler sebagai faktor peringkat. Jika website Anda terlihat keren di desktop, tetapi tidak optimal di seluler, maka peringkat Anda bisa menurun karena hal ini.

Pastikan blog Anda ramah seluler dengan menggunakan template blog responsive. Mayoritas pengguna kini mengakses internet atau membuka halaman web/blog melalui perangkat seluler (HP). Google pernah mengingatkan dalam isu Mobile-Geddon.

5. Kecepatan Halaman (Fast Loading)

Laman yang dimuat lambat akan diberi peringkat lebih rendah oleh Google. Pastikan website Anda tampil cepat. Gunakan template ringan atau fast loading.

Jangan terlalu banyak memasan widget di sidebar atau footer. Perhatikan ukuran file foto. Penentu utama kecepatan halaman blog adalah script dan foto. Gak usah pasang macam-macam widget yang tidak perlu --hanya memberatkan loading.

6. Behavior Data

Google melacak apa yang dilakukan orang setelah mereka masuk ke halaman hasil mesin penelusuran. Jika seseorang mengklik sebuah halaman dan segera backtracks, artinya halaman tersebut tidak menyediakan apa yang mereka cari.

Namun, jika pengunjung menghabiskan waktu di laman atau bahkan mengklik ke halaman yang berbeda di situs yang sama, maka Google akan menambah peringkat di situs tersebut.

Google dan mesin pencari lainnya telah memberikan beberapa informasi tentang faktor peringkat yang mereka gunakan, tetapi mereka umumnya tetap merahasiakan cara algoritma mesin pencari mereka bekerja, dengan alasan keamanan dan menghindari peretas yang bisa memanipulasi hasil.

Konten Berkualitas

Selain keenam faktor di atas, konten tetap menjadi faktor SEO utama, sebagaimana dalam panduan Google.

Baca: Tips Membuat Konten Berkualitas dan Disukai Google

Konten atau tulisan Anda harus bermanfaat, unik, asli (bukan hasil copas), lengkap, dan dicari banyak pengguna internet.

Demikian ulasan tentang Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari & Faktor Penentu Peringkat Blog di halaman hasil pencarian. Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Cara Kerja Mesin Pencari & Faktor Penentu Peringkat (Tips SEO)

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *