Cara Membuat Konten Berkualitas dan Disukai Pembaca & Google

Cara Membuat Konten Berkualitas dan Disukai Pembaca & Google

Cara Membuat Konten Berkualitas dan Disukai Pembaca & Google
KONTEN adalah raja (Content is King) adalah ungkapan populer di kalangan blogger dan penulis konten situs web di seluruh dunia.

Kontenlah yang menjadi pembeda satu blog dengan blog lainnya sekaligus penentu peringkat di halaman hasil pencarian (SERP).

Konten berkualitas akan disukai pengguna dan mesin pencari (Google). Reputasi blog pun akan meningkat. Peringkat blog akan naik dan bertahan di halaman satu hasil pencarian.

Pengertian Konten Berkualitas

Konten berkualitas adalah postingan, artikel, gambar, video, atau isi blog lainnya yang unik, asli, dan bermanfaat bagi pembaca. Ulasannya lengkap, mendalam, dan mudah dipahami.

Yang dimaksud konten blog bukan hanya tulisan (teks), tapi juga foto, gambar, atau image dan video- audio.

Konten blog, sebagaimana konten media online pada umumnya, merupakan multimedia --teks, video, audio, grafis, dan link.

Maka, yang dimaksud konten berkualitas (quality content) adalah tulisan yang baik, foto yang baik, video yang bagus, grafis yang menarik, audio yang pas di telinga, dan link yang berguna dan tidak rusak (broken).

Google sangat baik bagi kita, para blogger. Selain menyediakan domain dan hosting gratis dan aman, juga memberikan banyak panduan dalam soal desain dan konten blog, termasuk panduan membuat konten berkualitas (quality content).

Karakteristik & Cara Membuat Konten Berkualitas

Berikut ini ringkasan panduan membuat isi blog yang berkualitas sehingga disukai mesin pencari dan pembaca, sebagaimana dikemukakan Google dalam Cara Membuat Konten Berharga.

1. ASLI

Kata kunci untuk konten berkualitas asalah asli. Kata Google, tulisan atau konten asli (original), bukan copy paste apalagi plagiat, adalah kunci sukses dalam membuat situs web yang hebat. 

"Jika orang merasa situs Anda berguna dan unik, mereka mungkin akan kembali lagi atau menautkan konten Anda di situs web mereka. Hal ini dapat membantu menarik lebih banyak orang ke situs Anda seiring waktu," jelas Google.

2. BERGUNA & INFORMATIF

Berguna dan informatif. Contohnya, jika membuat blog tentang restoran, Google menyarankan blog kita menyertakan lokasi, jam buka, informasi kontak, menu, dan berbagi acara (jadwal event).

3. LEBIH BERNILAI

Blog Anda harus lebih bernilai dan berguna daripada blog atau situs lain. "Jika Anda menulis cara melatih anjing, pastikan artikel Anda memberikan nilai lebih atau perspektif yang berbeda dibanding sejumlah artikel di web terkait pelatihan anjing," jelas Google, memberi contoh.

4. KREDIBEL

Dapat dipercaya. Tampilkan kredibilitas situs Anda dengan menggunakan sumber daya, kutipan, tautan, ulasan, dan testimoni asli.

Biografi penulis atau testimoni dari pelanggan dapat membantu meningkatkan reputasi dan kepercayaan situs Anda. (Lihat juga: daftar menu untuk kredibilita blog).

5. HIGH QUALITY

Kualitas tinggi. Sebaiknya situs Anda memiliki konten yang unik, spesifik, dan berkualitas tinggi. Konten sebaiknya tidak diproduksi secara massal atau dialihdayakan ke sejumlah besar situs lain alias diposting di banyak blog. 

6. FOKUS KE PEMBACA!

Perlu diingat, konten blog Anda sebaiknya dibuat dengan tujuan utama memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna, bukan untuk memiliki peringkat tinggi di mesin telusur.

Itu peringatan Google: buatlah tulisan untuk pembaca, bukan untuk mesin pencari! Kayanya banyak nih blogger yang orientasi postingnya ke mesin pencari, sehingga tulisannya tampak tidak alami alias dibuat-buat atau dipaksakan, misalnya kata kunci ditulis berulang-ulang. CB termasuk juga kayaknya nih, hi hih!

7. MENARIK

Buat situs / blog Anda berwarna dan terasa hidup dengan menambahkan gambar produk, tim, atau diri Anda sendiri. Jangan cuma tulisan, lengkapi dengan grafis, dan jika perlu video dan audio.

Pantangan: Hal-Hal yang Harus Dihindari

Selain ke-7 hal di atas, ada juga pantangan yang harus dihindari agar blog kita memiliki konten berkualitas dan terpercaya.

"Berhati-hatilah dengan hal-hal yang dapat membuat pengunjung Anda tidak memercayai situs atau meninggalkannya," kata Google, mengingatkan.
  1. Pastikan pengunjung tidak terganggu dengan kesalahan ejaan, gaya, dan fakta. 
  2. Jangan terlalu banyak pasang iklan. Iklan yang terlalu banyak juga dapat mengganggu pengunjung. 
  3. Hindari kesalahan seperti tautan rusak (broken link) atau informasi yang salah.
  4. Hindari Kesalahan tata bahasa dan ejaan.
  5. Hindari Spam, seperti spam komentar atau forum
Google juga menganjurkan agar blogger melibatkan pengunjung dengan berinteraksi dengan mereka melalui pembaruan rutin (update) dan kotak komentar (comment box) serta memasang widget media sosial.

Konten Ramah Pengguna

Selain ramah mesin pencari, konten berkualitas juga harus ramah pengguna (user friendly), yaitu enak dibaca dan mudah dimengerti.

Agar postingan blog enak dibaca dan dimengerti, pastikan artikel dalam blog Anda memenuhi kriteria yang disebutkan NN Group dalam How user reads on the web, terutama dalam segi "teks yang mudah dipindai" (scannable text).

Halaman Web harus menggunakan teks yang dapat dipindai, menggunakan:

  1. Kata kunci yang disorot (tautan hiperteks berfungsi sebagai salah satu bentuk penyorotan; variasi jenis huruf dan warna adalah yang lain)
  2. Subjudul yang berarti (bukan yang "pintar")
  3. Daftar berpoin
  4. Satu ide per paragraf (pengguna akan melewatkan ide tambahan jika mereka tidak tertangkap oleh beberapa kata pertama dalam paragraf)
  5. Gaya piramida terbalik, dimulai dengan kesimpulan
  6. Setengah jumlah kata (atau kurang) dari tulisan konvensional

Penerapannya sebagai berikut:

  1. Align left. Gunakan rata kiri karena rata kiri juga merupakan standar penulisan di website.
  2. Short Paragraph. Gunakan alinea pendek, maksimal lima baris per alinea.
  3. White Space. Gunakan jarak antar-anliea.
  4. Highlights. Gunakan huruf tebal (bold), miring (italic), kutipan (qoutes), dan subjudul (subheading).
  5. Gunakan dafta (list), -- bullet and/or number list.
Itu dia Cara Membuat Konten Berkualitas dan Disukai Pembaca & Google. Panduan konten itu pula yang menjadi kunci diterima Google Adsense. Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog).*

Thanks for reading Cara Membuat Konten Berkualitas dan Disukai Pembaca & Google | Labels: Tips SEO edit this post

11 komentar on Cara Membuat Konten Berkualitas dan Disukai Pembaca & Google

  1. Mas konten berkualitas apakah harus juga dilakukan dengan seo on page juga? atau memang fokus pada kalimat yang bagus2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komentar: Mas konten berkualitas apakah harus juga dilakukan dengan on page juga? atau memang fokus pada kalimat yang bagus2?
      Jawaban: dua-duanya, YA!

      Delete
  2. waduh blog saya kebanyakan iklan. saya mau hapus dulu ah. parah nih

    ReplyDelete
  3. jika konten yang baik itu konten yang di dukung dengan gambar / audio / video ( salah satu atau kombinasi beberapa ) apakah tidak akan memberatkan loading page website kita gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. akan memberatkan, tapi di sisi lain lebih seo dan lebih disukai Google. Solusi: pake template fast loading

      Delete
    2. Tergantung berapa banyak agan memasukkan foto/video/audio di postingan .. tapi saya masukkan seperlunya saja..

      Delete
  4. Mudah di cerna artikel nya.. heheh

    thanks admin

    ReplyDelete
  5. Wow ini yang saya suka gan,
    Pastikan pengunjung tidak terganggu dengan kesalahan ejaan, gaya, dan fakta.
    Jangan terlalu banyak pasang iklan. Iklan yang terlalu banyak juga dapat mengganggu pengunjung.
    Hindari kesalahan seperti tautan rusak (broken link) atau informasi yang salah.
    Hindari Kesalahan tata bahasa dan ejaan.
    Hindari Spam, seperti spam komentar atau forum

    Memberi pedoman saat membuat konten, artikel menarik

    ReplyDelete
  6. mungkin tambahannya,adalah jadilah penulis yang jujur

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *