Daftar Istilah Blogging dan Pengertiannya - Kamus Blogger

Daftar Istilah Blogging dan Pengertiannya - Kamus Blogger

Daftar Istilah Blogging dan Pengertiannya - Kamus Blogger
Daftar Istilah Blogging dan Pengertiannya - Kamus Blogger.

MEMAHAMI istilah-istilah di dunia blogging akan sangat membantu dalam mengelola blog, termasuk dalam menulis postingan.

Daftar Istilah Blogging dan Pengertiannya ini tidak dimaksudkan sebagai daftar lengkap sehingga menjadi semacam Kamus Blogger, tapi hanya beberapa istilah terpenting yang sebaiknya dipahami oleh blogger pemula (newbie blogger).

Istilah blogging yang dishare di sini fokus ke platform blog Blogger milik Google. Kita mulai dari istilah paling populer dulu, yakni Blog, Blogger, Blogging, Tema/Template, Posting, dan SEO.

Daftar Istilah Blog Terpenting

BLOG -- Blog adalah singkatan dari Web Log atau Website Log, yaitu situs web yang biasanya milik pribadi berisi catatan pengalaman sehari-hari (online diary) atau untuk menuliskan pengalaman, pengetahuan, dan pemikiran.

Pengertian sederhana dan praktisnya, blog adalah website pribadi (personal website) atau halaman web pribadi (personal web page) untuk membedakannya dengan situs web instansi/perusahaan dan situs berita (news site).

Blog biasanya dibuat di situs penyedia blog gratis, seperti Blogger (Blogspot) milik Google dan WordPress.

BLOGGER --  Blogger artinya adalah (1) orang yang melakukan aktivitas blogging atau orang yang ngeblog (a person who blogs); (2) salah satu platform blogging, yakni Blogger milik Google dengan nama domain utama blogspot.com.

BLOGGING -- Bisa disebut juga dengan ngeblog. Blogging adalah membuat, mendesain, menulis posting,  dan/atau mengelola blog. Blogging = the act of posting on blogs.

PRO BLOGGER -- Pro Blogger adalah singkatan dari Professional Blogger, yaitu orang yang menjadikan blogger sebagai profesi untuk mendapatkan penghasilan melalui blog.

Pro Blogger disebut juga full time blogger, meskipun tidak semua pro blogger menjadi full timer dalam dunia blogging.

PLATFORM BLOG -- Platform blog (Blog Platform) adalah tempat atau situs yang menyediakan halaman blog, seperti WordPress dan Blogger. Selain WP dan Blogger, ada juga TypePad, Weebly, Tumblr, Live Journal, dan lainnya. 

DOMAIN -- Domain adalah nama yang digunakan untuk alamat blog atau website, seperti detik.com, republika.co.id, contohblog.com, atau contohblognih.blogspot.com.

Nama domain (domain name) blog biasanya menggunakan nama panggilan atau bahkan nama asli. Namun, banyak juga yang menggunkan nama favoritnya atau nama yang menggambarkan isi blognya.

TEMA/TEMPLATE -- Tema atau Template adalah desain tampilan blog. Dulu Blogger menggunakan istilah template lalu mengubahnya menjadi tema (theme). Anda bisa memilih tema blog yang bagus di Galeri Template CB.


POSTING -- Posting atau Postingan adalah isi (konten) blog berupa teks (tulisan/artikel), foto, gambar, video, grafis, dan tautan (link).

Dalam bahasa Inggris, posting di blog disebut "blog post". Post sendiri dalam konteks blogging artinya memuat atau mengirimkan.

NICHE BLOG -- Niche blog adalah topik, tema, atau ruang lingkup isi (konten) blog, misalnya blog berita, blog sepakbola, blog traveling, blog tentang fashion, blog tips kesehatan, dll.

Nama domain dan judul blog (blog title) sebaiknya selaras dengan niche blog yang dipilih.

DUMMY BLOG -- Dummy Blog  atau blog dummy adalah blog selain blog utama yang dibuat untuk membuat backlink bagi blog utama. Saat ini Google tidak menghitung backlink dari blog dummy sebagai backlink berkualitas (quality backlink).

Dummy Blog dapat digunakan untuk mencoba sebuah template atau mencoba sebuah widget atau elemen blog lainnya.

CUSTOM DOMAIN -- Custom Domain adalah mengubah alamat blog menjadi nama domain sendiri, misalnya yang tadinya nama domainnya www.contohblognih.blogspot.com menjadi www.contohblog.com.

Dengan custom domain, kita bisa menggantikan alamat alamat blog kita dengan nama blog yang lebih ringkas dan mudah diingat dengan ekstensi .com, .net, .info, .org, .web.id, .id, dan sebagainya sehingga lebih profesional dan kredibel.

Baca: Cara Custom Domain Blogger

Daftar Istilah Blogging Lainnya

LABEL -- Label adalah kategori atau tag di Blogger untuk mengelompokkan artikel (postingan) yang dalam tema atau topik tertentu.

Saat menulis posting di Blogger, kita harus mengisi kolom "Post settings" di bagian kanan halaman dengan klik Labels dan mengisinya dengan --misalnya-- Blogging, Sepakbola, Tips, atau sesuai dengan topik postingan yang dibuat.

Dengan membuat label, maka akan secara otomatis blog kita memiliki "Halaman Label" (Label Pages) yang berisi daftar postingan dalam label tertentu.

LINK -- Link adalah tautan yang menghubungkan sebuah kata atau kalimat ke halaman postingan atau website. Tautan ke postingan dalam blog disebut link internal.

Tautan ke blog atau website orang lain disebut link eksternal. Tautan ke alamat blog kita yang ada di blog orang lain disebut backlink atau inbound link. Link biasanya berwarna biru.

ANCHOR TEXT -- Anchor Teks adalah teks atau kata yang digunakan di dalam link. Misalnya, link ini, CB Blogger, adalah link ke halaman depan blog http://www.contohblog.com. CB blogger adalah anchor teks.

PAGEVIEWS -- Pageview artinya adalah halaman yang dibuka/dikunjungi oleh pembaca atau pengunjung blog (visitor). Blogger merekam jumlah kunjungan ke setiap halaman blog kita dan disajikan di data Statistik (Stats) Dashbloard Blogger.

Jadi, pageviews --disebut juga impresi (impression) adalah jumlah atau banyaknya halaman yang dilihat atau dibaca oleh pengunjung. Semakin lama pengunjung membuka atau klik link postingan, maka akan semakin banyak halaman blog yang dibuka dan itu berarti akan kian tinggi data pageviews blog.

TRAFFIC -- Hampir sama dengan pageviews, traffic secara harfiyah artinya adalah lalu-lintas, yakni banyaknya orang yang mengunjungi blog. 

SEO -- SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Bahasa Indonesianya SEO adalah Pengoptimalan Mesin Telusur.

Secara praktis., SEO adalah cara atau trik dalam blogging agar blog mudah dan cepat terindeks mesin pencari (search engine) --terutama Google-- sehingga meningkatkan jumlah pengunjung sekaligus peringkat di mesin pencari (search engine rankings).

Tujuan utama SEO adalah jumlah pengunjung atau traffic. Tips dan trik SEO bisa Anda baca di Tips SEO.

BACKLINK -- Backlink adalah tautan ke halaman blog kita dari blog atau website orang lain. Misalnya, di Wikipedia ada link ke halaman blog Anda, maka itulah backlink.

Backlink penting karena Google dan mesin pencari yang lain mempergunakan jumlah dan kualitas backlink sebagai ukuran tingkat kepercayaan sebuah blog atau situs.

META TAGS -- Meta tags adalah kode-kode HTML yang ada di dalam template blog yang menjadi "tanda pengenal" blog kepada mesin pencari. Meta tags terdiri dari judul (title), deskripsi, dan kata kunci (kywords).

Meta taga berfungsi memberikan informasi kepada robot mesin pencari tentang konten blog. Menurut Google, meta taga (tag meta) adalah cara terbaik bagi webmaster dalam memberikan informasi mengenai situs mereka kepada mesin telusur.

Tag meta dapat digunakan untuk memberikan informasi ke semua jenis klien, dan setiap sistem hanya memproses tag meta yang dipahaminya dan mengabaikan yang lain.

Di Blogger, kolom isian meta tags deskripsi ada di dashboard blogger di menu Preferensi pencarian (Search preference) yang harus diisi agar blog dikenali dan diindeks mesin telusur.

KEYWORDS -- Keyword (kata kunci) adalah kata atau frasa yang menunjukkan tema atau topik postingan blog atau gambaran isi blog secara keseluruhan. Keywords juga adalah kata-kata yang dimasukkan atau dicari pengunjung di mesin pencari atau sebuah laman website/blog.

URL -- URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, yakni rangkaian huruf atau karakter yang menunjukkan alamat link halaman sebuah blog atau website.

Url bisa berupa nama domain, misalnya contohblog.com, bisa juga alamat lengkap sebuah halaman blog, misalnya http://www.contohblog.com.

ADSENSE -- AdSense atau Google AdSense adalah jaringan periklanan online milik Google. Google memberikan kesempatan kepada para blogger untuk melakukan monetisasi blognya (menghasilkan uang dari blog) dengan menampilkan iklan di blog mereka. 

Setiap kali seseorang mengklik teks iklan Google Adsense, maka si pemilik blog akan mendapatkan komisi. Iklan yang dimunculkan Google berasal dari para pemasang. Blogger hanya memasang kode unit iklan di akun AdSense.

Baca Selengkapnya: Panduan Lengkap Google AdSense.

ADWORDS -- AdWords adalah kebalikan dari AdSense. Google Adwords adalah program periklanan Google yang menerima pemasangan iklan pihak perusahaan atau individu untuk promosi produk, jasa, atau situs web.

Google AdWords akan berubah nama menjadi lebih ringkas menjadi Google Ads mulai 24 Juli 2018.

"AdWords will soon be Google Ads. The product experience will be updated to reflect our new name starting on 24 July 2018," demikian diumumkan laman resmi AdWords.

SERP -- SERP adalah kependekan dari Search Engine Results Page atau halaman hasil pencarian mesin telusur. 

Jika kita mencari tips, berita, atau informas apa saja di Google, dengan mengetikkan kata --misalnnya Cara Membuat Blog, maka Google akan menampilkan halaman berisi daftar posting yang berisi kata kunci Cara Membuat Blog. Itulah yang disebut SERP.

Demikian sebagian Daftar Istilah Blogging dan Pengertiannya. Daftar lengkap bisa disimak di link sumber di bawah. 

Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).

Sumber:
https://www.quickonlinetips.com/archives/2006/06/the-giant-blogging-terms-glossary/
https://www.bloggingbasics101.com/blogging-glossary-defining-basic-blogging-terms/
https://www.mostlyblogging.com/better-blogger-blogging-terms/

Labels: Blogging, Featured

Related Posts

6 Komentar untuk "Daftar Istilah Blogging dan Pengertiannya - Kamus Blogger"

Blogroll= aktivitas bertukar link antarblogger
Blogwalking= jalan2nya blogger mengunjungi blog milik blogger lainnya dan meninggalkan komentar

Ya benar, mulai 24 Juli jadi Google Ads, lebih ringkas. Thanks for info

Iya benar, blog = weblog = website log, thanks for correction

koreksi, weblog itu kepanjangannya web log atau website log, bukan website blog.

alhamdulillah sedikit banyaknya saya paham dari istilah di atas mas.

AdWords baru ganti nama gan jadi "Google Ads"

1. Komentar spam, menyertakan Link Aktif dan Alamat Blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *