Cara Mengetahui Kecepatan Internet - Top 5 Situs Web Internet Speed Test

Cara Mengetahui Kecepatan Internet - Top 5 Situs Web Internet Speed Test

Cara mengetahui, mengukur menguji, atau mengecek kecepatan internet melalui website speed test dan situs lainnya.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet - Top 5 Situs Web Internet Speed Test
KECEPATAN internet menjadi bagian dari kenyamanan internetan. Koneksi internet yang cepat, stabil, tanpa lemot dan anti-loading akan melancarkan aktivitas browsing, surfing, Googing, dan blogging.

Upload (unggah) dan download (unduh) file, film, video, foto, software, dan lain-lain akan cepat dan lancar jaya jika koneksi internet cepat dan stabil.

Berikut ini beberapa website untuk test kecepatan koneksi internet, baik di komputer (laptop/netbook) maupun Handphone (Smartphone).

Pentingnya Mengetahui Kecepatan Internet

Mengapa Tes Kecepatan Internet itu penting? Ketika Anda memilih Koneksi Internet dari ISP (Penyedia Layanan Internet) apa pun, maka koneksi tersebut harus memenuhi parameter teknis yang diceritakan ISP Anda tentang kertas.

Parameter ini termasuk kecepatan unduhan Anda, kecepatan unggah Anda, dan ping Anda (waktu respons).

Di atas kertas, ISP Anda mungkin memberi tahu Anda tentang nilai-nilai yang berbeda, tetapi saat menggunakan koneksi internet Anda akan menemukan bahwa nilainya berbeda satu sama lain.

Karena itu, perlu untuk melakukan tes kecepatan setelah interval waktu tertentu karena akan membantu Anda menemukan perbedaan antara kecepatan koneksi di atas kertas dan di kehidupan nyata.

Alat uji kecepatan internet ini juga berguna untuk mengetahui benar-tidaknya kecepatan internet yang disebutkan Internet Service Provider (ISP).

Cara Mengetahui Kecepatan Internet

Berikut ini Cara Mengetahui Kecepatan Internet melalui salah satu dari 5 situs web Internet Speed Test berikut ini. Anda bisa gunakan kelimanya untuk perbandingan hasil tes (komparasi).

1. Speedtest.net

Situs ini paling populer dan banyak digunakan untuk mengetahui kecepatan internet. Tinggal ketik Speedtest.net di addres bar dan klik GO.



Speedtest akan mengambil lokasi provider internet yang user gunakan. Akan tersaji secara detail berapa kecepatan Ping (ms), Download (Mbps)), dan Upload (Mbps).

Untuk mengecek kecepatan internet melalui ponsel, bisa menggunakan Aplikasi Speedtest ini. Instal terlebih dahulu di Playstore, bisa juga dengan menggunakan SpeedTest.co.id dan klik tombol Start Test.

2. Indihome Speedtest 

Cara kedua untuk mengetahui kecepatan internet melalui Indihome. Buka Indihome Speedtest lalu klik GO. Secara otomatis Indihome Speedtest akan mengecek sebarapa kencang internet yang Anda miliki.

Indihome Speedtest


3. CBN Speedtest 

Sama seperti dua situs penguji kecepatan internet sebelumnya, buka CBN Speedtest dan klik GO. Akan tersaji data kecepatan Ping, Download, Jitter, dan Upload.

CBN Speedtest

4. Testmy.net

Testmy.net menyediakan data kecepatan secara mendetail. Kita dapat memilih apakah kita hanya ingin mengetest kecepatan download saja, kecepatan upload saja, atau dua-duanya.

Buka Testmy.net, klik Test My Internet, dengan pilihan Download Test, Upload Test, dan Combined.

Test My Internet

5. Meter.net

Dengan meter.net kita dapat mengukur kecepatan ping, download, dan upload. Situs ini menjamin proses pengcekan hanya berlangsung 30 detik. kita juga dapat memilih lokasi server. Meter.net juga menyediakan data kecepatan internet berbagai negara, termasuk Indonesia.

meter net kecepatan internet

Rata-Rata Kecepatan Internet Dunia & Indonesia

Dilansir Liputan6, kecepatan rata-rata internet di dunia adalah 42,71 Mbps untuk internet kabel dan 22,16 Mbps untuk koneksi mobile.

Singapura memiliki kecepatan internet tertinggi untuk akses internet komputer, yaitu 161.50 Mbps, diikuti Islandia: 157.73 Mbps, dan Hong Kong: 129.64 Mbps di tiga besar.

Untuk akses internet mobile tercepat, Norwegia tertinggi dengan 62,01 Mbps, diikuti Islandia 58,44 Mbps, dan Belanda 54,53 Mbps. Singapura 51,92 Mbps di posisi keempat.

Di Indonesia, rata-rata kecepatan internet kabel adalah 13,79 Mbps. Untuk mobile rata-rata memiliki kecepatan 9,82 Mbps. Halah... lemot banget ya, bagaimana bisa menang di "perang informasi" internet?

Demikian Cara Mengetahui Kecepatan Internet - Top 5 Situs Web Internet Speed Test, plus data rata-rata kecepatan internet di dunia dan Indonesia.

CB posting ini setelah modem Indihome diganti. Teknisinya baik banget. Dia mau berlama-lama memperbaiki gangguan lampu LOS merah, lalu mengecek hasil perbaikan dan kecepatannya.

Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Cara Mengetahui Kecepatan Internet - Top 5 Situs Web Internet Speed Test | Labels: Internet, Software edit this post
0 Komentar untuk "Cara Mengetahui Kecepatan Internet - Top 5 Situs Web Internet Speed Test"

1. Komentar spam, link aktif, dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat/bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *