Pengertian Website & Jenis-Jenis Situs Web

Pengertian Website & Jenis-Jenis Situs Web

Apa arti website atau situs web? Apa saja jenis-jenisnya? Posting ini membahas pengertian website dan jenis-jenisnya.


Pengertian Website & Jenis-Jenis Situs Web


Pengertian Website

Website (situs web) adalah halaman di internet yang berisi teks, suara, gambar, video, dan lainnya. Itu pengertian website yang banyak kita temukan hasil "Googling". Mari kita cek di kamus bahasa Inggris dan Indonesia.

Menurut Cambridge Dictionary, website adalah:
  • set of pages of information on the internet about a particular subject, published by a single person or organization. (sekumpulan halaman informasi di internet tentang subjek tertentu, diterbitkan oleh satu orang atau organisasi).
  • a place on the Internet with one or more pages of information about a subject (tempat di Internet dengan satu atau lebih halaman informasi tentang suatu subjek).
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), website... Entri tidak ditemukan, lha iya lah, website 'kan bahasa Inggris, mana ada di kamus Indonesia. Ok, kita ganti entrinya menjadi bahasa Indonesia website, yaitu situs web.

Hasilnya: situs web adalah program komputer yang menjalankan peladen yang menyediakan akses kepada beberapa laman.

Peladen? Apa itu peladen? Peladen di sini maksudnya "komputer dalam jejaring yang berfungsi sebagai penyedia layanan ke komputer lain".

Menurut data Wikipedia, situs web adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL. 

Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW.

Sebuah halaman website terdiri dari tiga unsur:

  1. Nama Domain, misanya contohblog.com
  2. Hosting, misalnya Blogger (gratis).
  3. Konten (Isi), yaitu isi website berupa tulisan (teks), gambar, foto, video.

unsur website

Jenis-Jenis Website

Halaman di internet atau website yang paling sering dibuka pengguna internet di seluruh dunia adalah jenis website mesin pencari, seperti Google dan Bing, lalu Youtube dan Facebook. Itu menurut data Alexa.

Yahoo, Twitter, Instagram, Blogspot (Blogger) ada di peringkat berikutnya. Kesimpulannya, mayoritas website yang dibuka atau dikunjungi adalah jenis web mesin telusur (search engine), media sosial, dan blog!

Dari berbagai sumber, jenis-jenis website sangat banyak, namun jenis situs web terpopuler --setidaknya yang sering CB buka/kunjungi selama ini-- adalah sebagai berikut:


1. Mesin Pencari (Search Engine)

Website berupa untuk mencari informasi, seperti Google Seach, Bing, Yahoo Search.

2. Situs Berita (News Site) 

Website yang berisi informasi aktual layaknya suratkabar atau koran yang dikenal dengan sebutan media online atau media siber (cyber media), seperti detik.com, republika.co.id, liputan6.com, viva.co.id., dll.

3. Media Sosial (Social Media)

Website tempat pengguna berbagi informasi, menjalin pertemanan, dan bisnis online atau promosi produk/jasa, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dll.

4. Forum 

Website mirip media sosial sebagai media diskusi dan tukar informasi, seperti Kaskus dan Quora.
5. Toko Online (Online Store) 

Website untuk menjual barang secara online, baik berupa Online Shop --yang bisa dibuat juga dengan Blogger-- maupun Marketplace (Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dll).

6. Blog

Blog adalah website yang umumnya dibuat secara gratis di platform blogging seperti Blogger, WordPress, atau Medium milik perorangan.

Dengan kata lain, blog adalah website pribadi (personal web) untuk berbagi pengetahuan, tips, pengalaman, atau sekadar menulis catatan harian (online diary).

Yang belum punya blog, silakan buka Cara Membuat Blog.

7. Media Sharing

Situs web untuk menyimpan dokumen atau file dan berbagi dengan pengguna lain, seperti Flickr, SlideShare, DocStock, Academia, Dropbox, GoogleDrive, dll.

8. Social Bookmarking

Website untuk menampilkan potongan atau sebagian dari sebuah artikel yang telah didaftarkan sebelumnya, seperti Log Viva.

9. Company & Portfolio Website

Website perusahaan atau instansi, seperti website BUMN, situs perusahaan swasta, website kementerian, web rumah sakit, web organisasi, website lembaga pendidikan, web yayasan, website masjid, dan sebagainya.

Jenis-Jenis website selengkapnya seperti dalam Slide berikut ini:



Demikian Pengertian Website & Jenis-Jenis Situs Web. Blog juga termasuk website ya! Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Pengertian Website & Jenis-Jenis Situs Web | Labels: Website
0 Komentar untuk "Pengertian Website & Jenis-Jenis Situs Web"

1. Komentar spam, link aktif, dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat/bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *