Media Sosial Terpopuler, Facebook Masih Juara

Media Sosial Terpopuler, Facebook Masih Juara

Media Sosial Terpopuler, Facebook Masih Juara
Facebook masih menjadi media sosial terpopuler atau terbanyak digunakan, meski jumlah Facebooker menurun selama periode 2017-2018.

Facebook mulai kehilangan pesona bagi banyak pengguna setianya.

Dilansir Forbes, secara global, hingga Oktober 2018 jumlah pengguna Facebook mencapai 2,27 miliar atau sekitar 30 persen dari penduduk dunia.

Walaupun masih mendominasi, pengguna Facebook terus menurun dibandingkan pengguna Twitter, Pinterest, YouTube, dan Instagram.

Data Statcounter menyebutkan, pangsa pasar Facebook menurun dari 75,5 persen pada Desember 2017 hingga menyentuh angka 66,3 persen pada Desember 2018.

jumlah pengguna media sosial

Kondisi berbeda dialami media sosial lainnya. Per Desember 2018, pangsa pasar Pinterest mencapai 16,3 persen, Twitter menyentuh angka 8,2 persen, YouTube 4,8 persen, dan Instagram 1,8 persen.

Pada beberapa wilayah di Amerika Serikat, pasar Facebook cenderung menurun drastis. Ini dicurigai karena terjadinya penyalahgunaan data pengguna yang terjadi sepanjang tahun 2018.

Di Eropa, Facebook juga mendapat persaingan dari Pinterest. Sedangkan di Asia, YouTube dan Twitter menyaingi Facebook. Dan di Afrika, Facebook bersaing dengan YouTube.

Media Sosial Terpopuler versi Statista

Media Sosial Terpopuler


Facebook adalah media sosial pertemanan. Twitter dikenal sebagai microblogging atau "blog kecil" untuk menuliskan pengalaman dan pemikiran dalam artikel pendek atau berupa foto dan video.

Instagram adalah media sosial yang fokus ke foto dan video. Tidak bisa update status hanya berupa teks sebagamana Facebook dan Twitter.

Pinterest mirip instagram. Pinterest adalah virtual pinboard untuk foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori (semacam album atau folder).

Media Sosial Terpopuler di Indonesia

Di Indonesia, media sosial terpopuler adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube. Pinterest kurang populer sebagaimana LinkedIn dan media sosial lain.

Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah penguna internet di Nusantara pada 2017 telah mencapai 143 juta.

Berdasarkan hasil survei APJII pada 2017, pengguna internet yang mengakses layanan aplikasi percakapan (chatting) masih mendominasi (89,35%), diikuti layanan sosial media sebesar 87,13% dan pencarian (search engine) 74,84%. Jual-beli online hanya 32,19% dan 8,12%. Pengguna layanan perbankan (internet banking) hanya mencapai 7,39%.

Blog & Media Sosial

Bagi blogger, media sosial berfungsi sebagai salah satu alat SEO. Media sosial berperan besar meningkatkan jumlah pengunjung dan populaitas blog.

Karenanya, blogger sebaiknya memiliki akun media sosial sebanyak mungkin, terutama di media sosial terpopuler (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube) untuk membangun link (linkbuilding) dan menarik pengunjung.

Google Plus juga bagian dari alat seo yang tidak boleh diabaikan para blogger.

Demikian ulasan ringkas tentang media sosial terpopuler dan kaitannya dengan blogger sebagai bagian dari alat SEO. (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Media Sosial Terpopuler, Facebook Masih Juara | Labels: Media Sosial edit this post
0 Komentar untuk "Media Sosial Terpopuler, Facebook Masih Juara"

1. Komentar spam, link aktif, dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat/bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *