January 2, 2019

Daftar dan Arti Ekstensi Nama Domain Terpopuler untuk Custom Domain Blogger

January 2, 2019

Daftar Nama Ekstensi Domain (Domain Name Extension) terpopuler ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang akan melakukan Custom Domain Blogger .

Daftar Ekstensi Nama Domain Terpopuler untuk Custom Domain Blogger

Custom domain adalah menggunakan nama domain sendiri atau mengubah/menghilangkan nama subdomain blogspot di alamat blog Blogger.

Sebelumnya CB sudah share tentang pengertian nama-nama ekstensi domain.

Ekstensi nama domain (Domain Name Extensions) yaitu akhiran atau bagian akhir naa domain --huruf yang ada di belakang titik di bagian kanan nama domain.

Untuk lebih jelasnya tentang apa itu ekstensi nama domain, berikut ini gambar struktur nama domain dan penjelasannya dari laman First Site Guide.


Prefix adalah protokol aplikasi internet nama domain, yaitu http dan https. (Baca: Pengertian Http dan Https).

Subdomain adalah domain level ketiga dari nama website, yaitu www yang merupakan singkatan dari world wide web. Namun, banyak juga website yang tidak menggunakan www.

Name adalah domain level ketiga dari website, yaitu alamat website, yang dipilih oleh pemilik website sendiri dengan membelinya di provider domain.

Extension adalah domain level ketiga yang menjadi topik postingan kita kali ini. Dalam gambar di atas, ekstensi nama domainnya dot com (.com).

Dot Com adalah ekstensi nama doman paling populer dan terbanyak digunakan di seluruh dunia. Com sendiri singkatan dari Commercial atau komersial, namun situs non-komersial pun bisa menggunakannya.

Dot Com merupakan salah satu Domain Tingkat Atas (Top Level Domain, TLD) selain ekstensi nama domain lainnya.

Daftar Ekstensi Nama Domain Terpopuler 

Berikut ini adalah daftar ekstensi nama domain paling populer di dunia. Jika akan melakukkan custom domain atau membeli domain, sebaiknya memilih nama domain populer ini, agar lebih cepat akrab dengan mesin pencari dan pengguna.

Saat membeli domain, selain ringkas, mudah diingat, dan relevan dengan konten dan niche blog, sebaiknya memilik salah satu ekstensi nama domain berikut ini:

1. .com
2. .net
3. .org
4. .info

Jika .com sudah diambil orang lain, pilih .net. Jika .net juga tidak tersedia, maka pilih .org atau .info, dengan catatan .org identik dengan situs organisasi, karena memang .org itu singkatan dari organization.

Jadi, prioritas pilihan ekstensi nama domainnya adalah .com, .net, atau .info, namun sebaiknya .com yang paling populer di seluruh dunia.

Belakangan, muncul juga ekstensi nama domain .xyz (dot xyz) yang baru yang dirilis tahun 2014. Kata XYX mewakili generasi-X yang lahir antara tahun 1965-1976, generasi-Y yang lahir tahun 1977-1995, dan generasi-Z yang lahir tahun 1996-sekarang. 

Ada juga ekstensi nama domain .tk (dot tk) yang merupakan domain untuk wilayah Tokelau. Karena domain ini tidak dapat dipercaya dan tidak konsisten, maka digunakan secara global, bahkan sempat digratiskan.

Karena banyak website dengan ekstensi nama domain .tk digunakan untuk kejahatan siber (cyber crime), seperti scam, phising, dan spam, maka ekstendi nama domain ini memiliki reputasi yang buruk di mata mesin pencari maupun user.

Kembali ke soal Daftar Ekstensi Nama Domain Terpopuler untuk Custom Domain Blogger, selain .com, .net, .org, dan .info, nama-nama ekstensi domain populer lainnya adalah sebagai berikut:

.co
.biz
.info
.jobs
.mobi
.name
.ly
.tel
.kitchen
.email
.tech
.estate
.codes
.expert

Selengkapnya tentang Daftar Ekstensi Nama Domain Terpopuler untuk Custom Domain Blogger bisa cek sumber Statista dan LifeWire

Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Daftar dan Arti Ekstensi Nama Domain Terpopuler untuk Custom Domain Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *