Pengaruh Nama Domain terhadap SEO & Hasil Pencarian Google

Pengaruh Nama Domain terhadap SEO & Hasil Pencarian Google

Apakah nama domain mempengaruhi SEO? Bagaimana cara domain baru membantu peringkat pencarian di Google?

Pengaruh Nama Domain terhadap SEO & Hasil Pencarian Google

BANYAK blog atau website berusaha menjadikan kata kunci dalam nama domain (domain name) dengan maksud agar lebih SEO dan mendapatkan peringkat bagus di hasil pencarian Google.

Nama domain yang sama dengan kata kunci yang dibidik disebut Exact Match Domain (EMD). Google dan analis SEO menyatakan, nama domain tidak terlalu pengaruhi peringkat, namun jika kontennya benar-benar sesuai (relevan), maka peringkat tertinggi memang didapat.

Misalnya, kita mengetik kata "bola" di Google Search, hasilnya --berdasarkan peringkat-- sebagai berikut:

  1. bola.com
  2. bola.net
  3. bola.tempo.co
  4. bola.kompas.com
  5. bola.okezone.com
  6. sport.detik.com/sepakbola

Semuanya ada di halaman satu. Itu menunjukkan Pengaruh Nama Domain terhadap SEO & Hasil Pencarian Google.

Sebuah studi tentang dampak domain baru pada SEO menunjukkan bahwa memilih nama domain yang kaya akan keyword membantu website mendapatkan backlink pada keyword tersebut. Proses ini merupakan kabar baik bagi mereka yang ingin ditemukan secara organik.

Namun, penting untuk diketahui bahwa yang mempengaruhi SEO bukan hanya karena pemilihan nama domain.

Mesin pencari mempertimbangkan beberapa faktor peringkat lainnya untuk menempatkan suatu website di atas yang lain dalam hasil pencarian.

Selain itu, faktor-faktor ini hanya akan meningkat dengan adanya Artificial Intelligence and Voice Search yang mempengaruhi algoritma dan pencarian.

Ekstensi domain baru seperti .tech, .store, .press, .fun, .space, .website, dll membantu bisnis mendapatkan nama domain yang kaya kata kunci, yang relevan dengan bisnis dan industri tempat mereka berada.
Nama Domain

Nama Domain

Faktor SEO Bukan Hanya Nama Domain

Faktor yang dapat membantu peringkat website antara lain:

1. On-topic Backlinks

Backlink yang relevan dengan nama domain. Sebuah studi dari Stone Temple menunjukkan bahwa backlink dari website terpercaya dan kredibel membantu pemilik dalam meningkatkan peringkat SEO.

Salah satu aspek dari backlink yang membantu peringkat adalah anchor text (teks biru, digaris bawahi, dapat diklik dalam hyperlink). Semakin relevan anchor text ke tautan yang didukungnya, semakin baik untuk SEO.

2. Persepsi Pengguna

Pilih nama domain yang "normal", jangan aneh-aneh, aga tidak dianggap spam oleh pengguna.

Halaman web, misalnya www.smartphone-49.com dapat memperoleh peringkat yang bagus di hasil pencarian organik jika konten di website dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi SEO terpenuhi.

Namun, jika www.smartphone-49.com muncul di hasil pencarian Anda, apakah Anda akan mengkliknya? Kemungkinannya adalah Anda tidak akan melakukannya karena mungkin dianggap sebagai spam.

Di sisi lain, nama domain seperti www.smartphone.store akan tampak lebih kredibel dan akan mendorong pengguna untuk mengkliknya.

Kata kunci yang mengandung informasi nama domain membantu dalam membangun brand yang positif dengan pengguna. Mesin telusur sangat peduli terhadap pengguna. Jadi, jika pengguna menyukai suatu website, mesin telusur juga akan menyukainya

3. Pencarian Suara

Saat ini sudah jamannya penelusuran menggunakan suara. Ini artinya penting sekali memiliki nama domain yang mudah dicari, agar nama domain mudah dipahami oleh virtual search assistant, seperti Alexa.

Ekstensi domain baru memberikan keuntungan bagi bisnis Anda jika memiliki nama domain yang pendek dan mudah dimengerti oleh para asisten buatan ini.

Misalnya, jika Anda meminta Alexa untuk mengunjungi www.new-bagz.com, mereka mungkin tidak menemukannya. Tetapi jika Anda meminta mereka untuk pergi ke www.newbags.com, maka peluang mereka masuk ke website yang tepat akan sangat besar.

Semakin banyak nama domain yang dicari, semakin mudah bagi pelanggan untuk menemukannya.

Ini berarti bahwa apapun nama domain yang dipilih oleh suatu bisnis, mereka tidak perlu menambahkan huruf, angka, tanda hubung, atau mengganti ss dengan zz.

Buatlah ekstensi domain baru lebih sederhana karena inventaris nama domain yang kaya kata kunci pada ekstensi baru mudah tersedia.

4. Umur domain. 

Semakin tua usia domain, maka akan semakin di mata mesin pencari. Pendapat ini kurang tepat karena pengaruh usia domain terhadap SEO memang ada tetapi bukan faktor yang dominan.

5. Country Top Level Domain. 

Menggunakan domain top level negara akan membantu ranking di negara tersebut, misalnya dot id untuk Indonesia.

Namun sayang sekali, untuk pencarian global dengan keyword multi-language. Hal ini justru berdampak kurang baik.

Buktinya, jarang ditemukan domain geo-tld yang duduk di posisi atas pencarian global untuk keyword multi language.

Demikian catatan soal Pengaruh Nama Domain terhadap SEO & Hasil Pencarian Google. Selengkapnya bisa disimkan di sumber-sumber berikut ini:

  1. Rumahweb
  2. IDCloud
  3. Yoast
  4. SEWach
Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Pengaruh Nama Domain terhadap SEO & Hasil Pencarian Google | Labels: Domain, Tips SEO edit this post
0 Komentar untuk "Pengaruh Nama Domain terhadap SEO & Hasil Pencarian Google"

1. Komentar spam, link aktif, dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat/bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *