Pengertian Backlink, Jenis-Jenis, dan Cara Mendapatkannya untuk SEO

Pengertian Backlink, Jenis-Jenis, dan Cara Mendapatkannya untuk SEO

Apa arti backlink? Apa saja Jenis-Jenis Backlink? Benarkah backlink Penentu Peringkat Hasil Pencarian & SEO? Bagaimana cara mendapatkan backlink? Tulisan ini mengulasnya.

Pengertian dan Jenis-Jenis Backlink

Pengertian Backlink

BACKLINK adalah salah satu jenis link di website atau blog. Secara bahasa, backlink artinya "tautan balik".

Pengertian backlink adalah link website/blog kita yang ada di website orang lain. Misalnya, di Wikipedia ada link yang mengarah ke blog kita. Itulah backlink yang juga disebut incoming link dan inbound link.

Pengertian backlink digambarkan backlinko sebagai berikut:

Pengertian Backlink

Backlink merupakan salah satu faktor penentu peringkat hasil pencarian. Keberadaan backlink blog kita di blog atau situs lain meningkatkan kredibilitas dan popularitas blog, sehingga meningkatkan pula reputasi blog kita di Google dan mesin pencari lainnya.

Namun, harus diingat, Google hanya mempertimbangkan Backlink Berkualitas. Karenanya, jangan gunakan situs pembuat backlink gratis karena tidak berkualitas dan bisa dianggap spam.

Backlink is a link one website gets from another website. Backlinks make a huge impact on a website's prominence in search engine results. This is why they are considered very useful for improving a website's SEO ranking. (WP Beginner)

Fungsi Backlink

Backlink berfungsi mempopulerkan blog sekaligus meningkatkan SEO. Backlink akan membuat blog mudah dan cepat terindeks mesin pencari sekaligus menaikkan peringkat di hasil pencarian.

Jenis-Jenis Backlink

Setelah memahami pengertian backlink, kita kita ulas jenis-jenisnya, mulai dari backlink nofollow, dofollow, hingga spam backlink.

1. Backlink Dofollow

Backlink dofollow adalah tautan balik dengan atribut rel="dofollow" yang membuat link tersebut dirayapi oleh mesin pencari. Backlink dofollow bisa meningkatkan Google Pagerank dan Alexa Rank.

Dofollow artinya "silakan ikuti". Google dan mesin pencari pun akan melanjutkan untuk menelusuri link dofollow itu.

2. Backlink Nofollow

Backlink nofollow adalah tautan balik yang tidak dirayapi oleh mesin pencari alias diabaikan. Hampir semua kolom komentar Blogger menggunakan link dofollow sehingga menanam link blog di kolom komentar tidak termasuk backlink building.

Demikian juga hampir semua situs media sosial menerapkan link nofollow, termasuk Google Plus, Facebook, Instagram, dan Twitter.

Backlink nofollow hanya berguna untuk "human", yaitu pengunjung, bukan untuk robot mesin pencari.

3. Backlink Profile

Backlink profile yaitu link blog kita yang disimpan di profil akun media sosial atau akun website lain yang untuk komentar. Backlink dari akun medsos disebut juga Social Media Backlink.

Ada website yang ketika kita akan berkomentar, diharuskan login atau register terlebih dahulu. Ketika register, biasanya ada kolom website tersendiri. Jika diisi, itu akan menjadi backlink profile.

Meski tidak dihitung sebagai backlink oleh Google, jenis backlink profile sangat bagus untuk popularitas blog kita. Karenanya, buatlah akun medsos dan pastikan profil Anda dilengkapi alamat website/blog.

4. Backlink Social Bookmarking

Backlink Social Bookmarking yaitu tautan yang ada di situs penanda sosial. Social bookmarking adalah metode mengorganisasi, menyimpan, mengelola, dan mencari penanda sumber daya yang tersedia secara online.

Situs penanda sosial terpopuler adalah Twitter, Pinterest, StumbleUpon, Dribble, Pocket, Digg, Reddit, Slashdot, We Heart It, dan Scoop.it

5. Backlink forum

Backlink forum yaitu tautan balik yang ada di situs forum seperti Kaskus dan Quora. Kita bisa membuat akun di forum, mencantumkan alamat blog di profil dan postingan (thread). Umumnya backlink di forum berupa jenis backlink nofollow.

Jenis-jenis backink selengkapnya disebutkan Alexa dalam The Best Types of Backlinks sebagai berikut:

  1. Editorial Backlinks. Tautan balik yang ada dalam sebuah tulisan atau artikel di website lain.
  2. Guest Blogging Backlinks. Tautan yang didapatkan dari menulis postingan di blog orang lain.
  3. Business Profile Backlinks. Tautan yang ada di social media networks, industry-specific directories, Yellow Pages, Yelp, Foursquare, dll.
  4. Webinar Links. Tautan dari seminar online.
  5. Free Tool Links. Link yang dibuat di backlink generator.
  6. Acknowledgment Backlinks
  7. Comment Backlinks
  8. Paid Links
  9. Forum Links

Backlink Berkualitas 

Backlink yang pasti diperhitungkan oleh Google adalah backlink berkualitas (Quality Backlink) dengan kriteria Dofollow, Natural, dan dari Situs Populer.

Ciri-ciri backlink berkualitas dapat disimak langsung di Skema Tautan versi Google.

Demikian Pengertian Backlink, Jenis-Jenis, dan Cara Mendapatkannya untuk SEO. Good Luck and Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Pengertian Backlink, Jenis-Jenis, dan Cara Mendapatkannya untuk SEO | Labels: Tips SEO edit this post

1 komentar on Pengertian Backlink, Jenis-Jenis, dan Cara Mendapatkannya untuk SEO

  1. terima kasih, artikelnya sangat membantu, jangan lupa berkunjung kembali ke Katalog Pedia. saya ada pembahasan tutorial, tips, youtube mp3 converter hingga cek resi, terima kasih.

    ReplyDelete

1. Komentar spam, link aktif, dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat/bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *