Pengertian Metablogging - Ngeblog tentang Blog

Pengertian Metablogging - Ngeblog tentang Blog

Metablogging adalah ngeblog tentang blogging (to blog about blogging.metablogging) atau mengisi blog dengan menulis artikel tentang blogging --template, widget, SEO, AdSense, dan topik seputar blog lainnya.

Pengertian Metablogging - Ngeblog tentang Blog

Blognya disebut metablog, yakni blog dengan niche seputar blogging.

Metablogging terdiri dari dua kata, meta dan blogging

Dalam bahasa Indonesia, meta artinya mabuk; mengamuk; mengganas. Blogging artinya mengelola blog.

Dalam konteks blogging atau desain website, meta adalah elemen dalam bahasa pemrograman yang berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman web.

Tag meta ini dapat dipakai juga untuk menyatakan deskripsi/keterangan dari suatu halaman web dan untuk menjelaskan mengenai kata kunci (keyword).

Secara umum, terdapat beberapa macam meta tag dengan fungsi yang berbeda. Beberapa fungsi tersebut misalnya meta keywords, robots, dan description --dalam blogger terangkum dalam meta tags.

meta tags


Banyak blogger yang mengisi blognya tentang blogging, padahal itu bukan keahliannya alias masih belajar. Rada aneh, tidak punya banyak pengalaman tentang blog kok menulis tentang blogging?

Sebenarnya Blogger sendiri sudah memberikan pedoman umum mengisi blog: "Publikasikan tulisan Anda, sesuai selera. Buat blog yang unik dan menarik. Mudah dan gratis."

Publish your passions, your way. Create a unique and beautiful blog. It’s easy and free.

Kata kunci di halaman depan Blogger itu adalah "passions" atau "selera" dalam bahasa Indonesia. Passions itu bakat dan minat, keahlian dan ketertarikan.

Nah, passion itulah yang harusnya memandu blogger untuk mengisi blognya. Jika mengisi blog di luar topik yang dikuasainya, dipastikan sang blogger lebih banyak "copas" atau "menulis ulang" sekaligus "posting ulang" (repos) tulisan blogger lain.


Lalu, mengapa banyak blogger menulis posting tentang blogging padahal dia sendiri belum berpengalaman di dunia blogging?

Blogging is Sharing!

Alasannya, blogging adalah sharing. Maka, ketika blogger belajar ngeblog, utak-atik desain dan belajar SEO, maka ia pun tergerak untuk sharing (berbagi) yang sedang dipelajarinya seputar blogging.

Setidaknya, itu pula alasan CB ketika memulai ngeblog di Contoh Blog ini. Sejak awal, blog CB ini berisi postingan tentang blogging (metablog).

Bisa juga alasan lainnya adalah "ikut-ikutan" dengan blogger sukses.CB sendiri belajar sekaligus ikut-ikutan Maskolis yang kini sudah tidak aktif lagi di dunia blogging, bahkan "lenyap" di dunia maya.

Salah satu daya tarik metablogging atau ngeblog tentang blog ini adalah "banyak komentar". Umumnya postingan yang banyak komentar adalah tentang blogging. Yang komentar para blogger sendiri. Click to Tweet

Lihat saja jumlah komentar yang ada di dua posting "evergreen" CB ini:
  1. Cara Mengganti Template Blog
  2. Cara Membuat Blog
Seingat CB, posting pertama merupakan tulisan paling banyak komentar sekaligus "trigger" yang mendongkrak popularitas blog contohblog.com ini.

Metablogging Kalah Bersaing

Metablogging kini kalah bersaing dengan situs-situs provider domain hosting yang juga mulai aktif membuat postingan tentang blogging.

Simak saja, cara membuat blog misalnya, dipegang oleh hostinger, niagahoster, domainesia, bahkan situs berita Liputan6 pun menulis tentang cara membuat blog.

Situs provider domain hosting dan situs berita rupanya "tergoda" juga main metablogging, dengan menulis tips blogging yang dulu merupakan "domain" para blogger.

Demikian Pengertian Metablogging - Ngeblog tentang Blog. Good Luck& Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Pengertian Metablogging - Ngeblog tentang Blog | Labels: Blogging edit this post
0 Komentar untuk "Pengertian Metablogging - Ngeblog tentang Blog"

1. Komentar spam, link aktif, dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat/bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *