Masih Ngeblog? Tantangan Blogging Sekarang Kian Berat

Masih Ngeblog? Tantangan Blogging Sekarang Kian Berat

Tantangan para blogger kian berat. Apalagi jika memilih niche tentang blogging --dikenal dengan istilah metablogging-- dan niche berita.

blogger sedang ngeblog

Metablogging sekarang disaingi oleh provider domain-hosting. Mereka kian gencar "business blogging" untuk marketing dengan memilih topik seputar blogging. Dulu mah tidak gencar menulis artikel marketing.

Niche berita bukan pilihan tepat. Selain blogger bukanlah wartawan, juga Google makin ke sini kian rajin promosikan berita terkini melalui fitur "Top Stories".

Mending jika link berita yang disajikan "Top Stories" itu bermutu. Ini mah dominasi grup Tribunnews yang menganut jurnalisme umpan klik.

CB sudah menulis tentang alasan berhenti ngeblog. Alasan utama berhenti blogging karena sepi pengunjung dan ditolak AdSense.

Bagaimana dengan vlogging?

Vlogging hakikatnya ngeblog juga. Vlogging itu "video logging" atau ngeblog dengan konten khusus atau niche video. Yang ngeblognya di Youtube disebut Youtuber. Hakiktnya blogger juga.

CB menduga banyak yang berhenti ngeblog karena yang berkomentar di contohblog.com tidak seramai setahun kebelakang. Kini sepi, paling 1-3 komentar saja yang masuk.

Trafik CB juga menurun. Dulu bisa sampai 20-30 ribuan pageviews per hari. Kini di bawah 10 ribuan.

Tapi CB masih ngeblog. Minimal update postingan lama untuk bertempur kembali dengan postingan sejenis yang sudah menggeser posisi CB di Google.

Bagaimana, Anda juga masih ngeblog?

Thanks for reading Masih Ngeblog? Tantangan Blogging Sekarang Kian Berat | Labels: Blogging edit this post

4 komentar on Masih Ngeblog? Tantangan Blogging Sekarang Kian Berat

  1. Saya masih ngeblog, walau jarang update. Namun ketika buat postingan baru atau update postingan lama. Kadang pusing juga, ketika coba cek di hasil penelusuran , yang muncul blog-blog besar, termasuk tribunnews....Namun tetap berusaha semangat....

    ReplyDelete
  2. Masih, dan tetap berusaha untuk terus konsisten

    ReplyDelete
  3. masih berjuang min
    bener turun sekali kunjungan

    ReplyDelete

1. Komentar spam, link aktif, dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat/bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *