Cara Memasukkan Gambar SEO di Postingan Blog

Cara Memasukkan Gambar SEO di Postingan Blog

Cara memasukkan gambar di tulisan blog sudah CB share di postingan Cara Menambahkan Foto di Postingan. Kali ini CB berbagi tips yang fokus ke Gambar SEO, yaitu gambar ramah mesin telusur, bisa meningkatkan SEO blog secara keseluruhan.

Cara Memasukkan Gambar SEO di Postingan Blog

Algoritma Google terbaru bukan hanya merambah dan mengindeks tulisan, tapi juga gambar dan video. Elemen visual dalam postingan ini makin penting, bukan saja menjadikan artikel kian menarik, tapi juga bisa menambah SEO.

Karenanya, upayakan setiap postingan dikasih gambar atau foto. Namun, harus diperhatikan juga SEO gambarnya.

Gambar SEO di Postingan Blog: Optimasi SEO Gambar

Gambar SEO adalah gambar yang ramah mesin pencari, khususnya Google, sehingga mudah dirambah (crawling), diindeks (indexing), mendapatkan peringkat atas (top ranking) di halaman hasil pencaria, khususnya pencarian gambar (Image Search).

SERP atau halaman hasil pencarian Google juga sering menampilkan hasil pencarian gambar (dan video) di bagian atas, bersama hasil pencarian teks atau tulisan.

Ada empat elemen gambar yang terkait dengan SEO.

1. Nama File

Gambar atau foto hasil jepretan kamera biasanya otomatis memiliki nama file generik, misalnya 123DCS.JPG. Nah, ubah nama file itu agar SEO dengan cara sebagai berikut:

  • Gunakan gambar dan nama file gambar yang sesuai dengan postingan. Misalnya, gambar-seo.jpg
  • Ubah nama file gambar dengan kata-kata yang tidak saja mendeskripsikan gambar, tapi juga mengandung kata kunci (focus keyword).
  • Gunakan tanda penghubung (-) antar kata di nama file tersebut. Tanda ini agar Google membacanya sebagai spasi. Jika tidak menggunakan tanda penghubung, nama file gambar tersebut tidak akan terbaca sebagai kata-kata yang terpisah. Contoh: gambar-seo-blog.jpg

2. Ukuran File

Standar ukuran gambar/foto untuk website/blog itu lebar maksimal 640 pixel. Tinggi bebas, asal proporsional dengan gambar.

Mengacu ke Microsof Office Picure Manager, standar ukuran gambar untuk website 640 x 480 Pixel atau paling besar 800 x 600 pixel dan minimal 448 x 336 Pixel. 

Perhatikan datanya berikut ini:

standar ukuran gambar

Cara mengubah nama file dan ukuran gambar juga bisa dilakukan di Microsoft Office Picture Manager dengan mudah. Itu bawaah MS Office. Jika tidak ada, silakan cek laman resmi MS Office.

3. Title Text

Teks judul. Text judul bisa sama dengan nama file, bisa juga disamakan dengan judul postingan, yang mengandung kata kunci.

Optimasi Image Title Text Image title text akan muncul ketika pengunjung mengarahkan kursornya ke gambar tersebut. Meskipun tidak terlalu penting untuk SEO, trik ini bisa meningkatkan kualitas pengalaman pengunjung.

4. Alt Text

Alt Text  singkatan dari alternatif text. Alt text gambar memberikan indikator kepada Google tentang apa laman tersebut. Dengan begitu gambar tersebut akan lebih mudah untuk muncul di hasil pencarian gambar Google.

Jika Anda mengunggah beberapa gambar dalam satu posting, alt text gambar pertama harus mengandung focus keyword yang ditargetkan.

Alternative Text ini akan muncul jika gambar tidak tampil, misalnya gambarnya terhapus atau koneksi lemah. Dengan Alt Text ini, halaman blog pun tidak akan mengandung broken link yang tidak disukai Google.

Cara Menambahkan Title & Alt Text Gambar

Berikut ini Cara Menambahkan Title & Alt Text Gambar yang kita masukkan ke postingan blog..
  1. Klik gambar yang sudah diunggah
  2. Klik menu "Properties"
  3. Isi dua kolom title text dan alt text yang tersedia.


Properti Gambar SEO Postingan Blog

Properti Gambar SEO Title Alt Text

Demikian Cara Memasukkan Gambar SEO di Postingan Blog alias Optimasi SEO Gambar. Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Cara Memasukkan Gambar SEO di Postingan Blog | Labels: Foto, Tips SEO edit this post
0 Komentar untuk "Cara Memasukkan Gambar SEO di Postingan Blog"

Contact Form

Name

Email *

Message *