20 Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

20 Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Jumlah blog terus bertambah. Persaingan kian ketat. Jumlah pengunjung menurun. SEO makin rumit. Algoritme Google terus update.

20 Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Blog


Banyak bloger (dengan "g" satu ya, soalnya sudah jadi bahasa Indonesia) tumbang atau berhenti ngeblog gara-gara trafiknya rendah, pengunjung sepi, atau ditolak terus pas daftar Google AdSense.

Blogging memang membutuhkan SEO agar pengunjung banyak, kecuali jika Anda tidak peduli trafik, yang penting ngeblog, ekspresi diri, atau menyimpan dokumentasi pemikiran, pengalaman, dan pengetahuan.

20 Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Berikut ini 20 Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Blog yang CB sadur dari Backlinko. Selengkapnya silakan baca di sana. Sebelumnya sudah ada 9 Tips SEO, juga untuk menaikkan trafik pembaca.

1. Riset Kata Kunci

Semua keputusan SEO Anda berasal dari memiliki kata kunci (keywords) yang tepat - dari topik yang akan Anda tulis dalam strategi konten Anda, hingga halaman yang akan Anda optimalkan.

Penelitian kata kunci adalah tentang menemukan keseimbangan antara relevansi dan volume pencarian.

Sangat penting untuk memilih kata kunci yang relevan dengan target pasar Anda, serta kata kunci dengan daya tarik yang cukup dan mendapatkan kueri yang signifikan. Ini adalah buah yang tergantung rendah dan yang menyusun daftar kata kunci target keranjang Anda.

Sebagian besar kata kunci yang muncul di sana mungkin tidak relevan dengan situs web, jadi Anda perlu memilih yang relevan dan memiliki volume pencarian yang tinggi.

Anda bisa menggunakan Keywords Planner untu riset kata kunci.

Contoh, dalam kata kunci "blog", akan muncul pilihan, anatar lain, sebagai berikut:
  • cara membuat blog
  • cara membuat website
  • membuat blog
  • buat blog
  • cara buat blog
  • cara bikin blog
  • cara membuat blog gratis
  • pengertian website
  • cara membuat blog sendiri
  • membuat blog gratis
  • cara membuat blogger
Catatan: provider domain hosting saat ini gencar juga menulis posting seputar blog dan SEO, sebagai bagian promosi yang dikenal dengan sebutan content marketing. Akibatnya, blog-blog pribadi terlindas oleh mereka.

2. Judul Menarik

Salah satu kesulitan dalam menentukan peringkat situs web adalah menulis judul yang menarik - yang memiliki kata kunci yang tepat dan bergaung dengan pengunjung.

Delapan dari 10 orang akan membaca judul, tetapi hanya dua yang benar-benar akan melanjutkan melewati judul.

Bagaimana Anda mengkompromikan headline yang layak dibaca dan headline yang membangun peringkat?

Anda dapat menulis tentang tajuk berita yang sangat efektif dalam beberapa cara:
  1. Mulai dengan judul yang berfungsi: Anda tidak perlu menyelesaikan judul saat Anda mulai menulis. Judul yang bekerja akan cukup. Ini bisa sesederhana mungkin dan memasukkan kata kunci Anda, sehingga Anda dapat menentukan cara terbaik untuk mempresentasikan tentang halaman tersebut.
  2. Kata kunci diperlukan untuk tajuk utama Anda untuk membuat peringkat halaman lebih tinggi, tetapi masalah dengan sebagian besar penyisipan kata kunci adalah mereka tampak dipaksakan dan canggung, kadang-kadang bahkan tidak masuk akal.
  3. Optimalkan untuk pencarian dan sosial: Judul langsung bekerja di SEO, tetapi mungkin tidak selalu berlaku di sosial. Judul harus menyenangkan dan menarik, tetapi masih memiliki nada langsung yang memberi petunjuk kepada pengguna tentang isi konten tersebut. Temukan keseimbangan antara mengoptimalkan pencarian dan sosial, dan taburkan dengan kata kunci target Anda.
  4. Lihat bagaimana orang lain melakukannya dan belajar dari mereka.

3. Konten Halaman

Situs web yang memberi peringkat adalah situs yang menyediakan konten berkualitas tinggi dan relevan bagi pengguna pencarian. Ketika kami mengatakan konten berkualitas tinggi, seharusnya:
  1. Unik - tidak ada duplikat di mana pun di situs
  2. Tidak memiliki kesalahan tata bahasa atau ejaan
  3. Termasuk kata kunci yang relevan dalam judul, alinea awal atau bagian atas tulisan, dan isi
  4. Akurat dan dengan tautan ke situs web otoritas tinggi
konten segar

4. Post Slug (Permalink)

Post slug adalah bagian dari URL yang muncul setelah nama domain dan menunjukkan bagian tertentu dari situs. Ini adalah salah satu hal yang dilihat pengguna ketika mereka melakukan pencarian.

Sekarang, bandingkan dua Url posting ini:
  • www.mywebsite.com/post-about-increasing-seo-traffic-for-my-website
  • www.mywebsite.com/increase-seo-traffic
Menurut Anda, manakah di antara keduanya yang kemungkinan akan mendapat lebih banyak kunjungan?

Jika Anda menebak yang kedua, Anda berada di jalur yang benar!

Berikut adalah beberapa petunjuk ketika mengoptimalkan post slug atau permalink:
  1. Tetapkan struktur permalink yang tepat: Permalink adalah URL lengkap dari setiap halaman atau posting situs web. Ini termasuk nama domain dan halaman spesifik. Struktur permalink harus sesuai dengan tujuan situs.
  2. Tetap singkat dan mudah dibaca: Anda ingin siput posting yang mudah dibaca dan diingat, tetapi harus tetap menggambarkan tentang apa posting tersebut. Hapus kata-kata berhenti (stopped words) dan artikel yang tidak perlu, seperti "ini", "dan", "sebuah", "yang".
  3. Gunakan kata kunci target: permalink yang berisi kata kunci lebih cenderung untuk memberi peringkat pada hasil pencarian dan membawa lebih banyak lalu lintas yang berkualitas ke halaman.
  4. Jangan gunakan permalink yang sama untuk halaman yang berbeda: Harus unik untuk halaman yang ingin Anda rangking.

5. Optimasi Gambar SEO

Google tidak memiliki kemampuan untuk memahami apa gambar itu dan bagaimana hubungannya dengan halaman, tetapi Anda dapat melakukan ini dengan menambahkan teks alternatif atau "alt" teks ke gambar.

Teks alt menyediakan deskripsi singkat yang muncul pada kode gambar, sehingga bot pencarian dapat "melihat" dan "memahami" apa yang ditampilkan.

Atribut lain yang harus Anda optimalkan adalah judul gambar. Judul gambar tidak muncul ketika gambar tidak memuat atau muncul; itu muncul ketika pengguna melayang di atas gambar.

Gambar SEO

Salah satu cara untuk menentukan apakah situs tersebut memiliki teks alt yang hilang adalah melalui alat yang disebut Screaming Frog. Ini dapat melakukan perayapan cepat situs dan menghasilkan file yang menampilkan daftar semua gambar di situs. Ini memudahkan untuk memeriksa gambar mana yang tidak memiliki teks alternatif dan mana yang perlu diperbaiki.

Selain menggunakan atribut judul gambar dan teks alt yang tepat, juga penting untuk menggunakan gambar yang tidak memiliki ukuran file yang besar. Gambar yang berat akan membuat situs web memuat lebih lambat dan menyebabkan pengguna bangkit dari situs. Sebelum mengunggah, kompres gambar untuk mengurangi ukuran file-nya.

6. SEO Internal Linking

Tambahkan minima satu tautan (link) ke posting lain yang terkait. Blog atau situs web memerlukan tautan internal untuk membantu pengguna menavigasi dari satu halaman ke halaman lain, menunjukkan hierarki informasi di seluruh situs, dan, yang paling penting, menyebarkan ekuitas tautan di seluruh halaman. Pengawasan umum yang dilakukan oleh beberapa spesialis SEO adalah menautkan secara acak.

Tautan internal mudah selama Anda memiliki riset kata kunci. Penelitian kata kunci Anda berfungsi sebagai panduan pada halaman mana Anda dapat menautkan menggunakan teks jangkar yang sesuai untuk kata kunci tertentu.

Misalnya, jika Anda ingin menentukan peringkat untuk kata kunci tertentu, pastikan itu mendapatkan sebanyak mungkin tautan dari halaman atau blog yang relevan di situs web. Dari ini, Anda dapat membuat peta tautan internal untuk situs web.

7. Tautan Eksternal

Selain internal link, pastikan pula ada tautan keluar. Menambahkan tautan eksternal memberi pengunjung Anda titik referensi lain ketika mereka perlu memverifikasi informasi di situs web Anda.

Ada dua cara untuk melakukan penautan eksternal: satu memiliki domain lain yang menunjukkan tautan ke situs web Anda (masuk), dan yang lainnya adalah menautkan dari situs web Anda ke domain lain (keluar).

Dofollow atau No-follow? Kapan Anda terhubung dengan dofollow atau no-follow?

Anda memilih tautan dofollow jika Anda ingin mesin pencari mengarahkan jus tautan ke situs web Anda dari sumber eksternal dengan otoritas domain tinggi. Dilarang mengikuti, di sisi lain, Anda memberi tahu mesin pencari untuk tidak mengikuti situs web yang terhubung dengan Anda, atau pada dasarnya memasang tanda yang mengatakan, "Jangan hitung tautan ini."

8. SEO dan Tautan Rusak

Tautan rusak (broken link) terjadi jika suatu halaman telah dihapus atau URL-nya telah diubah tanpa redirect yang ditambahkan. Ketika seseorang mengklik tautan yang rusak, halaman 404 akan muncul untuk menunjukkan halaman yang mereka cari tidak tersedia di situs web.

Mengapa tautan rusak buruk?

Pertama, ini mengganggu pengalaman pengguna dan menyebabkan rasio pentalan situs melambung tinggi. Pengguna yang tidak dapat menemukan informasi yang mereka butuhkan cenderung meninggalkan situs web.

Alasan lain adalah terlalu banyak tautan rusak dapat merusak peringkat SEO, karena mesin pencari mungkin mendevaluasi situs web yang memiliki tautan rusak. Gunakan Screaming Frog atau Search Console untuk mengidentifikasi tautan yang rusak.

9. Peta Situs

Cari bot membaca peta situs (sitema) XML untuk mendapatkan informasi tentang situs web. Sitemap itu seperti cetak biru situs web itu - termasuk informasi tentang arsitektur situs, metadata berharga dari halaman-halaman yang tercantum dalam sitemap, dan jenis konten spesifik pada halaman-halaman situs web.

Saat Anda mengirimkan peta situs XML, Anda memberi Google sinyal untuk menghitung halaman yang disertakan dalam peta situs yang berkualitas tinggi dan layak untuk diindeks.

Masih penting untuk melihat melalui Google Search Console untuk memastikan Anda tidak memiliki kesalahan perayapan, atau halaman yang seharusnya tidak ada di sitemap Anda, karena kebiasaan meninjau sitemap Anda setidaknya sebulan sekali adalah praktik yang baik.

10. Tautan balik

Ya, pembuatan tautan tidak mati. Faktanya, sebuah situs web tidak dapat berkembang tanpa tautan yang mendukungnya. Tautan berfungsi sebagai titik referensi - tidak hanya untuk pengguna, tetapi juga untuk mesin pencari. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu mendapatkan backlink berkualitas tinggi dari situs otoritas tinggi.

Posting tamu (guest post) ke situs web lain adalah salah satu cara untuk mendapatkan backlink ke situs Anda. Pastikan untuk mengirim posting tamu ke situs dengan otoritas domain tinggi. Anda bisa menggunakan Buzzstream untuk mencari situs web tamu posting potensial dengan skor DA tinggi.

Strategi lain yang efektif untuk membangun backlink adalah membuat kutipan atau daftar lokal. Saya merekomendasikan ini untuk situs web yang menargetkan lokasi tertentu. Jika ada konten yang ingin Anda promosikan, bookmark sosial dan forum adalah saluran yang efektif untuk memanfaatkan konten itu untuk membangun tautan.

11. Data Meta

Meta Data terdiri dari dua bagian - judul dan deskripsi. Beberapa profesional SEO menambahkan kata kunci Meta di Meta Data mereka, tetapi Google mengatakan itu tidak mempertimbangkan ini dalam hasil pencarian peringkat.

Meta Data situs web harus membujuk pengguna untuk mengklik dan memberikan mereka informasi tentang halaman tersebut. Meta Data muncul sebagai potongan teks pada hasil pencarian dan pada kode HTML situs web.

Berikut adalah beberapa praktik terbaik yang harus diikuti ketika mengoptimalkan Meta Data situs web:
  • Gunakan kata kunci target Anda di Meta Data Anda — idealnya, kata kunci harus berada di sisi paling kiri.
  • Jangan menulis deskripsi dan judul yang terlalu panjang, karena ini akan menyebabkan Meta Data muncul terpotong.
  • Setiap judul dan deskripsi harus unik untuk halaman tersebut.
  • Tulis salinan yang meyakinkan untuk judul dan deskripsi untuk memaksimalkan klik-tayang. Judul dan deskripsi harus memberikan informasi yang cocok dengan permintaan pencarian pengguna.

12. Tag

Mengoptimalkan tag adalah salah satu cara meningkatkan bagaimana situs web berkomunikasi dengan mesin pencari.

Tag ini tidak terlihat oleh pengguna, tetapi untuk mesin pencari. Ketika mesin pencari merayapi sebuah situs dan menemukan tag-tag ini, mereka mendapatkan informasi tentang apa situs web itu.

Berikut ini beberapa tag penting yang perlu Anda optimalkan:

Tag judul: Setiap halaman harus memiliki tag judul yang unik, dengan hanya 50-60 karakter (termasuk kata kunci).

Apa yang Anda masukkan dalam tag judul adalah apa yang akan muncul pada hasil pencarian. Meskipun penting untuk memasukkan kata kunci, lebih baik membuat tag judul tampak alami.

Header tag: Bergantung pada bagaimana Anda menyusun halaman Anda, Anda dapat memiliki tag H1, H2, H3, H4, dan sebagainya. Gagasan tentang menggunakan tag tajuk adalah untuk mengatur konten halaman.

Tag H1 biasanya berfungsi sebagai judul konten tubuh, sedangkan tag header berikutnya adalah subpos. Gunakan kata kunci utama Anda pada tag H1 dan tambahkan tag berikutnya dengan kata kunci sekunder.

Tag skema: Mengoptimalkan tag skema situs meningkatkan kemampuan mesin pencari untuk memahami apa itu situs web dan meningkatkan bagaimana situs web ditampilkan pada hasil pencarian.

Tag tautan nofollow: Tag nofollow penting jika Anda memiliki backlink yang tidak ingin dihitung oleh mesin pencari. Gunakan tag ini jika Anda memiliki tautan ke situs web dengan otoritas domain rendah.

Tag teks jangkar (anchor text): Saat menautkan, perhatikan teks jangkar. Teks jangkar Anda seharusnya berikan konteks ke tempat Anda menautkan; jika tidak, mesin pencari tidak akan melihat koneksi dan relevansi tautan.

Tag kanonik: Ini digunakan jika situs web memiliki halaman duplikat. Anda menambahkan tag ini untuk membantu mesin pencari mengidentifikasi URL mana yang harus dipertimbangkan sebagai halaman utama di antara duplikat.

13. Kecepatan Halaman (Loading Blog)

Pada bulan April 2010, Google mengumumkan bahwa kecepatan situs menjadi salah satu faktor dalam menentukan search ranking website. 

Website yang memiliki akses cepat akan membuat pengunjung website merasa bahagia, sebaliknya jika website memiliki akses yang lama pengunjung akan merasa kesal sehingga akan meninggalkan website tersebut dan beralih kepada website lainnya.

Pengumuman ini ditujukan kepada semua pemilik website, webmaster serta penulis website. Untuk lebih jelasnya tentang pengumuman ini bisa dibuka di “Using site speed in web search ranking”.
Inilah kesepakatan dengan pencarian — semakin lama waktu yang diperlukan untuk memuat situs web, semakin besar kemungkinan pengguna akan meninggalkan situs tersebut.

Menurut John Mueller pada tahun 2016, kecepatan halaman yang ideal adalah di bawah tiga detik, untuk memenuhi mesin pencari dan pengalaman pengguna.

Jadi, bagaimana Anda meningkatkan kecepatan halaman situs web?

Hal pertama yang pertama, lakukan sapuan cepat situs web. Apakah ada terlalu banyak gambar di situs ini? Apakah ini menggunakan konten Flash? Plugin mana yang tersedia?

Mari kita mulai dengan gambar. Para ahli mengatakan gambar lebih dari setengah dari berat situs web. Untuk optimalisasi yang lebih baik, gunakan gambar dalam format JPEG atau PNG. Jadikan juga kebiasaan untuk mengompres gambar sebelum mengunggah.

Meminimalkan JavaScript, HTML, dan CSS juga merupakan praktik penting untuk mengurangi permintaan klien-server dalam memuat konten situs web. Anda harus berhati-hati selama proses minifikasi, jadi hanya kode yang tidak perlu yang dihapus.

14. Optimalisasi Seluler

Dengan pengindeksan seluler pertama (mobile first) Google, mengabaikan pengoptimalan seluler tidak menjadi pertanyaan. Jika situs tersebut sudah dioptimalkan untuk seluler, pekerjaan bagus! Jika tidak, Anda harus mulai berupaya membuatnya sejajar dengan situs yang dioptimalkan untuk seluler.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan situs untuk seluler:
  • Minimalkan iklan yang mengganggu yang menghambat pengalaman pengguna seluler. Jika Anda ingin memiliki iklan, sebaiknya simpan di bagian bawah halaman.
  • Pastikan perangkat lunak sembul adalah Mobile Friendly. Tanpa Flash.
  • Kode alih-alih menggunakan gambar, karena ini membantu dalam meningkatkan kecepatan halaman.
  • Konten Anda harus langsung ke titik tetapi menarik dan mudah diingat.
  • Situs harus responsif terhadap semua jenis layar dan orientasi.
  • Teks harus jelas dan terbaca — Anda tidak ingin pengguna memperbesar halaman saat mereka menjelajah.

15. HTTPS

Pengguna menjadi lebih mengerti bagaimana mereka menjelajah dan berbagi informasi. Dengan privasi menjadi perhatian utama banyak pengguna online, menjaga situs aman adalah kuncinya.

Penting untuk memeriksa apakah situs tersebut memiliki sertifikasi keamanan. Jika tidak ada, Anda harus mendapatkan sertifikat ini dari otoritas sertifikat, yang akan memverifikasi kepemilikan alamat web.

Ada tiga jenis sertifikat SSL:
  1. Validasi Domain Sertifikat SSL: Sertifikat ini mensyaratkan situs web telah didaftarkan oleh seseorang dengan akses admin.
  2. Validasi Organisasi Sertifikat SSL: Sertifikat ini memvalidasi kepemilikan domain dan memberikan informasi, seperti nama pemilik situs web, kota, negara bagian, dan negara. Ini biasanya digunakan untuk situs web komersial.
  3. Validasi Diperpanjang Sertifikat SSL: Sertifikat ini menampilkan pemilik situs web yang diverifikasi pada bilah alamat browser. Ini sangat ideal untuk situs web profil tinggi yang rentan terhadap serangan phishing dan menangani transaksi keuangan online, seperti bank.

Pastikan situs HTTPS Anda tidak diblokir dari perayap di file robots.txt Anda. Hindari menggunakan tag meta noindex untuk memastikan mesin pencari dapat mengindeks halaman Anda.

16. Konten Ganda

Konten duplikat selalu menjadi duri di sisi pemasar digital dan pemilik situs web. Tetapi mengapa Anda harus berhati-hati dengan konten duplikat?

Pertama, mesin pencari akan mengalami kesulitan membedakan versi mana yang akan dimasukkan atau dikecualikan dalam pengindeksan mereka. Ini, pada gilirannya, membuat sulit untuk menentukan versi mana yang diperingkat pada hasil pencarian.

Kedua, duplikat konten membingungkan pengguna, yang menghambat pengalaman pencarian mereka. Yang paling penting, ekuitas tautan menjadi terdilusi di antara semua duplikat, yang memengaruhi visibilitas versi asli.

Cara Memperbaiki Konten Duplikat:
  • Siapkan pengalihan 301.
  • Gunakan tag rel = ”canonical” untuk menentukan URL mana yang berfungsi sebagai salinan dari aslinya.
  • Jangan menggunakan konten yang sama berulang-ulang di seluruh halaman Anda - bahkan di Meta Data Anda.
  • Jika Anda memiliki halaman dengan konten serupa, perluas konten setiap halaman, atau gabungkan informasi menjadi satu halaman.

17. Pagination

Semakin banyak struktur situs web, semakin mudah bagi pengguna untuk menavigasi dan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Jika dilakukan dengan benar, pagination dapat memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pengguna. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar situs web menerapkan pagination untuk memberi pengguna navigasi tambahan saat menjelajah satu bagian halaman dengan konten bentuk panjang.

Saat melakukan pagination, salah satu elemen penting adalah navigasi yang terlihat. Penempatan adalah kunci dalam aspek ini — apakah Anda hanya menambahkan pagination di bagian atas atau bawah halaman?

Jika halamannya panjang dan membutuhkan pengguliran terus-menerus, yang terbaik adalah menambahkan halaman di bagian atas dan bawah.

Karena tujuan pagination adalah untuk memudahkan pengguna untuk menavigasi situs, itu perlu menunjukkan di mana mereka berada dan ke mana mereka bisa pergi selanjutnya.

Pengguna harus dengan mudah mengidentifikasi halaman saat ini, sehingga mereka tahu di mana mereka berada di situs. Ini juga termasuk menambahkan tautan Sebelumnya dan Berikutnya yang dipisahkan dari nomor halaman.

Praktik lain yang baik untuk pagination adalah menambahkan opsi "Pergi ke Halaman". Ini memungkinkan pengguna untuk melompat ke nomor halaman yang diinginkan alih-alih mengklik tautan Berikutnya atau nomor halaman sebelumnya atau berikutnya.

Akhirnya, nomor halaman pertama dan terakhir harus terlihat ...

Ini memberi pengguna gagasan tentang berapa banyak informasi yang dapat mereka peroleh dari situs. Ini juga memungkinkan mereka untuk melompat ke halaman pertama dan terakhir tanpa mengklik halaman lain.

18. SEO dan Mengurangi Tingkat Bouncing

Situs web dengan rasio pentalan yang melewati atap bukanlah berita baik. Tingkat pentalan tinggi dapat menjadi sumber mengapa situs tidak diberi peringkat pada hasil pencarian.

Ketika jumlah pengguna yang memantul dari situs tinggi, Google mendiskreditkan situs web dan mendelegasikan skor rendah yang memengaruhi peringkat.

Jadi, bagaimana Anda mengurangi rasio pentalan situs web?

Kecepatan halaman meningkat: Gunakan Google Test My Site untuk melakukan tes kecepatan seluler cepat dan melihat area mana di situs yang perlu ditingkatkan.

Peningkatan keterbacaan: Ini berarti tidak ada dinding teks dan pemformatan konten yang lebih baik. Gunakan subpos atau poin-poin untuk membuat konten dapat dipindai dan dicerna. Tambahkan citra dan tangkapan layar yang mendukung informasi pada halaman.

Konten segar: Selalu berikan konten segar di situs web. Dengan mempublikasikan konten berkualitas tinggi dan bernilai tinggi, Anda memberikan momentum untuk situs web dan menjaga pengguna diperbarui dengan informasi baru.

Memahami apa itu rasio pentalan ideal adalah langkah pertama untuk mengidentifikasi cara mengurangi pengguna yang meninggalkan situs Anda, dan menjaga pengunjung di situs Anda, terlibat dan siap untuk mengambil tindakan.

19. Alih Bahasa

Bahasa Inggris mungkin bahasa universal, tetapi tidak seuniversal yang Anda pikirkan. Ada perbedaan antara bahasa Inggris Amerika dan Inggris dalam hal ejaan, penggunaan kata, dan ekspresi.

Mengapa penting untuk fokus pada penggunaan bahasa dalam SEO? Sederhana — Anda ingin pengguna dapat terhubung dengan situs web.

Menggunakan bahasa yang sesuai adalah langkah pertama. Salah satu alat yang saya sarankan untuk digunakan adalah Grammarly. Ini memeriksa kesalahan tata bahasa dan ejaan, tanda baca yang tepat, pilihan kata, dan gaya saat menulis. Grammarly juga memungkinkan Anda untuk memilih preferensi bahasa Anda - Bahasa Inggris Amerika, Bahasa Inggris Inggris, Bahasa Kanada Kanada, dan Bahasa Inggris Australia.

20. Bagian HTML5

Versi terbaru dari HTML memiliki elemen semantik yang dapat Anda optimalkan untuk memberikan mesin pencari lebih banyak konteks tentang apa halaman itu.

<article>: Tag ini digunakan untuk menentukan entri blog baru di suatu halaman. Anda dapat menggunakan ini untuk konten yang berubah dari waktu ke waktu, seperti posting blog, posting forum, komentar, atau berita.

Dengan tag ini, Anda memberi sinyal ke mesin pencari untuk fokus pada teks di dalam artikel lebih dari elemen-elemen lain dari situs.

<aside>: Tag ini berfokus pada konten sekunder halaman. Ini memberitahu mesin pencari bahwa konten dengan tag ini penting, tetapi tidak sebanyak konten lainnya pada halaman.

Misalnya, ketika Anda menggunakan tag ini di dalam tag <article>, mesin pencari akan melihatnya dan mencatat relevansinya dengan artikel tersebut, tetapi tidak akan terlalu fokus padanya.

Saat menggunakan tag ini, konten samping harus memiliki relevansi kontekstual dengan konten di sekitarnya.

<nav>: Tag ini memberi tahu mesin pencari bahwa semua tautan yang disertakan dalam tag itu penting untuk bergerak di situs web, itulah sebabnya Anda harus menggunakan ini untuk tautan navigasi utama.

<section>: Tag ini memungkinkan Anda untuk memecah konten menjadi beberapa bagian yang berbeda agar lebih mudah bagi pengguna untuk memindai dan menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Setiap tag bagian harus berisi tag header untuk membantu mesin pencari mengidentifikasi tentang apa bagian spesifik itu dan memahami bagaimana hubungannya dengan konten lain pada halaman.

<footer>: Tag ini menentukan konten yang ditempatkan di bagian bawah atau bagian bawah situs web. Ini berisi informasi hak cipta, informasi kontak, informasi kepengarangan, peta situs, dan tautan ke halaman terkait lainnya. Ini juga memberi tahu mesin pencari konten terlampir
dalam tag tidak sepenting konten di bagian atas halaman.

Dengan menggunakan bagian HTML5 yang sesuai, Anda menabrak dua burung dengan satu batu — yaitu, membuatnya lebih mudah bagi mesin pencari untuk memilah-milah konten situs web dan memberi pengguna pengalaman pengguna yang lancar.

Demikian 20 Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Blog. Berikut ini tips ekstra.

Tampilkan Konten yang Diperbarui

Konten segar adalah salah satu dasar dari Meningkatkan Peringkat Mesin Pencari, tetapi bagaimana dengan konten yang ada di situs?

Meskipun penting untuk menyediakan sebanyak mungkin konten segar, relevan, Anda masih dapat mengisi konten yang ada di situs untuk meningkatkan peringkat.

Salah satu caranya adalah dengan memperbarui potongan-potongan batu penjuru dan yang menghasilkan banyak lalu lintas. Ini menunjukkan situs memiliki informasi baru untuk ditawarkan dan bahwa Anda memelihara situs web secara teratur.

Good Luck and Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading 20 Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Blog | Labels: Tips SEO edit this post

1 komentar on 20 Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

  1. terimakasi nih gan tipsnya, cocok banget buat blogger baru kayak saya

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *