June 24, 2019

9 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

June 24, 2019

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog merupakan isu klasik yang tetap "seksi" dan diminati para blogger, terutama blogger pemula.

9 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Banyak sekali blogger yang baik hati, mau berbagi Cara Meningkatkan Pengunjung Blog. Padahal, bisa jadi itu akan menjadi "senjata makan tuan" --blognya sendiri "dikalahkan" di Indeks Google oleh blogger lain yang menggunakan tips darinya ^_^

Jangan "terlalu percaya" dengan tips SEO blog yang banyak kita baca. Bisa jadi, itu "jebakan". Misalnya, ada blogger yang berbagi tips SEO, namun dia sendiri tidak menerapkan tipsnya. 

Tips SEO Blog tentang Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dijamin bukan jebakan karena ini diterapkan juga oleh Contoh Blog.

9 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

  1. Menggunakan Template yang SEO Friendly 
  2. Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag
  3. Emphasize (Seperti memberi Bold, Italic, Underline, dan lain-lain).
  4. Image alt tag
  5. Outbound link
  6. Konten
  7. URL
  8. Social Media
  9. Promosi Offline

#1 & 2. Menggunakan Template yang SEO Friendly 

Template Blog SEO Friendly artinya template blog yang sudah disetting sedemikian rupa hingga "bersahabat" dengan mesin pencari, terutama Google. 

Dengan menggunakan template SEO Friendly, otomatis Anda dengan mudah menjalankan tips kedua --menyusun Meta Tags (deskripsi blog, judul bloh, dan heading h1, h2, h3). Jadi, setelah install template SEO, jangan lupa isi bagian meta tagnya di Template > Edit HTML. 

#3. Emphasize / Highlight

Penekanan atau memberikan "highlight" pada posting blog, yaitu dengan memberikan bold, italic, underline, memberi warna yang berbeda, dan sebagainya pada kalimat atau kata terpenting pada artikel.

#4. Image Optimization: Title & Alternative Text 

Upload gambar ilustrasi atau foto yang diberi nama (image name/title) yang relevan dengan posting blog. Jangan upload gambar yang, misalnya, bernama img.jpg atau DCSN.jpg dan sejenisnya. Ubah dulu namanya, lalu upload. 

Setelah diupload, klik gambarnya sekali, maka akan muncul tiga menu besar: ukuran, posisi, dan proptertis. Di menu properties itulah muncul title text dan alt text. Keduanya bisa diisi dengan copas judul blog atau ringkasannya.

#5. Outbound Link

Outbound link adalah link yang kita keluarkan, maksudnya link dari blog kita yang mengarah ke blog lain. Contoh terbaik tentang ini adalah posting-posting di website Wikipedia --link menjadi kekuatan/keunggulan Wikipedia. Link pula yang menjadi kekuatan blog.

#6. Konten

Content is King adalah ungkapan populer di kalangan blogger. Intinya, buatlah posting, isi blog, atau artikel yang berkualitas --menarik, penting, dibutuhkan orang, orisinal, unik, bermanfaat, dan sekiranya dicari banyak orang. Konten inilah sebenarnya "top tips" untuk meningkatkan pengunjung blog. 

Salah satu posting yang mendongkrak blog Contoh Blog adalah banyaknya Tips Blog dan Template SEO Friendly yang dibutuhkan banyak blogger. Setidaknya itu kata Alexa dan Google Analytic.

#7. URL - Permalink 

Ini soal permalink. Harus ada keyword di permalink. Caranya, masukkan keyword pada judul posting dan alinea pertama, di tengah, dan di akhir. 

Manfaatkan juga Post Setting di sidebar kanan saat posting, yaity "Permalink" dan "Search Description". Cara gampangnya, bikin judul yang pendek biar masuk semua ke pemalink, dan Copas judul ke "Search Deskription" (Deskripsi Penelusuran).

#8. Social Media

Share atau sebarkan blog dan posting Anda di media sosial (Twitter, Facebook, Instagram, LinkedIn). Kabarnya, algoritma Google terbaru sangat memperhitungkan posting/blog yang banyak dishare oleh user media sosial.

Kita harus aktif juga di forum-forum, sekaligus saling mengenalkan blog kita, seperti gabung dengan Forum Blogger Indonesia. Di sana kita bisa saling berbagi info, share link posting blog, dan sebagainya.

#9. Promosi Offline

Tidak harus bikin spanduk kaya' para caleg, minimal cantumkan blog Anda di kartu nama. Bila perlu bikin stiker berisi alamat blog Anda, lalu tempel di kendaraan pribadi dan tempat-tempat lain yang memungkinkan.

Good Luck! Jayalah Blogger Indonesia! Ayo, gabung di Forum Blogger Indonesia!

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

7 comments on 9 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

  1. Terima kasih ilmunya, oya kalo ganti template pengaruh gak ama trafik???

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak mas, bahkan bisa nambah trafik kalo templatenya jadi lebih SEO, fast, dan responsif...... asal jangan terlalu sering aja, khawatir Google "pusing" :)

      Delete
  2. Terima kasih informasi dan ilmunya gan… Sangat bermanfaat… Ditunggu kunjungan baliknya …
    Tetap semangat update postingannya.. Salam blogger NewBie..

    ReplyDelete
  3. sya cobak baca semua artikelnya gan. oh ya saya udah email . dibaca ya.

    ReplyDelete
  4. terimakasih mas admin CB,berkat mas sekarang saya sudah berhasil menghidupkan kembali blog saya yang sudah lama mati. berkat saran mas di email saya nurrohmatarbagusm@gmail.com.
    Makasih mas, semoga mas mau main ke blog saya yang sederhana >> http://bagussshare.blogspot.com
    saya sangat membutuhkan saran mas yang lainya

    ReplyDelete
  5. terimakasih gan, ilmu yang sangat bermanfaat sekali untuk saya yang baru pemula.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *