Bunda Harus Tahu! Hal- Hal Sederhana yang Harus Dilakukan untuk Persiapan Kehamilan

Bunda Harus Tahu! Hal- Hal Sederhana yang Harus Dilakukan untuk Persiapan Kehamilan

Persiapan Kehamilan

Saat menjalani kehamilan pastinya para ibu hamil memiliki tugas penting selama 9 bulan untuk melindungi dan memberi nutrisi perkembangan janin.

Melakukan persiapan kehamilan memang bukanlah hal yang mudah. So, buat kamu yang sedang mempersiapkan kehamilan dalam waktu dekat, sebaiknya simak beberapa langkah sederhana berikut ini!

Konsumsi Vitamin

konsumsi vitamin

Mengkonsumsi vitamin saat keadaan hamil adalah langkah terpenting agar ibu dan bayi nya selalu sehat, apabila kamu sudah berencana untuk memiliki bayi segera konsumsi minimal 400 mg asam folat setiap harinya. 

Nutrisi ini penting untuk mencegah kelainan tulang belakang dan cacat otak bawaan pada bayi. Kemudian vitamin prenatal sebaiknya dikonsumsi juga, karena mengandung zat besi baik untuk kamu maupun bayi. 

Zat besi ini dapat membantu pembentukan otot-otot bayi, mencegah anemia serta membantu kamu agar tidak mudah lelah dan tetap semangat. Selain itu, kalsium di kandungan vitamin prenatal juga penting untuk kekuatan tulang kamu dan calon bayi serta jantung, saraf dan kelenturan otot.

Konsultasi ke dokter 

Konsultasi ke dokter

Terutama untuk pasangan yang baru menikah sebaiknya rutin melakukan konsultasi ke dokter untuk mengetahui kesehatan calon kedua orang tua. 

Melakukan konsultasi ke dokter OBGYN tentunya kamu akan diberikan saran-saran dan memastikan kondisi kesehatan, memberikan obat atau suplemen. Tak lupa juga kamu harus mempunyai alat test pack untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan.

Jauhi alkohol, rokok dan kafein

ibu hamil kafein

Kamu pasti tahu mengkonsumsi minuman beralkohol, merokok atau minuman yang mengandung kafein tidak baik untuk ibu hamil. 

Sebaiknya dihentikan terlebih dahulu karena akan beresiko keguguran dan untuk bayi yang lahir akan mengalami cacat fisik serta gangguan tumbuh kembang bayi.

Cara mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang

makanan bergizi dan seimbang

Perhatikan kembali jenis makanan atau minuman yang masuk ke dalam perutmu dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang. 

Caranya, seperti biasa, konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, minuman susu dan rendah lemak, kemudian konsumsi vitamin A, D, E dan K serta tidak lupa juga konsumsi ikan. 

Namun hindari ikan yang berpotensi mengandung merkuri dalam kadar tinggi contoh, ikan tuna. 

Hindari depresi 

Hindari depresi

Masalah yang satu ini harus dihindari banget! Karena akan mempengaruhi kesuburan pasangan suami istri. 

Umumnya depresi lebih banyak dialami oleh kaum hawa sehingga bisa menyebabkan keguguran. Jika kamu mulai mengalami gangguan depresi seperti murung, tidak bergairah, insomnia, tidak nafsu makan dan lemas segeralah konsultasi ke dokter. 

Berolahraga

olahraga

Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, usia lanjut hingga ibu hamil memang wajib melakukan olahraga. 

Tetapi untuk ibu hamil cukup lakukan olahraga ringan 30 menit perhari contohnya seperti, berjalan kaki bersama suami, bersepeda, yoga, atau berenang. 

Infeksi 

infeksi

Waspadai dengan hal yang satu ini, infeksi bagi wanita yang tengah mengandung atau merencanakan kehamilan umumnya disebabkan oleh makan - makanan ikan atau daging mentah, telur setengah matang dan jus yang tidak dipasteurisasi. 

Karena mengandung bakteri E-coli atau salmonella, makanan tersebut merupakan salah satu sarang bakteri yang mengakibatkan keguguran pada janin. Pastikan jangan lupa untuk mencuci tangan saat menyiapkan makanan. 

Jauhi kucing atau hewan yang terkontaminasi toksoplasmosis karena hal ini akan berbahaya bagi perkembangan janin. 

Menjaga berat badan

berat badan

Jika kamu sedang hamil sebaiknya perhatikan berat badan. Tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk bisa mempengaruhi program kehamilan, karena hal ini akan berdampak pada sistem reproduksi hormon kesuburan pada setiap bulannya. 

Mempunyai berat badan terlalu kurus juga akan sulit untuk hamil dan kelebihan berat badan berisiko hipertensi atau diabetes. 

Itulah beberapa ulasan di atas tentang hal - hal sederhana yang harus dipersiapkan untuk program kehamilan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para calon ibu!

Thanks for reading Bunda Harus Tahu! Hal- Hal Sederhana yang Harus Dilakukan untuk Persiapan Kehamilan | Labels: Ragam edit this post
0 Komentar untuk "Bunda Harus Tahu! Hal- Hal Sederhana yang Harus Dilakukan untuk Persiapan Kehamilan "

Contact Form

Name

Email *

Message *