Pengertian Webinar dan Contohnya

Pengertian Webinar dan Contohnya

Pengertian Webinar dan Contohnya

Publisher Google AdSense kemungkinan besar mengikuti webinar tentang "6 Tips mengoptimalkan situs di Google Search", Rabu, 4 September 2019, 12:30 - 13:30 WIB.

Webinar yang digelar di Youtube ini mengundang para bloger penayang Google AdSense. "Rekan Publisher yang terhormat, Webinar ini akan segera dimulai pukul 12.30WIB," demikian email dari AdSense.

"Mari bergabung bersama pembicara kami langsung dari tim Google Search untuk membahas langkah mengoptimalkan situs Anda di halaman pencarian Google".

Bagi Anda yang mengikuti webinar tersebut, tentu sudah paham sekaligus mengalami ikut webinar. Lalu apa sebenarnya webinar?

Pengertian Webinar

Webinar merupakan singkatan dari dua kata, yakni "web" atau "website" dan "seminar" sehingga disingkat menjadi "webinar".

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), seminar adalah pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli (guru besar, pakar, dan sebagainya).

Menurut Webopedia, webinar adalah singkatan untuk seminar berbasis web (web-based seminar). Webinar adalah presentasi, ceramah, lokakarya, atau seminar yang dilakukan melalui Website dengan menggunakan perangkat lunak konferensi video.

Fitur utama dari Webinar adalah elemen interaktifnya adalah kemampuan untuk memberi, menerima, dan mendiskusikan informasi secara real-time.

Dengan menggunakan perangkat lunak Webinar, peserta dapat berbagi audio, dokumen, dan aplikasi dengan peserta webinar.

Ini berguna ketika host webinar mengadakan sesi kuliah atau informasi. Ketika presenter berbicara, mereka dapat berbagi aplikasi dan dokumen desktop.

Saat ini, banyak layanan webinar menawarkan opsi streaming langsung atau kemampuan untuk merekam webinar Anda dan mempublikasikannya ke YouTube dan layanan lainnya nanti.

Menurut Kamus Bisnis,  webinar adalah presentasi edukatif, informatif atau instruksional yang disediakan secara online, biasanya sebagai video atau slide dengan audio.

Webinar dapat mengambil bentuk kuliah akademis atau beberapa jenis presentasi lain, seperti rapat bisnis. Karena peserta webinar terhubung secara online, mereka dapat menggunakan teknologi berbasis internet untuk berkomunikasi melalui instant messaging, file sharing, menggunakan papan tulis kolaboratif, dan berinteraksi melalui situs media sosial.

Jadi, Webinar itu adalah suatu seminar, presentasi, pengajaran ataupun workshop yang dilakukan secara online.

Webinar itu sejenis pertemuan tatap muka secara online melalui media internet yang dapat diikuti atau dihadiri oleh banyak orang yang berada di lokasi berbeda-beda, di seluruh dunia.

Perangkat dan Contoh Webinar

Untuk mengikut sebuah webinar, kita harus siapkan perangkatnya, yaitu komputer (laptop) atau minimal  smartphone, browser, koneksi internet, speaker aktif atau headset

Anda juga harus siapkan email aktif jika sebuah webinar mensyaratkan pendaftaran.

Berikut ini contoh webinar yang digelar Google pada 4 September 2019.

Contoh Webinar



Demikian Pengertian Webinar dan Contohnya. Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Pengertian Webinar dan Contohnya | Labels: Bisnis Online, Internet, Website edit this post
0 Komentar untuk "Pengertian Webinar dan Contohnya"

Contact Form

Name

Email *

Message *