Akun Media Sosial yang Wajib Dimiliki Blogger

Media sosial adalah laman atau aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat membuat dan berbagi isi atau terlibat dalam jaringan sosial (KBBI).

Akun Media Sosial yang Wajib Dimiliki Blogger


Media sosial (social media) seperti Facebook dan Twitter berperan besar dalam meningkatkan pengunjun blog.

Bahkan, salah satu tips mempercepat indeks mesin pencari dan popularitas blog adalah dengan mempromosikan atau membagikan link blog di media sosial.

Jumlah media sosial sangat banyak. Namun, terpopuler ada lima, yaitu Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan Linkedin. Kelima media sosial itulah yang harus dipunyai seorang bloger.

Akun Media Sosial yang Wajib Dimiliki Blogger

Berikut ini akun media sosial yang wajib dimiliki blogger (bloger) dan dipasang di sidebar atau di menu header/footer untuk meningkatkan follower dan interaksi dengan pembaca.

1. Facebook

Facebook masih menjadi media sosial terpopuler atau paling banyak digunakan di dunia. Di Indonesia, Facebook menempati posisi tiga besar setelah Youtube dan WhatsApp, diikuti Instagram, Line, dan Twitter.

Akun Facebook yang harus kita buat sebagai blogger adalah akun pribadi (personal) dan akun halaman (Fan Page).

Tiap kali posting, bagikan postingan itu di kedua akun tersebut. Kita bisa share secara manual, atau bisa menggunakan tools share otomatis seperti dlvr.it.

2. Twitter

Twitter adalah microblogging, yaitu blog mini dalam arti tempat berbagi info dalam jumlah karakter terbatas (280 karakter).

Informasi peristiwa terkini juga hal-hal yang trending dan viral ada di Twitter dengan fitur tagar (hashtag). Blogger wajib punya akun Twitter untuk membagikan postingan sekaligus berinteraksi dengan para pengguna lainnya.

Kita juga bisa gunakan dlvr.it untuk share posting ke Twitter secara otomatis. Versi gratisnya dibatasi tiga artikel per hari.

3. Instagram

Instagram tergolong media sosial baru yang langsung "ngehits" berkat keunggulan konten foto dan video, plus dipopulerkan selebritas.

Sayangnya, kita belum bisa share otomatis postingan blog ke Instagram. Kita hanya bisa memposting artikel baru di IG secara manual dengan menyertakan link.

4. Youtube

Youtube belum tergoyahkan sebagai media sosial berbagi video, meski bermunculan situs berbagi video yang baru.

YouTube tercatat menjadi aplikasi media sosial yang paling banyak digemari di Indonesia. Di Alexa, Youtube menempati posisi dua setelah Google dalam Top Sites.

Seperti halnya IG, kita belum bisa share otomatis postingan blog ke Youtube. Kita harus membuat video menarik dan menyertakan link blog di keterangan dan di profil.

5. Linkedin

Linkedin adalah media sosial para profesional atau kalanan pekerja. Kita bisa memanfaatkan Linkedin untuk promosi blog dan mengundang pengunjung. Kita bisa repost artikel di blog kita di fitur artikel (post) di Linkedin.

Jangan lupa, pasang link media sosial di sidebar, footer, atau di bagian mana saja yang pas dan mudah dilihat pengunjung blog.

Akun Media Sosial yang Wajib Dimiliki Blogger

Selain kelima media sosial yang wajib dimiliki blogger di atas, medsos lainnya adalah Pinterest. Kita bisa bagikan postingan blog kita di sana dengan menyediakan tombol berbagi ke Pinterest.

Itu dia Akun Media Sosial yang Wajib Dimiliki Blogger. Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Akun Media Sosial yang Wajib Dimiliki Blogger | Labels: Media Sosial edit this post
Author Image

About CB Blogger
Contoh Blog --sebut saja CB -- Panduan Blogging untuk Pemula - Tips SEO, Desain, Template SEO Friendly, Cara Membuat Blogger Keren, Google Adsense, dll. Subscribe! to get update via email.

0 Komentar untuk "Akun Media Sosial yang Wajib Dimiliki Blogger"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top