Tips SEO: Cara Meraih Peringkat #1 di Google

Meraih peringkat nomor satu di Google menjadi idaman setiap bloger, juga internet marketer dan pemiliki website pada umumnya.

Cara Meraih Peringkat #1 di Google

Postingan blog atau artikel di website yang ada Peringkat #1 di Google potensial mendapatkan kunjungan terbanyak.

Sayangnya, peringkat tinggi di halaman hasil pencarian Google (SERP) jarang terjadi secara kebetulan.

Bahkan, penulis konten atau internet marketer yang paling terampil dan berpengetahuan luas pun harus berjuang untuk mendapatkan tempat teratas.

Meskipun tidak ada cara untuk benar-benar menjamin peringkat tinggi, posting ini akan melihat beberapa strategi yang dapat digunakan siapa pun untuk secara serius meningkatkan peluang mereka mengklaim tempat #1 di Google itu.

Cara Meraih Peringkat #1 di Google

1. Niche

Bagian dari sukses di SEO adalah memahami lanskap kompetitif. Sebagai pemilik usaha kecil, Anda tidak ingin bersaing dengan organisasi besar yang memiliki anggaran pemasaran yang tampaknya tidak terbatas.

Meskipun selalu ada kesempatan Anda dapat mengungguli mereka, lebih besar kemungkinan Anda hanya akan membuang-buang waktu dan uang Anda.

Inilah sebabnya mengapa begitu penting untuk masuk ke "ceruk pasar" (niche). Inilah yang saya maksud dengan ini: Alih-alih mencoba bersaing dengan perusahaan besar untuk kata kunci yang sangat populer (dan biasanya lebih umum), menelusuri dan menjadi "ikan besar di kolam kecil."

Ingat, ini sering kali berarti mengubah fokus bisnis Anda dari produk atau layanan yang lebih umum ke yang lebih spesifik.

Misalnya, alih-alih secara eksklusif menawarkan layanan renovasi rumah umum, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengkhususkan diri dalam "renovasi kamar mandi satu hari" atau "makeover dapur khusus."

Frasa kata kunci yang lebih spesifik ini kemungkinan akan jauh lebih mudah untuk diperingkat, yang berarti Anda dapat mulai memeringkat lebih cepat.

2. Pilih kata kunci yang realistis.

Siapa pun bisa mendapatkan posisi teratas di Google, jika mereka menargetkan kata kunci yang tepat.

Sebagai contoh, jika saya mengoptimalkan halaman untuk "boneka wubbie nubbie biru," saya mungkin bisa meraih pemberhentian teratas dalam beberapa hari. Namun (dan itu besar namun), apakah saya benar-benar ingin peringkat untuk frasa ini? Mungkin tidak, mengingat itu bahkan bukan produk nyata.

Maksud saya adalah ini: Jika Anda memilih kata kunci yang cukup tidak jelas, mudah peringkatnya.

Tentu saja, kami tidak ingin peringkat untuk kata kunci yang tidak jelas; kami ingin memberi peringkat untuk kata kunci yang sebenarnya dicari orang. Permintaan nyata yang diketik seseorang di browser mereka.

Dengan menggunakan alat seperti Perencana Kata Kunci Google atau KeywordTool.io, cari kata kunci yang relevan yang memiliki jumlah pencarian yang layak, tetapi sedikit kompetisi.

Setelah situs web Anda memiliki otoritas yang sedikit lebih banyak dan Anda memberi peringkat untuk sejumlah kata kunci yang lebih mudah, Anda selalu dapat beralih ke kata kunci yang lebih kompetitif yang akan memberi Anda lebih banyak lalu lintas.

3. Optimalkan setiap bagian konten untuk kata kunci Anda.

Inilah saatnya menggunakan kata kunci (keywords) itu di tempat-tempat strategis di halaman Anda.

Meskipun Anda tentu tidak ingin terlalu sering menggunakan kata kunci, penting untuk menggunakannya dalam berbagai cara di dalam konten Anda.

Yang paling penting, fokuslah untuk menggunakannya di:
  • URL: Misalnya, alih-alih www.yoursite.com/sh8xks6.htm, gunakan www.yoursite.com/your-keywords-here.
  • Tag judul. 
  • Judul: H1, H2, dll.
  • Alt tag gambar dan keterangan gambar, jika perlu.
  • Sepanjang konten Anda.

Ingatlah bahwa Google (dan pembaca Anda) menyukai konten komprehensif (lengkap) yang melakukan pekerjaan dengan baik untuk membahas topik yang sedang dibahas.

Jadi, walaupun penting untuk menggunakan kata kunci Anda di suatu tempat di konten Anda, itu bukan pengganti untuk menulis konten yang lebih panjang dan lebih mendalam yang benar-benar sesuai dengan topik.

4. Tambahkan banyak konten ke situs Anda.

Menurut Content Marketing Institute, 88% perusahaan B2B sekarang menggunakan pemasaran konten sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka secara keseluruhan.

Ini melibatkan penggunaan berbagai jenis konten - posting blog, buletin, webinar, infografis, video, dll. - untuk menarik pelanggan potensial.

Jika Anda ingin mendapatkan peringkat teratas di Google, Anda harus menambahkan konten baru ke situs Anda secara teratur.

Tapi jangan hanya menambahkan konten demi konten; tambahkan konten bermanfaat dan berkualitas tinggi yang benar-benar memberikan nilai kepada pelanggan dan prospek Anda.

Konten ini akan membantu Anda meningkatkan peringkat Anda dengan dua cara utama.

Pertama, lebih banyak konten berarti lebih banyak kata kunci, dan karenanya lebih banyak peluang bagi Google untuk mengembalikan situs Anda dalam hasil pencarian.

Kedua, semakin banyak konten yang Anda miliki, semakin banyak tautan yang umumnya Anda kumpulkan. Plus, memiliki banyak konten sangat bagus untuk membuat pengunjung tinggal di situs Anda lebih lama. Menang-menang!

5. Dapatkan tautan ke situs Anda.

Tautan (links) --terutama backlink-- terus memainkan peran penting dalam hal SEO.

Faktanya, menurut laporan Mozilla Search Engine Ranking Factor 2015, inbound link adalah elemen terpenting untuk mencapai peringkat tinggi.

Beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk memperoleh tautan ke situs Anda meliputi:
  • Menambahkan situs Anda ke direktori bisnis lokal dan meninjau situs seperti Yelp, TripAdvisor, dan Google Bisnisku.
  • Menulis posting tamu (guest post) di situs populer di niche Anda. Bahkan jika Anda tidak mendapatkan tautan yang diikuti di pos atau bio Anda, peningkatan visibilitas yang Anda dapatkan membuatnya bermanfaat.
  • Membuat konten yang selalu hijau yang ingin ditautkan oleh blogger dan jurnalis lainnya (mis., Posting How-to, tutorial, panduan, dll.)
  • Mencari tautan rusak di situs industri, dan meminta mereka menggantinya dengan tautan ke situs Anda.

Tidak ada cara pasti untuk mendapatkan peringkat # 1 di Google. Namun, menargetkan kata kunci dan audiens yang tepat dapat secara signifikan meningkatkan peluang Anda.

Ikuti itu dengan membuat dan mempromosikan banyak konten yang dioptimalkan dengan baik, dan Anda siap melakukannya! Peringkat teratas itu bisa terjadi jauh lebih cepat daripada yang Anda pikirkan.

Tips SEO: Cara Meraih Peringkat #1 di Google

Tips Lainnya

Cara meraih peringkat pertama di Google atau meningkatkan trafik blog lainnya dikemukakan laman Thunder Quote.

Tidak jauh berbeda dengan tips lainnya, Thunder menekankan 4 cara berikut ini:

Kiat # 1- Gunakan kata kunci

Kita perlu menggunakan kata kunci yang relevan yang diinput audiens yang menjadi target kita ke dalam mesin pencari Google.

Bagaimana mengetahui kata kunci yang harus digunakan? Untuk mengidentifikasi kata kunci yang sedang tren atau dicari ini, Anda dapat mengunjungi platform media sosial yang sering dikunjungi segmen pasar target Anda untuk melihat apa kata atau frasa yang mereka gunakan.

Anda juga dapat menggunakan Google Trends. Google tren menunjukkan kepada Anda apa kata-kata populer pada suatu titik waktu tertentu. Jika Anda melihat tren penurunan popularitas kata kunci tertentu, Anda mungkin tidak boleh mengadopsi kata kunci dalam posting blog Anda.

Kiat # 2- Penyisipan kata kunci di seluruh bagian postingan

Kata kunci utama Anda juga harus muncul dalam judul, judul dan subjudul, URL jika memungkinkan, teks alt gambar (mesin pencari tidak dapat membaca gambar), deskripsi meta.

Tip # 3- Backlinks - Internal dan Eksternal

Tautan balik mengacu pada tautan yang mengarahkan pembaca dari halaman lain ke situs Anda. Ada 2 jenis backlink - Internal dan Eksternal.

Tautan balik internal adalah tautan ke pos terkait sebelumnya di situs yang sama untuk navigasi yang lebih mudah dan informasi lebih lanjut. Backlink eksternal, di sisi lain, adalah tautan dari situs eksternal dan ini berkontribusi pada kredibilitas situs Anda karena Anda sedang dirujuk.

Beberapa contoh yang lebih umum untuk membuat backlink meliputi share ke media sosial dan berpartisipasi dalam komunitas online.

Kiat # 4- Tulisan panjang, namun mudah dibaca

Mesin pencari lebih suka posting yang lebih panjang. Semakin lama posting Anda, semakin tinggi peluang Anda muncul di pencarian teratas. Alasannya sederhana. Semakin lama posting Anda, semakin banyak petunjuk mesin pencari untuk mengidentifikasi tentang apa posting Anda.

Posting blog yang ideal harus memiliki sekitar 1000 kata untuk memastikan kata kunci yang cukup untuk mendapat peringkat tinggi di mesin pencari!

Anda dapat melakukan ini dengan menjaga paragraf Anda pendek --gunakan lebih banyak spasi, gunakan kalimat pendek.

Anda juga dapat menggunakan poin berpoin dan bermain-main dengan font untuk membuat posting Anda lebih mudah dibaca. Mengingat bahwa orang cenderung membaca saat bepergian, pos-pos semacam itu akan membuatnya lebih ramah mata.

Demikian Tips SEO: Cara Meraih Peringkat #1 di Google.

Last but not least, untuk blog Blogger, jangan lupa gunakan desain, tema, atau template blog SEO Friendly sehingga blog mudah dan cepat terindeks dan diperingkat Google.

Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Sumber

Thanks for reading Tips SEO: Cara Meraih Peringkat #1 di Google | Labels: Tips SEO edit this post
Author Image

About CB Blogger
Contoh Blog --sebut saja CB -- Panduan Blogging untuk Pemula - Tips SEO, Desain, Template SEO Friendly, Cara Membuat Blogger Keren, Google Adsense, dll. Subscribe! to get update via email.

2 komentar on Tips SEO: Cara Meraih Peringkat #1 di Google

  1. Artikel yang bagus, jadi menambah motivasi saya dalam dunia blog, maklum, saya masih newbie..

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top