Pengertian Breadcrumb: Apakah Penting bagi SEO Blog?

Pengertian Breadcrumb, Sejarahnya, dan Fungsinya bagi SEO Blog.

Breadcrumbs atau breadcrumb adalah navigasi berupa link di atas judul posting blog. Biasanya, salah satu elemen SEO ini berisi link ke halaman depan (Home), halaman label (Nama Label), dan Judul Tulisan.

Template bawaan Blogger tidak menyediakan breadcrumb yang merupkan internal link dalam sebuah blog ini. Jadi, kita harus membuat atau menambahkan sendiri dengan mudah. (Baca: Cara Memasang Breadcrumb).

Di halaman pembuat plugin SEO Wordpress, Yoast, digambarkan fungsi breadcrumb. Mesin pencari Google tampak merambah (crawling), kemudian mengindeks dan memeringkat sebuah blog atau website.

Breadcrumb Penting bagi SEO Blog

breadcrumb

Pengertian Breadcrumb

Secara bahasa, breadcrumb artinya remah roti. Menurut Yoast, breadcrumb adalah bagian penting dari hampir setiap situs web yang bagus.

Alat bantu navigasi kecil ini tidak hanya memberi tahu orang-orang di mana mereka berada di situs Anda, tetapi mereka juga membantu Google mengetahui bagaimana situs Anda disusun.

Itu sebabnya sangat masuk akal untuk menambahkan petunjuk kecil yang bermanfaat ini. Mari kita lihat bagaimana cara navigasi breadcrumb bekerja.

Breadcrumb adalah jalur teks kecil, sering terletak di bagian atas halaman yang menunjukkan di mana pengguna berada di situs. Jejak breadcrumb ini segera menunjukkan di mana Anda berada. Setiap langkah dari jalur itu dapat diklik, sepenuhnya kembali ke beranda.

Tetapi mengapa bantuan navigasi ini disebut breadcrumb?

Ketika Hansel dan Gretel pergi ke hutan, Hansel menjatuhkan potongan roti ke tanah, sehingga mereka bisa menemukan jalan pulang jika mereka tersesat. Breadcrumb ini akhirnya menjadi model untuk breadcrumb yang kita lihat di situs web atau blog hari ini.

Anda dapat melihat breadcrumb dengan jelas di Google. Breadcrumbs juga muncul di hasil pencarian Google.

Fungsi Breadcrumb

Berikut ini fungsi breadcrumb di halaman blog:

1. Meningkatkan pengalaman pengguna. 

Melalui breadcrumb, Anda dapat mengetahui sedang berada dimana saat ini di website tersebut. Breadcrumb menunjukkan jalur yang sudah Anda lalui sampai di halaman web sekarang ini.

Dijamin Anda tidak akan tersesat untuk kembali ke bagian atau halaman web sebelumnya. Ini akan memberikan pengalaman pengguna (user experience) yang lebih baik. Anda tidak harus menggunakan tombol Back yang ada.

2. Disukai mesin pencari.

Mesin pencari seperti Google juga menggunakan breadcrumb untuk mengenali struktur dari sebuah website.

Google juga akan menyertakan breadcrumb di hasil pencarian (SERP) bila Anda menambahkan data terstruktur. Breadcrumb adalah fitur tambahan yang secara positif dapat mempengaruhi peringkat website Anda.

3. Mengurangi Bounce Rate

Pengunjung datang dan membuka sebuah halaman blog atau website bisa melalui hasil pencarian search engine (SERP).

Setelah di dalam dan mendapati halaman web tidak memenuhi kebutuhan, visitor dapat menggunakan breadcrumb, selain menu navigasi dan kotak pencarian, untuk ke halaman web lain di website Anda. Breadcrumb dapat mengurasi rasio pentalan (bounce rate) karena menjadi cara alternatif ke bagian lain di website Anda.

Apakah Breadcrumb Penting bagi SEO Blog? 

Dari uraian di atas, jawabannya: Ya, Breadcrumb Penting bagi SEO Blog!

Pentingnya breadcrumb dibuktikan dengan adanya da notifiksi dari Google ketika breadcrumb blog kita error.

Breadcrumb juga ada di Google Search Console dan ada di Panduan SEO Google.

Kini Anda sudah paham apa itu breadcrumb dan manfaatnya buat SEO blog. Anda sudah pasang di blog? Jika sudah ada dan error, sudah diperbaiki?

Good Luck and Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Pengertian Breadcrumb: Apakah Penting bagi SEO Blog? | Labels: Tips SEO edit this post
0 Komentar untuk "Pengertian Breadcrumb: Apakah Penting bagi SEO Blog?"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top