March 11, 2020

Cerita Seputar Pembuatan dan Pengelolaan Contoh Blog

March 11, 2020

Contoh Blog (CB) adalah blog tentang blogging (metablog) yang dibuat "tidak sengaja" oleh CB Blogger. Namun, kontennya bukan hanya tentang blogging.

Contoh Blog


Berawal dari Johny Wusss Template

Tahun 2014, admin dengan nama CB Blogger, dengan akun Gmail cbblogger2014@gmail.com, membuat blog di Blogger dengan alamat contohblognih.blogspot.com dengan maksud menguji coba template blog legendaris buatan Maskolis, Johny Wusss.

CB pun mendesain ulang template Johny Wuss menjadi New Johny Wuss (NJW) dan dibagikan secara gratis.

Johny Wusss Blogger Template

Kata "nih" digunakan di belakang contohblog, karena nama domain contohblog sudah digunakan bloger lain.

Eh... rupanya template template Johny Wusss menang ramah mesin pencari. Dengan posting alakdarnya, sembarang posting bahkan, ternyata banyak pengunjung yang datang. Niche yang dipilih --sebagaimana bloger newbie pada umumnya-- adalah tentang blogging.

Blog tentang blogging dikenal dengan sebutan "metablog" (a blog about blogs) atau "metablogging". Ibaratnya, jeruk berbicara tentang jeruk. Bukan jeruk makan jeruk lho ya!

Custom Domain Contoh Blog

Karena banyak pembaca, maka CB Blogger pun termotivasi untuk membuat contohblognih.blogspot.com lebih "diseriuskan".

Selain berusaha konsisten update posting, CB Blogger juga melakukan custom domain.

Awalnya, nama domain contohblog.com sudah digunakan orang lain. Kayaknya sih, dulunya mau jadi blog berisi contoh-contoh blog dari berbagai niche atau beragam topik. Semacam blog review gitu deh.

Suatu ketika, CB coba lagi buka contohblog.com. Alhamdulillah, sudah tidak aktif. Segera saja CB buka situs provider domain untuk mendaftarkannya dan... nama domain contohblog.com berhasil didapat!

Awalnya CB akan fokus ke tips blogging --template, desain, widget, SEO, adsense, dan semua hal terkait blog, blogger, dan blogging. Tagline atau slogannya pun "Your Blogging Inspirations".

Namun, mengingat ini mengusung nama Contoh Blog, maka CB juga tidak ragu untuk menulis konten non-blogging atau di luar niche blog.

Dalam label Ragam dan Tulisan Lepas, juga label lain seperti Internet dan Komputer, CB juga membuat postingan denan tema lain. Hal ini membuat Contoh Blog menjadi "blog gado-gado" yang dikenal dengan istilah General Blog.

Trafik atau tingkat kunjungan ke blog ini fluktuatif, naik-turun, di kisaran 4000 - 15.000 saja, namun sempat bertahan cukup lama di kisaran 20.000 - 24.000. Trafik sekecil ini tidak cukup untuk mendatangkan penghasilan AdSense secara signifikan.

Metablog is Dead?

Belakangan, blog dengan niche blogging (metablog) kian tenggelam oleh gempuran situs-situs besar, mulai situs berita hingga situs penyedia domain-hosting.

Situs berita dan provider domain-hosting rupanya turut "membunuh" banyak blog dengan keterlibatan mereka dalam menulis artikel tentang blogging.

Harusnya, situs berita apalagi provider domain-hosting mau menahan diri untuk tidak ikut-ikutan membuat konten bertema blogging yang menjadi "wilayah kekuasaan" para blogger.

Itu saja cerita singkat Seputar Pembuatan dan Pengelolaan blog Contoh Blog dengan alamat www.contohblog.com ini. Good Luck & Happy Blogging!

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Cerita Seputar Pembuatan dan Pengelolaan Contoh Blog

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *