Twitter Uji Coba Fitur Stories, Tagar #RIPTwitter Trending

Twitter Uji Coba Fitur Stories, Tagar #RIPTwitter Trending

Twitter melakukan uji coba fitur stories layaknya Instagram dan Facebook. Banyak pengguna Twitter (Tweeps) tak suka. Tagar #RIPTwitter pun trending.

Pendukung #RIPTwitter, adanya fitur stories membuat media sosial berbagi info terkini ini tidak ada bedanya dengan medsos lain yang menjadi ajang "pamer".

Twitter meluncurkan uji coba fitur stories yang diberi nama Fleets di Brazil, Rabu (4/3/2020). Nama Fleets sendiri memiliki makna "cepat" dalam bahasa Indonesia.

Diberi nama Fleets karena unggahan pada fitur tersebut bertahan dalam waktu 24 jam dan kemudian hilang dengan sendirinya. 

Para pengguna justru meminta Twitter untuk menghadirkan fitur Edit Post yang dinilai lebih berguna (untuk mengedit typo tulisan atau lainnya) dibandingkan fitur stories.

Melansir dari The Verge, Twitter sudah mengembangkan fitur ini sejak tahun 2019 lalu. Mereka menilai fitur stories kini sangat digemari karena bisa merekam kejadian lebih real dan cepat. 

Dilansir Tech Crunch, Kamis (5/3/2020), fitur strories Twitter tidak memungkinkan unggahan direspons orang lain. Jadi, respons seperti Likes, Retweet, atau Reply tidak berlaku di konten ini. Kita hanya bisa melihatnya tanpa bisa memberikan tanggapan apa pun.

Nantinya, konten Fleets juga tidak dapat dilihat di linimasa, layaknya tweet biasa, termasuk dicari lewat kolom pencarian. 

Untuk dapat melihat Fleets seseorang, pengguna harus mengetuk avatar si pengunggah.

Meski mirip Stories, fitur ini disebut tetap menggambarkan fungsi utama Twitter untuk berbagi teks. Karenanya, pengguna masih bisa mengunggah foto, GIF, atau video, tapi fitur edit tidak tersedia.

Menurut Product Lead Twitter Kayvon Beykpour, fitur ini hadir untuk menjawab kebutuhan pengguna yang merasa kurang nyaman mempublikasikan pikirannya lewat cuitan.

"Ada beberapa pengguna yang merasa tidak nyaman mencuitkan sebuah twit karena dapat dilihat dan dibalas oleh siapa saja, terasa permanen dan diukur performanya (seperti banyaknya Likes dan Retweets yang didapat)," tulisnya lewat akun @kayvz.

Kayvon juga mengakui, fitur ini memang terasa mirip dengan format yang ada di Stories. Namun dia menuturkan, ada beberapa perbedaan yang membuat Fleets tetap fokus pada berbagi dan melihat pemikiran orang-orang.





Thanks for reading Twitter Uji Coba Fitur Stories, Tagar #RIPTwitter Trending | Labels: Media Sosial edit this post
0 Komentar untuk "Twitter Uji Coba Fitur Stories, Tagar #RIPTwitter Trending"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top