5 Pilar Utama Teknik SEO Terbaru 2019

5 Pilar Utama Teknik SEO Terbaru 2019

Teknik SEO Terbaru untuk tahun 2019 ini menurut CB tidak jauh berbeda dengan tips seo tahun-tahun sebelumnya.


Teknik SEO Terbaru

Dari berbagai jenis algoritma Google, kita bisa menyimpulkan, inti sistem perambahan, indeks, dan pemeringkatan Google sebenarnya fokus ke isi, tulisan, artikel, postingan, atau konten blog (website) dan link (tautan).

Konten dan link itu yang selama ini menjadi sasaran Google dan mesin pencari lainnya dalam crawling, indexing, dan ranking di hasil pencarian (SERP).

Simak saja ulasan Search Engine Land yang menyebutkan, dari 200 faktor seo, sebenarnya bisa diringkas menjadi tiga saja, yaitu konten, link, dan rankbrain (konten dan link), sebagai 3 top search ranking factors.

Konten dan link berkualitas rendah akan terkena sapuan algoritma Google, turun peringkat, bahkan dikeluarkan dari indeks (deindex).

Sebaliknya, jika konten dan linknya berkualitas, maka Google akan memberinya reward dengan peringkat (ranking) yang lebih baik.

Pengertian SEO

SEO --singkatan dari Search Engine Optimization-- adalah pengoptimalan mesin telusur dengan melakukan optimasi atau optimalisasi desain blog dan kontennya agar mudah dirambah, diindeks, dan diperingkat dengan baik oleh mesin pencari, khususnya Google.

Secara praktis, SEO adalah trik untuk memudahkan mesin telusur dalam perambahan (crawling), pengindeksan (indexing), dan pemeringkatan (ranking).

Tujuan utama SEO adalah mendapatkan lalu-lintas pengguna (trafik) tinggi atau banyak pengunjung (visitors).

Disebutkan, Google menggunakan banyak faktor untuk menentukan kredibilitas sebuah website/blog, sebelum ditempatkan di halaman hasil pencarian (SERP, Search Engine Results Page).

Dari sekian banyak fakto seo, jika disimpulkan akan menjadi lima pilar yang akan kita bahas dalam postingan ini.

5 Pilar Utama Teknik SEO Terbaru 2019

Lima pilar utama SEO menurut CB ada lima. Masing-masing memerlukan penerapan sehingga jika diuraikan sebenarnya akan menjadi banyak juga.

Pilar SEO #1. Konten berkualitas
Menulis konten berkualitas sebenarnya bukan teknik seo terbaru, melainkan teknik seo dasar sebagaimana diuraikan dalam Pedoman Pengoptimalan Mesin Telusur.

Konten adalah raja. Content is King! Konten (isi, tulisan, artikel, atau postingan) yang menarik dan bermanfaat akan memberikan pengaruh yang lebih besar bagi situs Anda dibandingkan dengan faktor seo lain.

Algoritma Google Panda, Penguin, dan jenis algoritma lainnya sama-sama "merazia" blog atau situs yang berkualitas rendah. Kontennya minim, dangkal, dan tidak atau kurang bermanfaat bagi pembaca.

Maka, teknik seo terbaik sepanjang masa adalah menulis artikel berkualitas, asli, unik, orisinal, lengkap, mendalam, detail, jika perlu lengkapi dengan gambar dan video.

Silakan baca ulasannya: content will always be king!

Jangan lupa melakukan update posting. Perbarui posting secara berkala dan dalam waktu yang tetap. Tentukan jadwal posting yang pasti. Setiap posting baru usahakan memiliki minimal 1 link ke artikel sebelumnya.

Update posting akan membuat konten menjadi terbarukan dan ini disukai Google.

Untuk menghasilkan konten berkualitas, dari segi fisik (tampilan), teks harus mudah dibaca. Pengguna menyukai konten yang ditulis dengan baik dan mudah dibaca.

Kecerobohan dalam menulis teks --sehingga menimbulkan banyak kesalahan ejaan dan tata bahasa-- harus dihindari, karena akan menurunkan kredibilitas blog di mata pengguna dan mesin pencari.

Tulisan harus memiliki sistematika atau strukktur yang baik, mulai dari pendahuluan, pembahasan, hingga kesimpulan.

Konten yang rapi akan sangat membantu pengunjung, karena mereka dapat menerka mana awal sebuah topik konten dan mana akhirnya. 

Pilar SEO #2 Link
Link merupakan pilar utama dalam teknik seo sejak dulu. Link membuat sebuah tulisan "tidak sendirian" di dunia maya (internet), tapi berkawan atau terkait dengan postingan lain, di blog sendiri maupun di blog orang lain.

Link juga membuat informasi kian lengkap dengan adanya rujukan atau tambahan informasi.

Dalam teknik seo, kita mengenal link internal dan link eksternal. Link internal adalah tautan yang mengarah ke halaman lain di blog sendiri. Link eksternal adalah tautan yang mengarah ke konten di blog lain (milik orang lain).

Contoh internal dan eksternal link building yang sangat baik dapat dilihat di Wikipedia. Artikel-artikel di sana sangat banyak link internalnya dan itu bagus buat seo dan peringkat Google.

Google menyarankan kita menulis "teks link" yang bagus. Teks ini memberi tahu pembaca dan Google tentang halaman yang ditautkan. 

Gunakan "teks deskriptif" dalam link. Hindari teks link generik, seperti "halaman", "artikel", atau "klik di sini" (click here). Teks link demikian tidak memberikan efek seo karena tidak mengandung kata kunci.


Selain link internal dan eksternal, link berupa Backlink juga merupakan pilar utama seo. Backlink itu mengindikasikan blog tersebut kredibel dan berisi konten berkualitas.

Google dan mesin pencari lainnya akan terus memperbaiki sistem penyeleksian antara backlink berkualitas dan tidak atau malah yang buruk.

Pilar SEO #3 Kata Kunci (Keywords)

Memainkan kata kunci merupakan teknik seo "klasik". Sejak dulu, pengguna internet selalu memasukkan kata kunci saat mengetik informasi yang dicarinya di Google Search.

Menerapkan kata kunci yang tepat menjadi pilar utama teknik seo terbaru sekaligus "klasik". 

Praktiknya adalah menempatkan kata kunci di judul, awal tulisan (dalam 100 kata pertama postingan), tengah tulisan, subjudul, dan di akhir tulisan.

Belakangan, Google mengumumkkan algoritma yang terkait kata kunci, yaitu RankBrain.

Menurut Wikipedia, rankbrain adalah algoritma yang membantu Google untuk memproses hasil pencarian dan memberikan hasil pencarian yang lebih relevan bagi pengguna.

Jika RankBrain melihat kata atau frasa yang tidak dikenalnya, mesin dapat membuat tebak kata atau frasa apa yang memiliki arti yang sama dan memfilter hasilnya.

RankBrain dianggap sebagai sinyal terpenting ketiga dalam menentukan peringkat pada pencarian Google, di belakang konten dan tautan.

Teknik SEO terkait RankBrain adalah memperlakukan kata kunci sebagai konsep dengan mengulang kata kunci dengan kata sinonimnya atau kata-kata kunci turunan, kata lain yang bermakna sama, atau kata terkait dengan kata kunci utama.

Pilar SEO #4 Template

Template atau tema desain blog tidak terbantahkan merupakan pilar utama seo. Template terkait dengan faktor seo seperti kecepatan halaman (page speed) atau kecepatan tampilan (fast loading), mobile-index yang terkait ramah seluler (mobile-friendy, responsive), dan structured data (schema).

Pastikan Anda menggunakan template blog seo friendly untuk menunjang kualitas konten yang Anda buat.

Pilar SEO #5 Social Signal

Seperti halnya backlink, sinyal sosial merupakan sinyal bagi Google atau mesin pencari lainnya bahwa sebuah blog terpercaya, kredidel, disukai, atau berkualitas.

Dalam daftar200 faktor seo, media sosial yang disebutkan adalah Google Plus, Youtube, Facebook, Twitter, dan Linkedin. Google Plus mulai tidak berlaku karena akan segera ditutup.

Pastikan blog Anda memiliki halaman Facebook (fanpage), Twitter, Youtube, akun Linkedin, dan media sosial lainnya untuk menyebarkan konten blog dan mengundang pengunjung.

Demikian ulasan ringkas tentang pilar utama atau teknik seo terbaru yang bisa diterapkan untuk mengoptimalkan blog agar lebih ramah mesin telusur. Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading 5 Pilar Utama Teknik SEO Terbaru 2019 | Labels: Tips SEO edit this post

1 komentar on 5 Pilar Utama Teknik SEO Terbaru 2019

  1. terima kasih, artikelnya sangat membantu, jangan lupa berkunjung kembali ke Katalog Pedia. saya ada pembahasan tutorial, tips, youtube mp3 converter hingga cek resi, terima kasih.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *