Google Tutup Google Plus Mulai 2 April 2019, Share & Komentar Google+ Juga Distop

Google Tutup Google Plus Mulai 2 April 2019, Share & Komentar Google+ Juga Distop

Anda, sebagaimana CB, mungkin menerima email dari Google. Pesannya pemberitahuan bahwa Google Plus (Google +, G+) akan ditutup mulai April 2019.

Isi emailnya seperti ini:

In December 2018, we announced our decision to shut down Google+ for consumers in April 2019 due to low usage and challenges involved in maintaining a successful product that meets consumers' expectations. We want to thank you for being part of Google+ and provide next steps, including how to download your photos and other content.

Google Tutup Google Plus Mulai 2 April 2019
Intinya, Google+ ditutup karena penggunaan yang rendah (due to low usage) alias kalah bersaing dengan media sosial lainnya seperti Twitter, Instagram, dan Facebook. 

Sebelumnya, Path juga tutup karena "tidak laku" atau kalah bersaing dengan sosmed lain.

Penutupan layanan Google Plus ini lebih cepat dari yang direncanakan. Awalnya, Google berencana menghentikan layanan ini pada Agustus 2019.

Penutupan akun pengguna akan dilakukan pada 2 April 2019. Beberapa fitur akan diberhentikan mulai awal pekan depan.

Pengguna Google Plus mulai 4 Februari 2019 tidak akan lagi bisa membuat profile, page, komunitas, atau acara melalui layanan tersebut.

Selain itu, tombol sign in juga akan berhenti bekerja. Pengguna tidak akan lagi bisa masuk ke Google Plus menggunakan metode tersebut.

Untuk sementara waktu, pengguna bisa mengakses layanan melalui tombol sign in akun Google, Gmail.

Fitur lain yang akan dihentikan dari blogger pada 4 Februari dan berbagai situs web lain pada 7 Maret 2019 adalah kemampuan untuk berkomentar menggunakan akun Google Plus.

Semua komentar yang dibuat di berbagai situs web akan dihapus mulai 2 April 2019.

Pada tanggal yang sama, semua akun Google Plus dan laman yang dibuat oleh pengguna konsumen akan dihapus, termasuk foto dan video dari Album Archive Google Plus. 

Pengguna bisa mengunduh dan menyimpan semua konten, tapi hanya sampai 2 April 2019. Namun, semua foto dan video yang dicadangkan di Google Photos tidak akan dihapus.

Dilansir dari AFP, Wakil Presiden Manajemen Produk G Suite David Thacker Suite menjelaskan program antarmuka (API) yang digunakan oleh pengembang untuk mengakses data Google+ akan dimatikan dalam waktu 90 hari.

"Dengan penemuan bug baru ini, kami telah memutuskan untuk mempercepat penutupan semua API Google+," kata Thacker dalam posting blog.

"Meskipun kami mengakui ada implikasi untuk pengembang, kami ingin memastikan perlindungan pengguna kami."

Ditutupnya Google Plus sedikit berpengaruh terhadap SEO blog karena G+ merupakan salah satu fitur untuk berbagi postingan blog yang mengundang pengunjung.

Share & Komentar Google+ di Blogger Juga Distop

Setelah pengumuman penghentian Google+ yang dijadwalkan Maret 2019 dan dipercepat menjadi April 2019, sejumlah perubahan juga dilakukan dalam integrasi Google+ dan Blogger pada 4 Februari 2019.

Widget Google+: Dukungan untuk widget “Tombol +1”, “Pengikut Google+” dan widget “Lencana Google+” di Layout tidak lagi tersedia. Semua widget terkait Googe Plus ini akan dihapus.

Tombol +1: Tombol + 1 / G + dan tautan berbagi Google+ di bawah pos blog dan di bilah navigasi akan dihapus.

"Harap perhatikan bahwa jika Anda memiliki template khusus yang menyertakan fitur Google+, Anda mungkin perlu memperbarui template Anda. Silakan hubungi pemasok templat Anda untuk saran," demikian kata Google.

Komentar Google+: Dukungan untuk komentar Google+ juga dihapus. Semua blog yang menggunakan komentar Google+ akan dikembalikan ke komentar Blogger. Komentar yang diposkan di komentar Google+ tidak dapat dimigrasikan ke Blogger dan tidak akan lagi muncul di blog Anda.*

Thanks for reading Google Tutup Google Plus Mulai 2 April 2019, Share & Komentar Google+ Juga Distop | Labels: Media Sosial edit this post
0 Komentar untuk "Google Tutup Google Plus Mulai 2 April 2019, Share & Komentar Google+ Juga Distop"

Contact Form

Name

Email *

Message *