January 31, 2019

Penyebab Blog Sepi Komentar: Lurkers!

January 31, 2019

Sudah banyak blogger lain yang membahas penyebab blog sepi komentar. Mulai dari sepi pengunjung hingga konten tidak menarik dan masalah kolom komentar.

Penyebab Blog Sepi Komentar: Lurkers


Dalam posting ini CB akan menambahkan satu penyebab blog sepi komentar yang belum banyak disebutkan, yaitu bahwa kebanyakan pengunjung blog adalah "lurkers".

Perhatikan gambar di bawah ini.

Penyebab Blog Sepi Komentar: Lukers!

Penyebab Blog Sepi Komentar

Grafis di atas adalah hasil penelitian Jakob Nielsen, web usability guru and principal dari Nielsen Norman Group.

Data di atas menunjukkan, mayoritas pembaca, pengunjung, pengguna, juga teman dan follower media sosial itu pasif.

Di kebanyakan komunitas online, termasuk pembaca blog, sebanyak 90% pembaca itu "lukers". Hanya 9% yang memberikan kontribusi sedikit  dan 1% user sangat aktif berkontribusi dan memberikan komentar berkualitas.

  • 90% of users are lurkers (i.e., read or observe, but don't contribute).
  • 9% of users contribute from time to time, but other priorities dominate their time.
  • 1% of users participate a lot and account for most contributions: it can seem as if they don't have lives because they often post just minutes after whatever event they're commenting on occurs. (NN Group)

Apa itu lurkers?

Lurkers artinya "orang-orang yang bersembunyi, tidak mau ketahuan". Dalam konteks komentar blog, mereka tidak pernah memberikan kontribusi kepada admin atau penulis dengan komentar sebagai "feedback".

Menurut kamus Google, lurker adalah seseorang yang bersembunyi, khususnya pengguna papan pesan Internet atau ruang obrolan yang tidak berpartisipasi.

A person who lurks, in particular a user of an Internet message board or chat room who does not participate."

pengertian lurker


Menurut Wikipedia, in internet culture, a lurker is typically a member of an online community or PLN (Personal Learning Network) who observes, but does not participate.

"Dalam budaya internet, lurker biasanya adalah anggota komunitas online atau PLN yang mengamati, tetapi tidak berpartisipasi."

Lurkers = Silent Readers

Lurkers = Silent Readers
Di dunia per-WhatsApp-an, media sosial, dan Forum Online, lurkers juga banyak. 

Istilahnya: Silent Readers (pembaca senyap, pembaca yang diam).

Silent reader adalah orang yang cuma baca atau melihat pesan, status, atau thread yang masuk dan tidak memberi komentar ataupun reaksi apa pun.

Penyebab jadi silent readers a.l. takut dicuekin, malas ngetik, ada grup yang lebih menarik, gagal paham, tidak tertarik, HP lemot atau low bat, gak punya ide.

Alasan tidak menulis komentar di blog atau kolom komentar di sebuah website juga demikian.

Kembali ke data penyebab blog sepi komentar, data di atas menunjukkan, kebanyakan pengunjung blog hanya membaca, tidak mau komentar, misalnya sekadar mengucapkan "terima kasih".

Banyak juga pembaca yang datang ke blog kita cuma mau "Copy Paste" (Copas) kode, copas bagian tertentu, bagkan copas semua tulisan atau konten blog kita. Sang "plagiator" itu tentu tidak mau ketahuan, makanya tidak komentar. Begitu?

Good Luck & Happy Commenting! (www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

4 comments on Penyebab Blog Sepi Komentar: Lurkers!

  1. ouh tapi itu berpengaruh pada seo gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengaruh karena banyak komentar bisa meningkatkan seo

      Delete
  2. ingin rasanya ngeblog lagi, tapi apa daya.. entah kenapa kemampuan menulis berangsur menurun., dulu menulis jadi hobby bgt,, ada saja ide yang muncul. tapi sekarang.. haaahh... dulu sempat buat blog "wibawa42wean.blogspt.com" ... tapi entah kenapa.. sudah enggan menulis.. tulisan2 dan rangkaian kata hanya bertengger di Catatan HP. atau di kolom status d Facebook tapi di PRIVAT, agar menjadi catata sendiri saja. Tidak berani post, karena malu.

    semangat ngeblog kawan.

    ReplyDelete
  3. Mohon bimbingannya suhu website nandurwit.com masih sepi pengunjung

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *