Cara Menulis Artikel SEO di Blog versi Alexa

Cara Menulis Artikel SEO di Blog versi Alexa

Menulis artikel SEO Friendly di blog bertujuan agar postingan mudan dan cepat diindeks Google, lalu muncul di hasil pencarian, dan mendatangkan pengunjung.

Cara Menulis Artikel SEO di Blog versi Alexa
Cara Menulis Artikel SEO di Blog (Gambar: alexa.com)

Berikut ini Cara Menulis Artikel SEO di Blog versi Alexa yang berisi ceklis 36 poin yang harus diperhatikan dalam membuat posting ramah mesin telusur.

Selain "nurut" sama Google, kita harus nurut juga sama Alexa yang berjasa memeringkat situs web dunia, termasuk blog.

Siapa tahu, dengan mengikuti panduan Cara Menulis Artikel SEO di Blog versi Alexa, peringkat blog kita juga akan naik Alexa Ranks.

Cara Menulis Artikel SEO di Blog versi Alexa

Sebelum Anda mempublikasikan postingan (blog post), gunakan ceklis penulisan berikut ini untuk memastikan konten Anda sudah dioptimalkan penuh untuk pembaca, perambah pencarian, dan tujuan pemasaran Anda.

1. Buatlah judul starter.

Pastikan judul starter (starter headline) yang berisi topik atau tema sekaligus kata kunci (keyword) yang menjadi fokus pembahasan.

2. Kenali audiens atau pembaca.

Identifikasi pembaca bisa dilakukan dengan mengamati komentar-komentar yang ada di blog kita maupun blog orang lain. Mengenal audiens akan memudahkan kita memilih topik sekaligus gaya bahasa dan pemilihan kata (diksi).

3. Ketahui tujuan.

Tujuan menulis artikel di blog bisa untuk meningkatkan SEO, promosi, mengajak, atau sekadar berbagi pengalaman dan pengetahuan. Blogger umumnya berbagi pengalaman dan pengetahuan.

4. Tetapan satu kata kunci utama.

Tetapkan satu kata kunci utama (primary keyword) yang ditonjolkan atau difokuskan dalam menulis artikel di blog.

5. Tuliskan kata kunci utama di judul tulisan

Pastikan kata kunci utama ada di judul postingan. Misalnya, kata kunci utama posting ini "menulis artikel".

6. Tetapkan beberapa kata kunci sekunder.

Kata kuci sekunder (secondary keywords) yaitu kata kunci yang menjadi pelengkap dan penjelas kata kunci utama. Pilih tiga atau empat kata kunci sekunder yang berkaitan dengan kata kunci utama.

Contoh Kata Kunci Utama & Kata Kunci Sekunder di Google Search

kata kunci menulis artikel

7. Panjang tulisan lebih dari 300 kata

Tulislah artikel minimal 300 kata untuk membahas sebuah topik yang menjadi kata kunci utama dan sekunder. Tulisan lengkap dan detail dengan panjang tulisan 800-1000 kata akan bagus buat mesin pencari.

8. Tambahkan nilai.

Lengkapi tulisan dengan detail, fakta, statistik, dan informasi terkait yang membuat ulasan lengkap dan menyeluruh. Artikel lengkap dan rinci bagus buat mesin pencari (SEO) dan membantu pembaca.

9. Tunjukkan, jangan ceritakan.

Show, don’t tell. Jangan hanya menulis kata dan kalimat, tapi lengkapi dengan contoh, gambar, dan jika perlu video, agar pembaca paham dan menangkap pesan yang ada dalam tulisan.

10. Gunakan kalimat aktif.

Gunakan kalimat aktif, yaitu berpola Subjek Predikat Objek (SPO), dan hindari penggunaan kalimat pasif.

  • Contoh kalimat aktif: "Blogger menulis artikel SEO di blognya"
  • Contoh kalimat pasif: "Artikel SEO ditulis blogger di blognya"

11. Gunakan bahasa sederhana

Cara menulis artikel SEO Friendly di blog versi Alexa berikutnya adalah gunakan kata-kata atau kalimat yang mudah dipahami oleh pembaca. Hindari menggunakan kata atau kalimat yang hanya dipahami kalangan tertentu.

12. Jangan mencuri konten.

Don’t steal content. Tulisan yang dibuat harus selalu asli dan tidak pernah menyalin (copy paste) dari blog lain. Konten salinan apalagi hasil plagiat dari blog/situs lain akan mengundang penalti dari mesin pencari.

13. Sebutkan sumber.

Sebutkan sumber atau referensi jika menggunakan kutipan atau informasi dari situs lain saat Anda menulis artikel di blog. Sebutkan sumber dengan cara membuat daftar atau link dalam postingan.

14. Gunakan subjudul

Use subheadings. Potong artikel Anda dengan menggunakan subjudul untuk memilah bagian-bagian dalam tulisan. Menggunakan subjudul akan membuat tulisan lebih enak dibaca dan mudah dipahami.

15. Gunakan kata kunci utama di subjudul

Cara menulis artikel SEO di blog versi Alexa paling penting di bagian tengah artikel adalah gunakan kata kunci utama minimal di satu subjudul.

16. Gunakan alinea pendek.

Gunakan paragraf pendek, maksimal lima baris per alinea, agar artikel mudah dipindai dan dibaca. Konten digital harus "skimmable", yakni mudah dibaca dengan cepat.

Pastikan ada jarak antar-alinea berupa "ruang putih" (white space). Jangan sajikan teks tulisan yang "sesak" sehingga susat dibaca.

17. Highlight informasi penting

Highlight important information. Gunakan huruf tebal (bold), miring (italic), dan highlights lain untuk informasi penting.

Cara menulis artikel SEO: Tambahkan Grafis!

18. Tambahkan grafis pendukung.

Artikel blog agar SEO Friendly sebaiknya dilengkapi gambar, video, cuplikan update status media sosial, dll agar tulisan lebih menarik.

19. Ukuran gambar.

Pastikan gambar yang disisipkan di artikel berukuran benar. Ukuran gambar telalu besar akan membuat loading jadi lambat. Gunakan ukuran gambar sekecil mungkin.

Baca juga: Ukuran Gambar untuk Posting Blog

20. Tambahkan kata kunci utama pada alt text gambar

Pastikan gambar atau foto yang disisipkan di artikel memiliki alternative text (alt text) yang berisi kata kunci. Alt text ini sangat baik untuk SEO blog. Klik gambar yang sudah diupload, klik "Properties".

kata kunci utama pada alt text gambar

21. Gunakan kata kunci utama dalam nama file dan judul gambar (title text).

Nama file gambar harus bisa dipahami mesin pencari dan manusia (pembaca). Ubah nama file foto yang semua --misalnya-- 0000111.JPG menjadi menulis-artikel-seo.jpg.

Baca Juga: Cara Menambahkan Gambar yang Benar di Posting Blog

22. Hindari pelanggaran hak cipta gambar.

Hati-hati dalam memasang gambar. Jangan sampai melanggar hak cipta. Buatlah gambar atau foto sendiri agar aman dari pelanggaran hak cipta.

Dalam hal ini, CB lebih suka mengambil gambar dari Shutter Stock atau 123RF yang ada "watermark" sehingga nama pemilik gambar masih tercantum di gambar.

Cara Menulis Artikel SEO: Kata Kunci (Keywords)

23. Gunakan kata kunci utama di judul halaman

Judul halaman (page title) adalah judul postingan atau judul artikel.

24. Gunakan kata kunci di meta deskripsi.

Meta deskripsi di Blogger yaitu kolom deskripsi pencarian (Search description) di bagian "Post setting". Jangan sampai kosong.

deskripsi pencarian

25. Gunakan kata kunci utama di alinea pertama.

Penggunaan kata kunci utama di awal alinea (paragraf) berfungsi memberikan sinyal kepada mesin perambah atau mesin telusur tentang topik artikel yang ditulis.

26. Gunakan kata kunci utama di dekat akhir naskah artikel.

Tuliskan kata kunci utama sebelum kalimat atau alinea akhir tulisan agar menambah ke-SEO-an artikel blog yang ditulis.

27. Gunakan kata kunci secara alami di naskah.

Kepadatan kata kunci (keyword density) atau jumlah kata kunci dalam artikel sebaiknya 2% dari jumlah kata. Kata kunci berlebihan (keyword stuffing) dalam tulisan bisa mengundang penalti atau diangga spam.

28. Gunakan tiap kata kunci sekunder minimal sekali dalam naskah.

Cara Menulis Artikel SEO: Link Building

29. Tambakan tautan kedalam (internal link)

Tambahkan link dalam kata atau kalimat yang mengarah pada tulisan lain yang relevan dengan topik yang dibahas.

30. Tambahkan tautan (link) ke situs lain yang berkualitas tinggi.

Tambahkan link eksternal, yaitu link ke website lain yang berkualitas tinggi, misalnya Wikipedia, Alexa, atau situs berita populer.

31. Setting link internal dan eksternal ke "jendela baru".

Set outbound links to open a new page. Tujuannya agar saat link dibuka, blog kita yang sedang dibaca tidak tertutup oleh halaman lain yang dibuka.

Di Blogger, centang bagian "Open this link in a new window" seperti dalam gambar berikut ini.

Open this link in a new window

32. Akhiri artikel dengan sebuah ajakan aksi.

End with a call-to-action. Karena semua posting blog yang baik ditulis dengan tujuan, akhiri dengan ajakan bertindak yang memberi tahu pembaca apa yang Anda ingin mereka lakukan selanjutnya.

33. Tulis judul tambahan.

Maksudnya, edit kembali judul artikel. Pastikan mengandung kata kunci utama, akurat, tidak salah ketik (typo), ejaannya benar, dan pastikan maksimal 60 karakter.

34. Optimalkan berbagi sosial.

Pastikan postingan atau artikel dilengkapi tombol berbagi ke media sosial (social share button), minimal ke Twitter dan Facebook. Jika perlu, tambahkan fitur ClickToTweet.

35. Sunting naskah.

Lakukan editing terakhir terhadap artikel sebelum dipublikasikan. Cek ejaan, tata bahasa, penulisan, jangan sampai salah tulis (typo). Don’t publish until the post is fully edited!

36. Cek SEO On-page.

Gunakan Alexa’s On-Page SEO Checker untuk memastikan artikel yang dibuat sudah SEO Friendly.

Demikian Cara Menulis Artikel SEO di Blog versi Alexa. Membuat konten berkualitas yang disukai Google dan pembaca memang butuh proses, perjuangan, dan kesabaran.

CB sendiri belum tentu selalu melakukan 36 ceklis posting seo friendly di atas saat menulis artikel di blog ini.

Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Cara Menulis Artikel SEO di Blog versi Alexa | Labels: Tips SEO edit this post
0 Komentar untuk "Cara Menulis Artikel SEO di Blog versi Alexa"

1. Komentar spam, link aktif, dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat/bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *