Cara Mengatasi Blog Ditolak AdSense Agar Bisa Diajukan Lagi dan Diterima

Cara Mengatasi Blog Ditolak AdSense Agar Bisa Diajukan Lagi dan Diterima

Blog ditolak AdSense, harus bagaimana? Berikut ini pendapat CB tentang penyebab blog ditolak Google AdSense serta cara mengatasinya untuk diajukan kembali dan bisa diterima.

Penyebab Blog Ditolak AdSense

Blog Ditolak AdSense

Google AdSense adalah sumber utama pendapatan blogger. AdSense juga sumber utama penghasilan sistus-situs berita.

Syarat diterima Google AdSense sudah dirilis Google, antara lain:
  1. Blogger (pemilik blog/admin) harus berusia minimal 18 tahun.
  2. Blog sudah aktif selama setidaknya enam bulan
  3. Tidak berisi Konten Terlarang
  4. Mematuhi Pedoman Desain Blog
  5. Jumlah Pengunjung? Cek: Minimal Jumlah Pengunjung Blog Adsense

Penyebab Blog Ditolak AdSense

Sebenarnya penyebab blog ditolak AdSense sudah tergambar dalam syarat diterima Google AdSense di atas, yaitu usia pemilik blog di bawah 18 tahun, blognya masih baru, berisi konten terlarang, desain blog yang tidak memadai.

1. Blog Masih Baru

Blog masih baru ditolak AdSense karena belum terindeks Google. Usia blog minimal usia 2-3 bulan, namun bisa juga dalam hitungan hari sudah diterima dengan syarat trafik tinggi. 

Tapi blog saya sudah lama lho, sudah setahun lebih! Kok masih ditolak juga? Berarti blog ditolak AdSense bukan karena umur blog, tapi penyebab lainnya di bawah ini.

2. Konten Masih Sedikit

Karena blog masih baru, konten pun masih sedikit. Karena postingan masih sedikit, maka trafik atau pengunjung pun masih sedikit juga.

Daftar posting di indeks Google juga masih sedikit sehingga blog belum memiliki reputasi yang baik.

Tapi isi blog saya sudah banyak lho! Sudah 100 tulisan lebih! Kok, masih juga blog saya tidak diterima AdSense? Ok. Berarti blog ditolak AdSense bukan karena konten sedikit, tapi karena sebab lain di bawah ini. 

3. Konten Tidak Berkualitas 

Konten berkualitas adalah postingan blog yang unik, asli, orisinal, lengkap, dan berguna bagi pengguna atau pembaca.

Dalam Panduan Konten Google disebutkan, buatlah konten baru yang unik. Konten baru tidak hanya akan membuat pengunjung yang sudah ada kembali ke situs Anda, namun juga mendatangkan pengunjung baru.

Hindari pengulangan (atau bahkan penyalinan) konten yang ada yang tidak memberikan banyak manfaat bagi pengguna. Duplikat atau penulisan konten dengan versi yang sangat mirip dengan konten lain di situs.

Perhatikan yang terakhir: penulisan konten dengan versi yang sangat mirip dengan konten lain di situs.

Konten tidak berkualitas bisa juga karena niche dan postingan sudah banyak dibuat blogger lain. Karena blogger lain lebih bagus di mata Google, maka tulisan kita kalah bersaing.

Konten blog saya berkualitas kok! Kenapa masih ditolak AdSense? Hmm... kriteria konten berkualitas dari Google rasa-rasanya sudah jelas, terutama soal "unik". Unik artinya berbeda dengan yang lain.  Mungkin sebab blog ditolak AdSense pada poin di bawah ini.

4. Menyalahi kebijakan konten Google

Konten blog yang menyalahi kebijakan konten Google misalnya gambar video yang melanggar hak cipta, postingan hasil copas sehingga konten tidak unik.

Tukeran link dan menggunakan situs backlink gratis juga bisa menyalahi kebijakan Google lho!

Blog saya tidak berisi konten terlarang kok. Semua postingan bukan hasil copas, tidak melanggar hak cipta, tapi kenapa masih ditolak Adsense? Mari kita lanjut ke penyebab lain tidak diterima Adsense.

5. Navigasi blog tidak jelas.

Apa itu navigasi blog? Navigasi blog adalah panduan arah dan penentuan posisi berupa navigasi menu dan intenal link (tautan kedalam konten blog).

Navigasi blog biasanya ada di bagian header, footer, sidebar, dan dalam postingan. 

Di bagian header, navigasi berupa menu (menu navigation) berisi tautan (link) ke halaman statis (tentang, disclaimer, kontak, sitemap) dan halaman label (label pages) atau kategori postingan.

Di postingan, navigasi blog berupa breadcrumbs di bagian atas atau di atas judul dan related post di bawah postingan. Breadcrumbs menunjukkan posisi halaman yang sedang dibuka. Related post menunjukkan postingan sejenis atau bertopik sama (dalam satu label/kategori).

Navigasi blog di sidebar biasanya label widget (daftar label), latest post (daftar tulisan terbaru), dan popular post (tulisan terbanyak dibaca dan dikomentari).

Biar navigasi blog lengkap, gunakan template blog seo friendly.

Tapi navigasi blog saya sudah begitu kok? Sudah lengkap, memudahkan pengunjing mengeksplorasi konten blog saya. Kenapa masih ditolak juga?

6. Tampilan tulisan tidak ramah pengguna

Bisa jadi, tampilan posting atau naskah yang tidak ramah pengguna (user friendly) juga menjadi penyebab blog ditolak AdSense.

Postingan ramah pengguna adalah tampilan postingan yang mudah dipindai (scannable) dan mudah dibaca (readable) dengan ciri-ciri antara lain:

Hindari pula mengisi blog dengan copas naskah dari file MS Word karena terkesan "tidak natural" di mata Google. 

Jika terpaksa --karena naskah sudah dibuat di Word, copas dulu ke Notepad lalu copas ke blog. Rapikan naskah dengan kriteria scannable di atas.

Blog Ditolak AdSense, Harus Bagaimana?

Ajukan kembali blog Anda agar diterima. Namun, lakukan dulu hal-hal berikut ini:
  • Lakukan perbaikan dan penambahan konten. 
  • Tunggu trafik naik. Bagikan (share) postingan ke media sosial dan forum-forum seperti Kaskus dan Quora.
  • Pastikan konten atau postingan memberikan nilai yang signifikan bagi pengguna
  • Pastikan konten blog Anda unik dan relevan
  • Ganti foto-foto atau gambar yang memiliki hak cipta, ganti dengan gambar buatan sendiri.
  • Sebutkan sumber jika ada tulisan copas dan lakukan perubahan redaksional minimal 60% dari artikel copas itu. 
  • Baiknya sih hapus saja postingan hasil copas.

Blog ditolak AdSense bisa membuat blogger frustrasi. Banyak blogger yang berhenti ngeblog hanya karena ditolak terus jadi publisher AdSense.

Jadi Blogger Memang Gampang-Gampang Susah

Jadi Blogger Memang Gampang-Gampang Susah. Gampanya, cara membuat blog mudah, gratis lagi!

Yang sudah adalah mengisinya dengan konten berkualitas yang disukai Google dan pengunjung. Tapi mari kembali ke "pedoman dasar blogging", yaitu.... disebutkan di halaman depan Blogger sebagai berikut:

membuat blog passion

Publikasikan selera Anda! Start with passion! Passion adalah minat dan bakat. Tulis pengalaman, perasaan, dan pemikiran Anda. Menulis pengalaman, perasaan, dan pemikiran sendiri dipastikan tulisan akan unik, orisinal.

Satu lagi: jangan membuat blog dengan niat menghasilkan uang!

"Ngebloglah sesuai dengan passion Anda!" begitu kira-kira saran Daily Blog Tips dalam Blogging for Beginners: 17 Tips Before You Start Your Blog.

"Jangan membuat blog dengan niat mencari uang. Tidak ada jalan pintas untuk sukses," katanya. Don’t just start a blog because you want to make money. There are no shortcuts to success.

Demikian Cara Mengatasi Blog Ditolak AdSense Agar Bisa Diajukan Lagi dan Diterima. Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Cara Mengatasi Blog Ditolak AdSense Agar Bisa Diajukan Lagi dan Diterima | Labels: Blogging, Google Adsense edit this post
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Blog Ditolak AdSense Agar Bisa Diajukan Lagi dan Diterima"

1. Komentar spam, link aktif, dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat/bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *