Penghasilan AdSense Blogger Menurun Akibat Corona

Penghasilan AdSense Blogger Menurun Akibat Corona

Pandemi Virus Corona (Covid-19) mengacaukan segalanya, termasuk pendapatan Google AdSense .

Banyak blogger mengeluhkan menurunnya penghasilan AdSense, bahkan hingga 0 dolar per hari! Apakah pendapatan AdSense Anda juga terdampak Covid-19?

CB termasuk yang mengalami penurunan pendapatan AdSense, bahkan hingga 50%. Padahal, trafik relatif stabil, bahkan dalam dua hari sempat naik pesat hingga 100%. Anehnya, AdSense-nya kok malah turun?

Di forum Webmaster World juga ada obrolan tentang dampak Covid-19 terhadap AdSense. Ada yang mengalami menurunkan Adsense CPC hampir 75% sejak Covid-19 outbreak.

Penyebab AdSense Turun

Disebutkan, menurunnya penghasilan blogger dari AdSense salah satunya karena menurunnya pengiklan.

Banyak perusahaan tidak memasang iklan dan sebagai hasilnya, Cost Per Click (CPC) atau Biaya Per Klik (BPK) akan sangat rendah untuk ceruk (niche) tertentu.

Semakin sedikit penawaran pengiklan akan melihat pengeluaran iklan yang cukup rendah.

Jadi, ini benar-benar tergantung pada niche blog Anda. Di beberapa pasar, pengiklan secara besar-besaran mengurangi pengeluaran mereka, seperti misalnya dalam perjalanan. Niche lain melihat kenaikan.

Boro-boro masang iklan, wong banyak perusahaan yang merumahkan karyawannya, memotong gaji karyawan, dan dipusingkan soal THR.

Bukan hanya blogger, Youtuber pun sama. Dilansir detik, banyak pembuat konten YouTube mengalami penurunan pendapatan iklan dalam beberapa minggu terakhir. Ada rumor pergeseran anggaran iklan ditenggarai pandemi Corona.

Michael Groth, pembuat YouTube dengan 1 juta subscriber, mengatakan kepada Business Insider, bahwa salurannya biasanya menghasilkan antara 9 USD hingga 12 USD, untuk setiap 1.000 view. Tetapi, sejauh ini, ia hanya menghasilkan sekitar 5 USD.

Bagaimana dengan Anda? Apakah mengalami penurunan pendapatan AdSense juga gegara pandemi Covid-19 ini?

Semoga badai ini segera berlalu dan semuanya kembali normal. Amin...!

Thanks for reading Penghasilan AdSense Blogger Menurun Akibat Corona | Labels: Google Adsense edit this post
Author Image

About CB Blogger
Contoh Blog --sebut saja CB -- Panduan Blogging untuk Pemula - Tips SEO, Desain, Template SEO Friendly, Cara Membuat Blogger Keren, Google Adsense, dll. Subscribe! to get update via email.

4 komentar on Penghasilan AdSense Blogger Menurun Akibat Corona

  1. Betul banget kang, saya juga sangat merasakan dampaknya, ternyata yg lain juga merasakan hal yang sama

    ReplyDelete
  2. Sama mas.. perhari penghasilan cuma 0 koma dollar

    ReplyDelete
  3. Awalnya saya panik, setelah tahu semua mengalami hal yang sama saya sedikit lega krna artinya masalah bukan terletak pada blog saya.

    ReplyDelete
  4. Kirain cuma saya mas, mudah2an semuanya segera membaik

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top