Profil Covid-19: Kelebihan dan Kelemahan Virus Corona

Virus Corona atau Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) adalah virus paling "cerdas" dibandingkan virus penyakit lainnya. Demikian menurut para ahli.

Keistimewaan dan Kelemahan Virus Corona Covid-19

Faktanya memang begitu. Kita baca beritanya di media resmi, juga info resmi pemerintah, virus ini luar biasa "unik" dan "hebat":

CB mencatat tiga keistimewaan virus jahat ini:

  1. Paramedis (dokter dan perawat) banyak yang kena!
  2. Banyak yang sudah sembuh, tak lama kemudian malah meninggal dunia.
  3. Cepat banget menyebarnya.
Bayangin! Betapa jahatnya virus ini. Paramedis yang tukang nyembuhin orang sakit disikat juga! Gila bener! Na'udzubillah. Laknat bener ni virus!!!

Namun, ada juga kelemahan virus ini, antara lain mudah dihancurkan dengan cairan pembersih. Tak heran jika paramedis menekankan "rajin cuci tangan pake sabun".


Dari laman resmi WHO disebutkan, Virus Corona pertama kali ditemukan di Wuhan, China (Tiongkok) pada 31 Desember 2019.

Jumlah Kasus Covid-19

Virus yang bernama resmi Covid-19 ini cepat menyebar.

Sejak pertama kali dikabarkan pada 31 Desember 2019 --karenanya disebut Covid-19-- virus ini telah menginfeksi lebih dari 2 juta orang di seluruh dunia. Data terbaru kasus Corona bisa dipantau di Worldmeters.

Data terbaru kasus Corona

Di Indonesia, kasus Corona hingga Jumat (17/4/2020) sudah mendekati angka 6 ribu, dengan pasien meninggal dunia menembus angka 500 orang lebih. Alhamdulillah, pasien sembuh lebih banyak, 607 orang.

kasus covid-19 indonesia

Profil Covid-19: Kelebihan dan Kelemahan Virus Corona

Dalam sebuah video yang diunggah di kanal Youtube The Hermansyah A6, seorang ahli virus, yakni Drh. Moh Indro Cahyono,  menjelaskan skema Covid-19.

Indro menggambarkan skema bentuk Virus Corona dan menjelaskan setiap lapisan dari virus tersebut.

Indro menggambarkan bentuk virus tersebut seperti balon yang ada semacam duri di luarnya. Dimulai dari bagian terdalam terdapat RNA sebagai materi genetiknya, kemudian ada protein membran, lalu dilapisi dengan protein amplop atau selubungnya, dan tonjolan semacam duri yang disebut dengan materi Spike.

Di ujung protein Spike sendiri terdapat protein RBD (Receptor-Binding-Domain) protein RBD inilah yang menentukan corona virus ini bisa menempel di manusia atau hewan.

Profil Covid-19

Untuk jenis Virus Corona COVID-19 sendiri, protein RBD-nya hanya bisa menjangkiti manusia saja.

Disebutkan, kelemahan virus corona ini adalah mudah dihancurkan dengan cairan pembersih, Indro mengatakan kelebihan dari virus ini ialah sangat mudah menyebar.

"Kelebihannya dia sangat gampang nyebar," kata Indro.dilansir merdeka.

Itu dia Profil Covid-19: Kelebihan dan Kelemahan Virus Corona. #StayAtHome #JanganMudik!

Thanks for reading Profil Covid-19: Kelebihan dan Kelemahan Virus Corona | Labels: Covid-19, Ragam edit this post
Author Image

About CB Blogger
Contoh Blog --sebut saja CB -- Panduan Blogging untuk Pemula - Tips SEO, Desain, Template SEO Friendly, Cara Membuat Blogger Keren, Google Adsense, dll. Subscribe! to get update via email.

0 Komentar untuk "Profil Covid-19: Kelebihan dan Kelemahan Virus Corona"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top