Daftar Istilah Terkait Virus Corona: Herd Immunity, Isolasi, Lockdown, WFH, dan Lainnya

Virus Corona alias Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) mewabah. Hingga Selasa (26/5/2020) sudah lebih dari 5,58 juta orang di seluruh dunia dinyatakan positif Corona menurut Worldmeters.

Berikut ini daftar istilah terkait virus corona dan pengertiannya, seperti  Herd Immunity, Isolasi, Lockdown, WFH, ODP, dan Lainnya.

Daftar Istilah Terkait Virus Corona

Di Indonesia, update Corona Selasa 26 Mei 2020 mencapai 22,750 kasus positif, 1.391 meninggal dunia, 5.642 sembuh (CNN). Sekolah dan kampus diliburkan. Karyawan bekerja dari rumah (work from home). Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa No 14 Tahun 2020 tentang anjuran shalat di rumah.

Benar-benar genting. Kepanikan melanda dunia dan Indonesia. Kompetisi sepakbola dihentikan sementara.

Pemerintah mengimbau warga mengurangi aktivitas di luar rumah. Barusan, aparat kelurahan keliling kompleks atau rumah-rumah warga, mengimbau agar warga mengurangi aktivitas di luar rumah untuk memutus penyebaran Virus Corona.

Sejumlah istilah pun populer seputar Virus Corona. Selain Covid-19 yang menjadi nama lain Virus Corona, ada istilah Herd Immunity, social distancing, lockdown, isolasi, WHF, ODP, dan sebagainya.

Daftar Istilah Terkait Virus Corona

Berikut ini sejumlah istilah baru terkait Virus Corona

1. Corona

Kita mulai dari istilah Corona sendiri. Dikutip Google dari laman resmi WHO, Virus Corona disebut juga virus 2019-nCoV dan 2019 Novel Coronavirus.

Virus Corona adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus baru yang belum teridentifikasi sebelumnya pada manusia.

Virus ini menyebabkan penyakit saluran pernapasan (seperti flu) dengan gejala seperti batuk, demam, dan pada kasus yang lebih parah, pneumonia.

Kata Corona pertama kali diperkenalkan oleh sejumlah ahli virologi dalam sebuah artikel berjudul “Coronaviruses” pada jurnal News and Views pada 1968.  Dalam artikel tersebut virus berbentuk bulat itu disebutkan, "Banyak ditemukan pada unggas dan tikus."

Nama coronavirus berasal dari Bahasa latin “corona” dan Yunani “korone” yang bermakna mahkota atau lingkaran cahaya.

Penyakit coronavirus (COVID-19) memiliki ciri-ciri berupa gejala ringan seperti pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan demam. Orang-orang mungkin mengalami pilek, sakit tenggorokan, batuk, demam, kesulitan bernapas (kasus yang parah).

Daftar Istilah Terkait Virus Corona

2. Lockdown

Lockdown diterapkan sejumlah negara, seperti Malaysia, guna mencegah penyebaran virus mematikan ini.

Lockdown secara bahasa artinya adalah terkunci. Jika dikaitkan dalam istilah teknis dalam kasus Corona, arti lockdown adalah mengunci seluruh akses masuk dan keluar dari suatu daerah atau negara.

3. Social Distancing

Ini salah satu upaya mencegah penularan virus corona. Social ditancing artinya menjaga jarak sosial. Ini upaya untuk menjauhi perkumpulan, menghindari pertemuan massal, dan menjaga jarak antar manusia. Jarak yang dianjurkan sekitar dua meter.

Termasuk social distancing adalah menghindari bersalaman atau bersentuhan. Bahkan, diberitakan, di Masjid Salman ITB Bandung, jamaah shalat menerapkan social distancing dengan merengganggkan shaf (barisan).

Social Distancing yang diterapkan di sebuah kota, kabupaten, atau provinsi disebut Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Selain social distancing, ada juga istilah Physical Distancing, yaitu jarak fisik. Orang dianjurkan menjaga jarak dengan orang lain sekitar 2 meter untuk menghindari penularan corona.

4. Karantina

Orang yang baru datang dari luar negeri atau dari daerah wabah Corona dikarantina. Carantina adalah langkah memisahkan dan membatasi pergerakan orang sakit ataupun sehat yang diduga memiliki penyakit menular, untuk melihat apakah mereka benar-benar terinfeksi.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), karantina dapat direkomendasikan untuk individu yang diyakini telah terpapar penyakit menular seperti COVID-19, tetapi tidak bergejala.

Selain memantau jika gejalanya berkembang, berada di karantina berarti seseorang yang mungkin terpapar tidak akan menularkan penyakit kepada orang lain, karena mereka tinggal di rumah.

5. Isolasi

Isolasi adalah langkah memisahkan orang sakit yang memiliki penyakit menular dari orang sehat untuk mencegah penyebaran penyakit.

6. Epidemi

Epidemi adalah penyebaran penyakit dengan jumlah banyak yang menyerang secara cepat. Epidemi merupakan suatu wabah besar atau peningkatan secara mendadak, cepat, dan dalam jumlah yang banyak suatu penyakit tertentu di tempat atau wilayah tertentu.

7. Pandemi

Pandemi adalah penyakit yang menyerang orang dalam jumlah banyak dan terjadi di banyak tempat. Lebih singkatnya pandemi adalah epidemi yang tersebar.

Pandemi berarti epidemi atau penyebaran penyakit tertentu yang tejadi secara global dibanyak negara di dunia. Menurut ABC News, pandemi tidak ada kaitannya dengan seberapa serius penyakit, tetapi pandemi adalah label bagi penyakit yang telah menyebar luas ke seluruh dunia.

8. Endemi

Edemi adalah penyakit yang menjangkit orang dalam jumlah besar yang terjadi di suatu wilayah atau populasi tertentu.

9. ODP 

ODP adalah singkatan dari Orang Dalam Pemantauan. Semua orang yang berasal dari negara yang sudah diyakini terjadi penularan. Pemantauan dimaksudkan untuk mengantisipasi apabila orang tersebut sakit, sehingga bisa dengan segera dilakukan pengecekan.

ODP biasanya memiliki gejala ringan seperti batuk, sakit tenggorokan, demam, tetapi tidak ada kontak erat dengan penderita positif.

Orang dengan status ODP biasanya tidak perlu rawat inap di rumah sakit tetapi akan diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumah setidaknya selama 14 hari, hingga kondisi membaik.

10. PDP 

PDP adalah singkatan dari Pasien Dalam Pengawasan.  Apabila ODP sakit dengan gejala yang mengarah ke influenza sedang atau berat seperti batuk, flu, demam, dan gangguan pernapasan, maka secara langsung dijadikan PDP.

PDP dikriteriakan sesuai gejalanya, seperti demam, batuk, sesak nafas, sakit tenggorokan. Atau dari hasil observasi ada saluran nafas bawah yang terganggu serta terjadi kontak erat dengan penderita positif atau dari daerah yang terjangkit.

11.Suspect

Apabila PDP memiliki riwayat kontak dengan orang lain yang confirm positif COVID-19 maka dia menjadi suspect atau "terduga" terkena virus corona.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, "suspect" ialah orang atau pasien dengan pengawasan yang menunjukkan gelaja infeksi Corona, pernah melakukan perjalanan ke daerah yang menjadi lokasi pesebaran Corona, melakukan kontak atau bertemu dengan orang yang positif COVID-19.

Dikutip tirto.id, secara singkat sebetulnya istilah suspect Corona ini sama pemahamannya dengan pasien dalam pengawasan atau PDP yang diharuskan untuk menjalasi isolasi di rumah sakit dan melakukan pemeriksaaan.

12. Work From Home (WFH) 

Work from home artinya bekerja dari rumah. Opsi ini dipilih oleh beberapa perusahaan hingga lembaga pemerintahan guna meminimalisir penularan virus Corona.

13. Disinfektan

Di kompleks tempat CB tinggal, masjid masih menggelar Shalat Jumat, Jumat (20/3/2020). Namun, jamaah masuk dalam satu pintu. Di pintu itu ada petugas menyemprotkan cairan disinfektan bagi kedua telapak tangan jamaah.

Dilansir dari Pharma Guideline, cairan disinfektan adalah zat kimia yang digunakan untuk membersihkan dan membunuh kuman pada benda tak hidup. Pada umumnya, disinfektan digunakan untuk mensterilkan benda-benda dari pertumbuhan kuman dan bakteri.

14. Herd Immunity

Istilah Herd Immunity menjadi trending topic di Twitter, Selasa (26/5/2020), terkait pelongaran Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB).

Herd Immunity

Herd Immunity adalah kekebalan komunitas atau kelompok yang bisa dicapai ketika tingkat imunitas komunitas tersebut tinggi.

Wikipedia menerjemahkan Herd Immunity sebagai "Kekebalan Kawanan", yaitu bentuk perlindungan tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi ketika sebagian besar populasi menjadi kebal terhadap infeksi, baik melalui vaksinasi atau infeksi sebelumnya, sehingga memberikan ukuran perlindungan bagi individu yang tidak kebal.

Vaksin dinilai sebagai cara terbaik untuk Herd Immunity. Sebuah komunitas atau negara dapat mencapai kekebalan imunitas melalui vaksinasi.

Demikian Daftar Istilah Terkait Virus Corona. Dihimpun dari berbagai sumber.*

Thanks for reading Daftar Istilah Terkait Virus Corona: Herd Immunity, Isolasi, Lockdown, WFH, dan Lainnya | Labels: Bahasa edit this post
Author Image

About CB Blogger
Contoh Blog --sebut saja CB -- Panduan Blogging untuk Pemula - Tips SEO, Desain, Template SEO Friendly, Cara Membuat Blogger Keren, Google Adsense, dll. Subscribe! to get update via email.

0 Komentar untuk "Daftar Istilah Terkait Virus Corona: Herd Immunity, Isolasi, Lockdown, WFH, dan Lainnya"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top