Pengertian Influencer - Selebgram, Youtuber, Blogger

Pengertian Influencer
INFLUENCER merupakan salah satu istilah baru yang muncul di era media sosial. Belum ditemukan padanan kata yang tepat dalam bahasa Indonesia.

Secara harfiyah, influencer artinya pemberi pengaruh. Dari kata influence yang artinya pengaruh.

Bisa saja bahasa Indonesianya influencer adalah "pemengaruh" sebagai padanan kata influencer. Namun terasa janggal dan asing, seperti halnya pemakaian kata "pendengung" sebagai padanan kata buzzer.

Pada praktiknya, influencer lebih mengarah pada dunia bisnis online bidang pemasaran digital atau online marketing.

Mereka dikenal sebagai influencer marketing.

Menurut Wikipedia, influencer marketing adalah bentuk pemasaran media sosial yang melibatkan dukungan dan penempatan produk dari influencer, orang, dan organisasi yang memiliki tingkat pengetahuan atau pengaruh sosial yang diakui dalam bidangnya.

Konten influencer dapat dibingkai sebagai iklan testimonial; influencer memainkan peran pembeli potensial, atau mungkin terlibat sebagai pihak ketiga.

Pihak ketiga ini dapat dilihat dalam rantai pasokan (seperti pengecer atau produsen) atau sebagai pemberi pengaruh bernilai tambah, seperti jurnalis, akademisi, analis industri, dan penasihat profesional.

Pengertian Influencer

Menurut laman Influencer Marketing Hub, Influencer adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk memengaruhi keputusan pembelian orang lain karena otoritas, pengetahuan, posisi, atau hubungannya dengan audiensnya.

Penting untuk dicatat bahwa individu-individu ini bukan hanya alat pemasaran, tetapi lebih merupakan aset hubungan sosial yang dengannya merek dapat berkolaborasi untuk mencapai tujuan pemasaran mereka.

Secara umum, influencer dipahami sebagai seseorang yang bisa memberikan pengaruh di masyarakat. Ia bisa merupakan tokoh, pejabat, ulama, artis, atlet, pegiat media sosial.

Mereka bisa juga merupakan selebritis, blogger, youtuber, ataupun seorang public figure.

Ciri Utama: Follower Banyak

Jumlah followers atau subscriber merupakan salah satu kekuatan yang dimiliki seorang influencer sebagai 'nilai jual' lebih.

Di media sosial, umumnya seorang influencer memiliki jutaan pengikut (follower), meski seseorang dengan follower ribuan juga bisa disebut influencer jika punya pengaruh besar kepada audiens.

Influencer bisa menjadi trend setter, baik di skala kecil maupun besar. Oleh karena itu, banyak pemilik bisnis yang menggandeng influencer untuk mempromosikan produk berkat pengaruh yang luar biasa tersebut.  .

Inilah yang kemudian dikenal dengan influencer marketing.

Blogger yang jadi influencer adalah blogger yang banyak subsriber, pengunjung, dan seringkali poostingannya menjadi rujukan bahkan dicopypaste oleh blogger lain.

Jenis-Jenis Influencer

Berikut ini jenis-jenis influencer yang dikenal selama ini.

1. Selebgram

Selebgram adalah pengguna akun Instagram dengan jumlah follower banyak. Istilah itu merujuk pada kata "selebritis" dan "Instagram". Orang yang banyak follower dinilai layaknya "selebritas di Instagram".

Seorang public figure sepeti artis biasanya otomatis menjadi selebgram juga jika pengikutnya banyak dan biasanya begitu.

Pemilik akun Instagram dengan follower di atas 10 ribu, sudah bisa disebut sebagai influencer. Sebab, tidak mudah menggaet ribuan follower secara organik, alias murni melalui konten-konten menarik.

2. YouTuber

Youtuber adalah pengguna Youtube. Jika aktif membauat konten video menarik dan unik, maka akan banyak subsciber dan otomatis bisa menjadi influencer.

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan jumlah subscriber ialah rutin membagikan konten video Anda ke beberapa akun sosial media yang Anda miliki.

Selain itu, banyak Youtuber sukses karena bekerjasama dengan para Youtuber pendahulu yang sudah memiliki banyak jumlah subscriber. Dua langkah ini hingga kini masih menjadi cara paling ampuh untuk meningkatkan jumlah subscriber.

3. Blogger

Blogger adalah orang yang memiliki dan mengelola sebuah blog atau website pribadi. Tidak sedikit blog yang digunakan untuk melakukan review tentang suatu produk.

Jika blogger tersebut memiliki pembaca setia yang banyak, pemasaran produk tentu menjadi lebih mudah dan efektif.

CB Blogger bagi sebagian orang termasuk influencer di bidang blogging. Soalnya, banyak yang meniru dan terpengaruh oleh postingan-postingan CB Blogger. Betul? Semoga demikian. Amin!

Demikian ulasan ringkas tentang pengertian influencer. Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Pengertian Influencer - Selebgram, Youtuber, Blogger | Labels: Internet, Media Sosial edit this post
Author Image

About CB Blogger
Contoh Blog --sebut saja CB -- Panduan Blogging untuk Pemula - Tips SEO, Desain, Template SEO Friendly, Cara Membuat Blogger Keren, Google Adsense, dll. Subscribe! to get update via email.

1 komentar on Pengertian Influencer - Selebgram, Youtuber, Blogger

  1. thanks info nya gan..

    btw kuyy mampir ke my blog :)

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top