Pengertian Online, Daring, Digital, dan Virtual

PANDEMI Virus Corona (Covid-19) menjadikan "semua hal" dilakukan secara online, daring, digital, atau virtual melalui berbagai website dan aplikasi (apps) dengan koneksi internet.

Pengertian Online, Daring, Digital, dan Virtual

Internet menjadi sarana komunikasi dan interaksi, mulai kuliah (belajar daring), bekerja (work from home), rapat, seminar (webinar), hingga pulang kampung (mudik virtual).

CB penasaran dengan istilah  Online, Daring, Digital, dan Virtual. Berikut ini  Online, Daring, Digital, dan Virtual hasil "riset" di Googe yang bisa juga disebut "riset virtual".

Pengertian Online

Online artinya sedang terhubung dengan jaringan internet. On artinya hidup atau menyala. Line artinya garis.

Jadi secara bahasa, online artinya sedang ada dalam garis, dalam hal ini garis jaringan internet.

Karenanya, dalam bahasa Indonesia, online disebut "dalam jaringan", disingkat "daring". Lawan katanya adalah offline atau "luar jaringan" (luring).

Menurut laman Badan Bahasa, dalam bahasa Indonesia istilah online dipadankan menjadi dalam jaringan (daring), yaitu perangkat elektronik yang terhubung ke jaringan internet.

Sedangkan istilah offline dipadankan menjadi luar jaringan (luring) yaitu tidak terhubungnya perangkat elektronik ke jaringan internet.

Secara praktis, online artinya melalui jaringan internet, dalam hal ini menggunakan website atau aplikasi, seperti kuliah online, bisnis online, pelatihan online, konser online, bahkan judi online.

Pengertian Online
Pengertian Online (MBN)

Pengertian Daring

Daring adalah singkatan dari Dalam Jaringan alias Online, sebagaimana penjelasan pengertian online di atas. Sudah jelas ya. Bahasa undang-undangnya: cukup jelas.

Pengertian Digital

Pengertian Digital

Nah ini dia kadang bikin bingung. Apa sih sebenarnya pengertian digital?

Secara praktis, digital adalah berkaitan dengan teknologi internet atau media online.
Selama ini, istilah digital identik dengan internet atau online. Bisnis digital, misalnya, semakna dengan bisnis online.

Demikian juga pemasaran digital tak lain adalah pemasaran melalui internet dan media digital adalah media yang tersaji atau tersedia di internet.

Ada juga istilah Digital Imaging dan Jejak Digital.

Pengertian digital secara bahasa artinya "terkait dengan jari".

Definisi/arti kata 'digital' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah a berhubungan dengan angka-angka untuk sistem perhitungan tertentu; berhubungan dengan penomoran.
Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti "jari-jemari". Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh.(Wikipedia).

Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit). Peralatan canggih, seperti komputer, pada prosesornya memiliki serangkaian perhitungan biner yang rumit.

Contoh digital adalah gambar digital, perangkat digital (televisi, komputer, pritner, dll.), serta basis data.

Secara bahasa (Inggris), digital berasal dari kata digit yang artinya (1) jari tangan/kaki; (2) bijian, angka dari satu s.d. sembilan; dan (3) jari sebagai ukuran panjang kira-kira 3/4 inci.
Dalam Kamus Bahasa Inggris, digital diartikan sebagai (1) yang berhubungan dengan jari; (2) komputer mesin hitung yang mempergunakan angka-angka untuk sistim-sistim perhitungan tertentu.

Pengertian Virtual

Virtual identik dengan online, daring, dan digital. MotoGP Virtual artinya balapan MotoGP yang digelar di game komputer dalam jaringan internet. Online, daring, dan digital juga kan?

Pengertian Virtual

Secara bahasa, virtual artinya (secara) nyata; mirip atau sangat mirip dengan sesuatu yang dijelaskan; dan tampil atau hadir dengan menggunakan perangkat lunak komputer, misalnya di internet.

Namun, dalam praktiknya, virtual berarti tidak benar-benar nyata atau maya karena hadir menggunakan komputer atau gadget dan internet.

Dunia virtual = dunia maya yang artinya:

  • Hanya tampaknya ada, tetapi nyatanya tidak ada; hanya ada dalam angan-angan; khayalan; 
  • Merujuk pada fitur atau peranti yang tidak benar-benar ada,disimulasikan oleh komputer dan dapat digunakan oleh pengguna seolah-olah memang ada.

Selaia MotoGP Virtual, salah satu istilah yang mengandung kata virtual adalah Virtual reality (VR).

Virtual reality atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer, suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi. (Wikipedia).

Ada juga istilah seks virtual? Apaan tuh? Ya... itu! Tidak nyata.

Baca Juga: Pengertian Big Data, Internet of Thing, Disrupsi, Revolusi Industri 4.0

Demikian Pengertian Online, Daring, Digital, dan Virtual. Paham atau makin binging? Ah, gak usah dibuat pusing. Happy Blogging! (ww.contohblog.com).*

Thanks for reading Pengertian Online, Daring, Digital, dan Virtual | Labels: Bahasa, Internet edit this post
Author Image

About CB Blogger
Contoh Blog --sebut saja CB -- Panduan Blogging untuk Pemula - Tips SEO, Desain, Template SEO Friendly, Cara Membuat Blogger Keren, Google Adsense, dll. Subscribe! to get update via email.

2 komentar on Pengertian Online, Daring, Digital, dan Virtual

  1. wahbthanks imfo nya gan... mantap.. sekarang saya jdi tau hehe.. apa itu onlin, digital, dan lain nya..

    sebelum nya sih saya juga gnpernah mencari makna tersebut krna sepengetahuan pribadi aja sih.. mnurut saya sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus...? komennya belum kelar tuh :)

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top