Kita Semua Wajib Pake Masker! Ini Fungsi Masker yang Sebenarnya

Kita Semua Wajib Pake Masker! Ini Fungsi Masker yang Sebenarnya

Pembatasan sosial dilonggarkan. Masjid dibuka terbatas, namun jamaah wajib pakai masker. Namun, banyak juga yang tidak tahu fungsi masker yang sebenarnya sehingga mengabaikan protokol kesehatan di era wabah Virus Corona (Covid-19) ini.

Fungsi masker itu bukan hanya untuk keselamatan diri sendiri, tapi juga untuk orang lain! Bahkan, menyimak penjelasan para ahli medis, masker di era corona ini lebih pada menyelamatkan orang lain. Makanya wajar jika petugas ketat banget soal masker ini.

Fungsi masker itu intinya agar tidak tertular dan tidak menularkan virus! Dengan demikian, masker itu berfungsi untuk diri sendiri dan orang lain.

Coba bayangkan. Di satu masjid ada 40 orang. Namun, satu orang tidak pakai masker dan ternyata ia terinfeksi corona. Ia bicara, atau buka mulut, lalu ada percikan (droplet) air ludah dari mulutnya, jatuh ke lantai, disentuh jamaah lain. Kena deh!

Satu orang bisa membahayakan puluhan orang lain! Maka, wahai manusia! Pake masker dong! Apa susahnya sih?

CB usulkan kepada pengurus DKM agar membuat spanduk atau poster berisikan NO MASK NO ENTY. Gak pakai masker gak boleh masuk masjid!

Fungsi Masker yang Sebenarnya

Mari kita simak penjelasan para ahli medis soal fungsi masker.

Mengutip liputan6.com, dr. Lula Kamal menjelaskan fungi masker, termasuk masker kain buatan rumahan atau buatan sendiri.

Peran masker kain akan membantu sebagian besar droplet yang akan keluar untuk menularkan corona. Droplet tertahan pada masker kain.

Jadi, masker kain ini membantu sekali kata Lula Kamal. Masker kain memang tidak bisa menyaring virus. Meski begitu, masker kain bisa berfungsi untuk mencegah droplets.

Kata Lula Kamal, virus ini enggak sendirian. Dia akan terikat dengan droplet (percikan) yang ada pada waktu kita berbicara, batuk, dan bersin. Nah, droplet akan terlempar keluar atau dia akan nyembur!

Kita Semua Wajib Pake Masker! Ini Fungsi Masker yang Sebenarnya

Mengutip laman Alodokter, menurut penelitian, menggunakan masker dengan benar memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan:

1. Menghindari paparan polusi udara

Masker akan melindungi kita dari asap kendaraan bermotor, pabrik, rokok, dan debu. Paparan polusi itu dapat memengaruhi kinerja paru-paru serta meningkatkan risiko terserang penyakit pernapasan seperti asma, penyakit jantung, dan kelahiran prematur.

2. Mencegah penularan dan penyebaran penyakit

Menurut sejumlah penelitian, menggunakan masker dapat membantu mencegah Anda menularkan atau tertular berbagai macam penyakit, seperti flu, batuk, dll.

Memakai masker dapat menjadi salah satu cara terbaik agar kita tidak mudah tertular atau menularkan penyakit. Masker yang digunakan dengan benar bisa membantu mencegah virus dan bakteri menyebar melalui lendir atau cairan yang keluar saat kamu bersin atau batuk.

3. Melindungi wajah dari efek negatif sinar matahari dan polusi

Masker juga berfungsi melindungi sebagian kulit wajah dari efek negatif polusi udara dan paparan sinar matahari.

Paparan sinar matahari dan polusi udara yang berkepanjangan dan berulang diduga dapat menyebabkan penuaan dini dan peningkatan risiko kekambuhan eksim, jerawat, flek hitam, hingga kanker kulit.

Nah, jelas 'kan fungsi masker ini. Ingat baik-baik: masker itu dipakai agar tidak tertular dan tidak menularkan! Jadi, jangan egois dong! Pake masker!

Posting ini dibuat sebagai ekspresi kekesalan atas masih banyak orang di sekitar, termasuk di masjid, yang tidak menggunakan masker. Pake masker, woy!!!

Thanks for reading Kita Semua Wajib Pake Masker! Ini Fungsi Masker yang Sebenarnya | Labels: Covid-19, Ragam edit this post
0 Komentar untuk "Kita Semua Wajib Pake Masker! Ini Fungsi Masker yang Sebenarnya"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top