Panjang Tulisan Ideal di Blog Agar Postingan User dan SEO Friendly

Sebelumnya CB sudah bahas Postingan Blog Menarik antara Rok Mini dan Baju Gamis. Berikut ini Panjang Tulisan Ideal di Blog Agar Postingan User dan SEO Friendly untuk melengkapinya.

Panjang Tulisan Ideal di Blog Agar Postingan User dan SEO Friendly

Postingan panjang (long post) dipercaya bagus buat SEO dan peringkat atas di Google. Namun, pembaca umumnya menyukai tulisan pendek, ringkas, to the point.

Developer plugin WordPress terpopuler, SEO Yoast, menyarankan untuk menulis posting blog lebih dari 300 kata.

Mengapa demikian? Menurutnya, tulisan panjang akan membuat lebih banyak teks bagi Google untuk lebih memahami tentang teks Anda.

Secara umum, Google cenderung memberi peringkat artikel yang lebih panjang lebih tinggi. Namun, diingatkan, kualitas artikel dan keramahan pengguna (user friendly) masih menjadi yang utama!

Mengapa panjang posting atau halaman Anda penting?

Menentukan panjang tulisan (teks) cukup jelas: berapa lama teks Anda dibac. Tapi, mengapa itu penting?

Nah, Anda memiliki peluang peringkat yang lebih tinggi di Google jika Anda menulis posting blog yang panjang dan berkualitas tinggi, 1000 kata atau lebih.

Yoast mengaku pernah mengalami sendiri, Menulis beberapa artikel dengan lebih dari 2500 kata menjadi konten landasan dan membantu pertumbuhan lalu lintas organik atau mengundang banyak pengunjung.

Inilah mengapa panang artikel berkontribusi pada SEO:

Ketika tulisan, postingan, atau teks Anda lebih panjang, Google memiliki lebih banyak petunjuk untuk menentukan tentang apa itu.

Semakin lama (dioptimalkan) teks Anda, semakin sering frase kunci fokus Anda muncul. Ini bukan alasan untuk isian keyphrase! Jika Anda mengoptimalkan salinan secara alami, frasa kunci fokus Anda akan muncul di sana-sini di seluruh teks Anda. Anda juga dapat memasukkan lebih banyak sinonim dan frasa kunci terkait.

Dalam posting yang lebih panjang, Anda dapat menambahkan lebih banyak judul, tautan (link), dan gambar, di mana Anda juga dapat menyebutkan frasa kunci. Jadi, lebih banyak konten, berarti lebih banyak pada topik, informasi berkualitas tinggi di sini.

Teks yang lebih panjang juga dapat membantu Anda menentukan peringkat untuk beberapa varian ekor panjang dari frasa sandi tempat Anda mengoptimalkan teks Anda. Itu karena, dalam teks yang panjang, Anda mungkin membahas berbagai topik.

Artikel Anda, atau posting Anda lainnya yang menyelami subtopik, akan memiliki kesempatan untuk muncul dalam hasil pencarian untuk varian "ekor panjang dari frasa kunci Anda" (long tail keywords).

Jika Anda melakukan beberapa tautan internal yang cerdas, Anda bahkan dapat meningkatkan lalu lintas ke pos luas yang Anda tulis. Ini akan membantu Anda mengarahkan lebih banyak lalu lintas organik ke situs Anda.

Juga, jika suatu halaman terdiri dari beberapa kata, Google lebih cenderung menganggapnya sebagai "konten yang tipis". Semua mesin pencari ingin memberikan jawaban terbaik untuk pertanyaan yang orang miliki.

Tulisan pendek cenderung menawarkan jawaban yang lengkap dan memenuhi kebutuhan publik. Akibatnya, peringkat postingan ringkas di Google mungkin tidak terlalu tinggi.

Pemilik blog di CMS WordPress sangat beruntung. Yoast SEO membantu mereka dengan memeriksa panjang teks atau postingan yang dibuat. Pemeriksaan ini adalah bagian dari analisis SEO.

Cara menulis posting panjang berkualitas tinggi

Jadi, artikel luas - ditulis untuk orang, bukan mesin pencari! - mungkin memiliki beberapa keunggulan dibandingkan tulisan pendek.

Tetapi ketika Anda sedang menulis posting panjang, bahkan lebih penting untuk menjaga kualitas teks pada tingkat tinggi. Tapi apa artinya itu? Teks berkualitas baik dapat dibaca, terstruktur dengan baik, dan mengandung teks asli content.

Menulis konten berkualitas tinggi itu sulit. Terutama ketika tujuan Anda adalah menulis artikel yang panjang untuk membuat lalu lintas organik Anda tumbuh.

Jika Anda seorang penulis yang terampil, Anda dapat menulis posting yang sangat panjang dengan lebih dari 1000 kata.

Jika Anda kurang berpengalaman, Yoast menyarankan Anda untuk menargetkan sekitar 700-800 kata per artikel.

Dalam hal apa pun: pastikan Anda mengingat aspek-aspek berikut:

1. Tulis teks yang bisa dibaca

Yang paling penting saat menulis posting panjang (atau apa pun) adalah - menulis untuk audiens Anda. Itu mungkin terdengar jelas, tetapi sangat mudah untuk terganggu dan mulai menambahkan informasi yang tidak relevan.

Jadi mulailah dengan memikirkan pertanyaan yang bisa dimiliki pembaca tentang topik yang Anda liput. Kemudian, berikan jawaban yang jelas untuk pertanyaan-pertanyaan itu. Tentu saja, jawabannya harus ditulis dengan baik dan mudah dibaca (readable).

Apa yang harus Anda lakukan untuk membuat teks Anda dapat dibaca? Teks Anda harus mengikuti garis pemikiran logis. Untuk mencapai itu, awali setiap paragraf dengan kalimat topik. Kalimat yang mengeluarkan gagasan utama paragraf itu.

Kemudian, gunakan sisa paragraf untuk menguraikan kalimat topik. Pastikan kalimat dan paragraf Anda singkat dan tajam. Jika Anda menemukan kata dan kalimat yang tidak perlu, hapus saja!

Tentu saja, Anda harus menghubungkan ide-ide yang Anda sajikan di dalam dan di antara paragraf. Itulah mengapa baik menggunakan banyak kata transisi. Untuk membuat audiens tetap terlibat, Anda mungkin ingin menekan penggunaan suara pasif.

2. Gunakan Heading Tags

Salah satu cara menyusun teks Anda adalah dengan menggunakan judul. Judul dalam teks melayani (setidaknya) dua tujuan.

Pertama: mereka menunjukkan hierarki top-down. Anda segera melihat bahwa subjek memiliki, misalnya, tiga subpos yang menguraikannya lebih lanjut.

Fungsi lainnya adalah untuk memindai. Anda dapat memberi tahu pembaca tentang paragraf dengan menggunakan judul yang jelas. Itu juga membuat teks Anda menyenangkan untuk dibaca, karena judul memberi tahu Anda apa bagian dari teks selanjutnya.

3. Tulis konten asli

Ini yang paling sulit. Tidak mudah menjadi orisinal dengan begitu banyak konten di luar sana. Tetapi, mungkin membantu jika Anda merenungkan apa yang membuat Anda unik.

Pikirkan tentang apa yang Anda tawarkan berbeda dan lebih baik daripada penawaran pesaing Anda. Kemudian lakukan riset kata kunci untuk melihat apa yang dicari audiens Anda dan apa yang dilakukan pesaing.

Bersiap dengan penelitian dapat memberi Anda banyak ide tentang apa yang harus ditulis dan bagaimana membuat diri Anda menonjol dari kerumunan.

Kesimpulan

Posting ini mengajarkan Anda bahwa panjang teks posting dan halaman Anda dapat memengaruhi peringkat Anda.  Panjang ideal tulisan di blog agar SEO Friendly di atas 300 kata, lebih baik lagi antara 1000-2.500 kata.

Namun, dan ini sangat penting, Anda tidak boleh berkompromi dengan kualitas teks Anda demi menulis bagian yang lebih panjang.

Jadi, gunakan akal sehat Anda dan, jika perlu, tulislah teks yang panjang, mudah dibaca, dan terstruktur dengan baik. Juga, jangan lupa untuk memperbaiki halaman arsip Anda dengan menambahkan deskripsi yang bermanfaat!

Sumber

Thanks for reading Panjang Tulisan Ideal di Blog Agar Postingan User dan SEO Friendly | Labels: Tips SEO edit this post

4 komentar on Panjang Tulisan Ideal di Blog Agar Postingan User dan SEO Friendly

  1. Menarik sekali kesimpulannya mas hehe,

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak untuk edukasinya kak... bisa menambah sedikit pemahaman tentang SEO, dan saya pun adalah seorang pemula.

    Salam Saya, Gizi Kesehatan Masyarakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwaaa...
      masih banyak blog comment lain nya bray.
      basa basinya gak di accept kan,, hahaaa

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top