-->

Peluang Bisnis Online: 10 Tren Teknologi Masa Pandemi Virus Corona

10 Tren Teknologi Masa Pandemi Virus Corona

PENGGUNAAN teknologi meningkat pesat pada masa pandemi Virus Corona (Covid-19), khususnya yang terkait dengan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak (social/physical distancing) dan menghindari sentuhan.

Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) RI mengungkapkan ada 10 perilaku masyarakat yang berubah saat pandemi virus corona. Perilaku masyarakat terpaksa harus menggunakan teknologi agar tidak terpapar virus corona.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) sekaligus Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang PS Brodjonegoro, mengungkapkan, 10 tren teknologi ini juga menjadi peluang baru bagi perusahan rintisan (startup).

“Sepuluh tren teknologi ini tidak hanya akan terjadi selama masa darurat wabah Covid-19 namun diperkirakan menjadi masa depan baru atau new future bagi Indonesia dan dunia,” katanya dikutip Antara.

10 Tren Teknologi Masa Pandemi Virus Corona

Berikut ini 10 Tren Teknologi Masa Pandemi Virus Corona.

1. Belanja Daring

Belanja dalam jaringan (daring) alias online shopping kini tidak lagi menjadi pilihan, namun sudah menjadi kebutuhan. Ini peluang bagi munculnya toko online, e-commerce, atau marketpalace baru.

2. Pembayaran Digital

Pembayaran dengan sistem digital, nontunai, atau pembayaran online makin diminati. Selain karena keefektifan dan keefisienan yang ditawarkan, juga mendukung protokol kesehatan Covid-19.

3.Teleworking (WFH)

Teleworking atau kerja jarak jauh, yakni bekerha dari rumah (work from home) selama pandemi corona akan menghasilkan teknologi-teknologi pendukung kerja dari rumah.

4. Telemedicine

Pelayanan medis jarak jauh menjadi alternatif konsultasi kesehatan yang populer digunakan.

5.Tele-education and training

Selama pandemi, terbukti pendidikan dan pelatihan yang minim kontak fisik mungkin sekali dilakukan, yakni melalui pembelajaran daring, kuliah online, webinar, pelatihan online, dan kegiatan virtual lainnya.

6. Hiburan Daring

Platform film dan lagu daring akan semakin populer untuk menemani aktivitas selama pandemi.

7. Supply Chain 4.0

Teknologi inti industri 4.0 untuk tata kelola rantai pasok yang lebih resilient, seperti Big Data, cloud computing, Internet of Thing (IoT), akan lebih menjadi perhatian.

8. 3D Printing

3D Printing yang masih belum luas digunakan di Indonesia berpotensi menjadi tren untuk mendukung Less Contact Economy.

9. Robot dan Drone

Robot dan drone akan makin populer untuk mengurangi interaksi antar manusia.

10. Teknologi 5T dan ICT

Teknologi yang makin canggih dapat membantu mempermudah kegiatan yang minim tatap muka.

Demikian 10 Tren Teknologi Masa Pandemi Virus Corona. Masyarakat harus kian melek teknologi. Bagaimana dengan blogging ya? :)


Thanks for reading Peluang Bisnis Online: 10 Tren Teknologi Masa Pandemi Virus Corona | Labels: Bisnis Online, Internet edit this post
0 Komentar untuk "Peluang Bisnis Online: 10 Tren Teknologi Masa Pandemi Virus Corona"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top