-->

Apakah Blogger Termasuk Profesi atau Pekerjaan?

Apakah Blogger Termasuk Profesi atau Pekerjaan?

Apakah blogger merupakan profesi atau pekerjaan? Jawabannya tergantung bagaimana Anda ngeblog.

Jika Anda blogging sekadar menyalurkan hobi menulis atau berbagi, maka predikat blogger Anda bukan sebagai profesi, melainkan sebagai hobi.

Jika Anda ngeblog dengan tujuan mencari penghasilan dan menjadikannya sebagai sumber pendapatan utama, maka predikat blogger yang Anda sandang adalah sebuah profesi, sebuah pekerjaan.

Pengertian Profesi/Pekerjaan

Menurut Kamus Bahasa, pekerjaan adalah barang apa yang dilakukan (diperbuat, dikerjakan, dan sebagainya); tugas kewajiban; hasil bekerja; perbuatan; pencaharian; yang dijadikan pokok penghidupan; sesuatu yang dilakukan untuk mendapat nafkah. (KBBI)

Profesi adalah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan, dan sebagainya) tertentu.

Blog bisa menjadi mata pencaharian. Blogging juga butuh keterampilan tertentu. Maka, mengacu pada pengertian pekerjaan dan profesi tersebut, blogger bisa masuk profesi (profession) dan pekerjaan (job).

Pemerintah China bahkan kini sudah resmi mengakui blogger sebagai pekerjaan. Dikabarkan, pemerintah China memperluas definisi pekerjaan bagi 8,7 juta lulusan baru (fresh graduate) di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Kini blogger --atau bloger dalam bahasa Indonesia-- diakui sebagai pekerjaan resmi. Ini merupakan bagian dari upaya mendorong tingkat serapan tenaga kerja di tengah pandemi virus corona.

Pedagang online dan pemain game online (gamer profesional) juga diakui sebagai jenis pekerjaan atau profesi.

Sejak 2004, pemerintah China memasukkan pekerjaan-pekerjaan fleksibel, seperti penulis dan penerjemah freelance, sebagai pekerjaan resmi.

Bagaimana dengan Indonesia? Belum ada pengakuan resmi. Faktanya, banyak orang yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan, selain sekadar hobi atau penghasilan sampingan.

Pengertian dan Gambaran Profesi Blogger

Kita mengenal istilah full time blogger, yaitu orang yang menjadikan blogging sebagai aktivitas sehari-hari untuk menghasilkan uang.

Sumber penghasilan blogger antara lain AdSense, Afiliasi, dan Paid Posts atau Content Placement (iklan berupa postingan atau tulisan).

Di luar sana dikenal istilah blogger profesional.

Seorang blogger profesional adalah seseorang yang membuat blogging sebagai jalan hidup mereka. Apakah mereka menghasilkan uang dari blog mereka melalui iklan, produk, pelatihan, atau penawaran berbayar lainnya, blogging adalah pekerjaan penuh waktu mereka.

Perbedaan antara blogger profesional dan hobi adalah penting karena meningkatnya platform blogging yang dapat diakses.

Blogger adalah penulis lepas yang mengelola jurnal online, juga dikenal sebagai blog. Jurnal online ini dibagikan oleh orang-orang yang memposting entri tentang berbagai topik.

Blog biasanya dimutakhirkan dengan sangat sering, dan postingannya dikelola dalam urutan kronologis.

Blogging adalah profesi yang berkembang dan blogger dapat memperoleh banyak uang dengan menerbitkan posting mereka melalui layanan blogging berbayar.

Blogger dapat memilih untuk menulis tentang apa saja mulai dari sastra, mode, dan gaya hidup, hingga masalah teknologi dan sosial.

Blogger umumnya terdiri dari dua jenis - penerbit web, dan blogger yang disewa.

Seorang blogger untuk disewa adalah orang yang blog untuk orang lain dan dibayar sebagai imbalan. Di sisi lain, penerbit web membuat blog mereka sendiri dan kemudian menghasilkan uang.

Tidak ada persyaratan pendidikan atau pelatihan khusus untuk orang yang ingin menjadi blogger profesional.

Namun, perlu memilih topik dengan bijak dan menulis blog tentang hal-hal yang diketahui orang. Misalnya, mereka yang ingin melakukan blogging secara profesional dan mendapatkan uang darinya perlu melakukan penelitian latar belakang yang signifikan mengenai audiens target dan sudut pandang mereka.

Saat membuat konten untuk blog, orang harus ingat bahwa itu tidak hanya memenuhi permintaan pembeli, tetapi juga memberi mereka sesuatu yang unik yang akan membuat mereka kembali ke blog.

Penting juga untuk membaca tentang profesi blogging sebelum memulai. Banyak situs di Internet menawarkan saran tentang cara menghasilkan uang sebagai blogger profesional.

Seseorang harus memilih platform blogging yang memenuhi kebutuhannya. Ada banyak aplikasi blog yang tersedia, dan orang harus memilih platform yang sederhana, mudah digunakan, dan efisien.

Platform blogging paling populer untuk blogger self-publishing adalah Wordpress. Banyak blogger juga memilih untuk meng-host di Blogspot.com atau situs web serupa.

Blog pada dasarnya bertindak sebagai hub untuk kegiatan pemasaran dari masing-masing blogger. Mereka yang ingin memulai dengan menulis untuk orang lain harus langsung mendekati bisnis lokal. Pasar kerja untuk blogger sangat besar, dan mencari pekerjaan relatif mudah.

Butuh Waktu

Namun, mendapatkan penghasilan tetap dari blogging mungkin membutuhkan waktu. Untuk blogger yang ingin memasuki bidang penerbitan web, disarankan untuk memulai sebagai penulis-untuk-pekerjakan. Ini tidak hanya menambah pendapatan, tetapi juga memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk membangun pembaca yang stabil dari mana uang dapat dihasilkan.

Karena blogging jarang merupakan profesi yang digaji, kemajuan karier sepenuhnya tergantung pada masing-masing blogger.

Blogger penuh waktu (full time blogger) yang telah menetapkan jumlah pembaca mereka dapat memaksimalkan manfaat dengan memilih jenis layanan blogging berbayar yang tepat.

Ada beberapa situs yang membayar banyak uang untuk layanan blogging. Dianjurkan untuk menggunakan sebanyak mungkin dari situs-situs ini untuk mendapatkan pengembalian maksimum.

Kriteria penting lain untuk kemajuan dalam profesi ini adalah mengadopsi strategi pemasaran yang tepat.

Sangat penting untuk mempromosikan blog agar berhasil dan menarik pembaca baru. Strategi pemasaran seperti bertukar tautan dan membuat akun di situs jejaring sosial dapat terbukti sangat membantu.

Penelitian terbaru menunjukkan, blogger memiliki peluang kerja yang sangat baik. Dengan semakin populernya Internet, makin banyak orang tertarik pada profesi ini.

Juga, fakta bahwa blogging dapat diambil sebagai karier paruh waktu atau pilihan bisnis rumahan, menambah daya tarik profesi ini.

Blogger menikmati banyak kebebasan dalam profesi mereka. Mereka memiliki kendali atas hampir setiap aspek karier mereka.

Satu dapat memilih untuk bekerja selama 3 hingga 4 jam setiap hari, atau menghabiskan sebanyak 14 jam blogging setiap hari.

Blogger juga memiliki kebebasan untuk membuat dan mendesain seluruh konten posting mereka tanpa dibatasi oleh pembatasan.

Keuntungan lain dari profesi ini adalah bahwa blogger memiliki kebebasan untuk bekerja dari rumah dan mengatur jadwal kerja mereka sendiri.

Bagaimana dengan Anda. Apakah blogging sekadar hobi, pekerjaan sampingan atau mengisi waktu luang, atau menjadi profesi? Apa pun... Good Luck and Happy Blogging!

Sumber: State University, Kompas

Thanks for reading Apakah Blogger Termasuk Profesi atau Pekerjaan? | Labels: Blogger, Blogging edit this post
0 Komentar untuk "Apakah Blogger Termasuk Profesi atau Pekerjaan?"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top