Menulis untuk SEO: Cara Membuat Artikel Blog Peringkat 1 Google

SEO menjadi bagian dari blogging. Menulis artikel di blog harus menerapkan SEO agar bisa tampil di halaman 1 Google, bahkan ada di peringkat 1 atau teratas. Google menyebut konten berkualitas itu "menarik dan bermanfaat".

Menulis untuk SEO: Cara Membuat Artikel Blog Peringkat 1 Google

BLOGGING makin sulit. Persaingan makin ketat. Topik-topik yang biasa ditulis para blogger kini juga ditulis oleh situs-situs berita.

Situs berita yang mestinya fokus ke informasi peristiwa terkini, kini banyak juga menulis postingan tips ala blogger, termasuk tips blogging.

Blogger pun makin tenggelam. Banyak blogger yang berhenti ngeblog karena "frustrasi"trafik gak naik-naik dan penghasilan tak kunjung datang dan berkembang.

Kini menulis posting blog butuh waktu lama untuk menerapkan SEO. Postingan juga harus sepanjang mungkin jika topiknya sudah banyak ditulis orang lain.

Mulai dari pemilihan topik, pengumpulan penelitian, hingga menulis postingan dan menekan "Publikasikan", prosesnya sering memakan waktu berjam-jam.

Cara Membuat Artikel Blog Peringkat 1 Google

Berikut ini Cara Menulis Posting Blog untuk SEO dan Membuat Artikel Blog Peringkat 1 Google. Peringkat di Google akan memengaruhi trafik --meningkatkan jumlah pengunjung.

1. Judul: Gunakan Kata Kunci!

Judul tulisan memberi tahu Google tentang bagian berbeda dari artikel blog Anda. Dalam posting ini, misalnya, tajuk, "Cara Menulis Posting Blog untuk SEO", memberi tahu mesin pencari tentang bahasan postingan ini.

Pengguna yang mengetik permintaan pencarian seperti, "menulis untuk SEO" ke Google kemungkinan akan menemukan posting ini karena apa yang diberitahukan oleh header kepada Google. Pada akhirnya, mesin pencari akan melihat judul dan snippet (ringkasan, biasanya diambil dari alinea pertama) sebelum mereka melihat teks isi.

Pikirkan Google sebagai pembaca yang membaca sekilas blog Anda. Mereka akan fokus pada ide utama --dan itulah yang ditampilkan oleh header, seperti H2 dan H3. 

Gunakan lead atau alinea pertama untuk menyampaikan gagasan utama bagian Anda secara akurat, tetapi pastikan setiap paragraf pertama menggunakan kata kunci yang memiliki niat tinggi dan akurat. 

Ketika Anda menggunakan kata kunci yang tepat (menggunakan alat penelitian kata kunci), Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk membantu peringkat posting Anda di halaman pertama.

2. Manfaatkan cuplikan unggulan.

Menurut Google, "Cuplikan pilihan berasal dari daftar pencarian web. Sistem otomatis Google menentukan apakah halaman akan menjadi cuplikan pilihan yang bagus untuk disorot untuk permintaan pencarian tertentu."

Cuplikan pilihan di Google adalah jawaban paling langsung untuk permintaan pencarian. Misalnya, jika saya menelusuri, "Bagaimana Anda menulis posting blog?", Google mungkin menggunakan cuplikan pilihan untuk menunjukkan jawaban yang paling memadai:

Untuk mendapatkan cuplikan unggulan di Google, Anda pasti ingin menjawab pertanyaan yang mungkin dimiliki pembaca saat mereka membuka entri blog Anda. 

Misalnya, jika istilah pencariannya adalah "bagaimana saya harus menulis posting blog?", Jawab pertanyaan itu dengan daftar, dimulai dengan "Bagaimana Menulis Posting Blog" sebagai tajuk, disertai dengan daftar item yang relevan dan dapat ditindaklanjuti.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana membuat item daftar dapat ditindaklanjuti, aturan praktis yang baik adalah menulis kalimat lengkap dan memulai setiap kalimat dengan kata kerja, seperti "Tulis", "Riset", "Buat". 

Selain itu, pastikan setiap kalimat menjawab pertanyaan atau tantangan. Untuk definisi, atau cuplikan paragraf, pastikan ringkas, tetapi berikan latar belakang yang cukup untuk menjelaskan kata atau frasa.

3. Menjawab pertanyaan pengguna.

Setiap hari Google menjawab pertanyaan yang tak terhitung jumlahnya. Saat Anda membingkai postingan untuk menjawab pertanyaan audiens Anda, Google akan melihatnya dan mendorong postingan Anda ke halaman yang lebih tinggi.

Ini SEO dasar yang sejak awal dikemukakan Google: pastikan konten Anda bermanfaat bagi pengguna, dicari user internet. 

4. Gunakan deskripsi meta

Apakah Anda menambahkan deskripsi meta ke posting Anda? Jika jawaban Anda adalah "Tidak," maka Anda mungkin tidak memberikan postingan Anda sebanyak mungkin. Mari kita bahas mengapa mereka penting.

Sekarang, kita telah membicarakan tentang beberapa cara postingan blog dapat berkomunikasi dengan Google: dengan judul, kata kunci, dan cuplikan. Namun, itu bukanlah daftar yang lengkap.

Deskripsi meta adalah metode lain yang digunakan Google saat memberi peringkat pada hasil pencarian. Deskripsi meta adalah deskripsi 1-3 kalimat yang akan Anda temukan di bawah judul hasil.

Untuk Blogger, pastikan Anda mengisi kolom "Deskripsi Pencarian" (Search Description) selain Labels.

Gunakan deskripsi meta untuk menyimpulkan tentang apa posting Anda. Ingatlah untuk membuatnya tetap pendek, gunakan kata kunci, dan pastikan itu menarik. 

Bagaimanapun, akan ada banyak posting yang mirip dengan milik Anda, yang bertujuan untuk peringkat # 1. Anda ingin milik Anda menonjol di atas yang lain.

Sebagian besar perangkat lunak blog memiliki kotak deskripsi meta yang terpasang di bilah alat atau opsi pemformatan posting, jadi Anda tidak perlu melihat jauh untuk menggunakan fungsi tersebut. HubSpot dan WordPress, misalnya, menunjukkan di mana menambahkan deskripsi meta di editor posting.

5. Tambahkan teks alt ke gambar.

Ini soal SEO Gambar. Dengan gambar apa pun yang Anda tambahkan ke posting Anda - apakah itu gambar unggulan atau teks tubuh - Anda ingin menambahkan teks alt. 

Teks alternatif mendeskripsikan apa yang terjadi di foto. Anggap saja sebagai teks tertutup untuk gambar.

Teks alternatif membantu Google, serta mereka yang memiliki gangguan penglihatan, memahami mengapa foto itu ada di kiriman Anda. Ini meningkatkan peringkat dan aksesibilitas artikel Anda, membuatnya lebih mudah dibagikan.

Misalnya, jika Anda menyertakan infografis tentang segmentasi pemirsa, teks alt harus berbunyi seperti, "Infografis berguna yang menjelaskan segmentasi pemirsa". Perhatikan bagaimana kalimat ini menggunakan kata kunci untuk menarik Google lebih jauh.

Sekarang katakanlah Anda menggunakan gambar stok sebagai foto unggulan, tetapi itu tidak selalu menggambarkan apa pun yang berhubungan dengan konten posting Anda. Misalnya, topik Anda adalah rasio klik-tayang, dan ini adalah gambar unggulan Anda:

Teks alt ini menggunakan kata kunci untuk mendeskripsikan situasi yang sesuai dengan tema postingan. Dengan begitu, gambar Anda tidak menurunkan peringkat posting Anda, tetapi berfungsi untuk meningkatkan peringkatnya. Jika Google melihat teks alt, itu adalah kotak lain yang dicentang untuk posisi tinggi di SERP.

Untuk menambahkan alt text di Blogger, setelah gambar diupload, klik gambar sekali, lalu klik icon Gear. Perhatikan gambar berikut ini:

Tambahkan teks alt ke gambar

Tambahkan teks alt ke gambar


6. Jangan batasi kata kunci pada tubuh posting Anda.

Pada akhirnya, kata kunci harus digunakan di hampir setiap bagian blog Anda. Kata kunci dapat dimasukkan dalam posting Anda: judul, alinea pertama atau cuplikan, foto, subjudul, dan bagian akhir naskah.

Kata kunci sangat kuat karena merupakan titik awal SERP. Google akan selalu memasukkan jenis browser apa ke dalam bilah pencarian dan mencari halaman web dengan kata-kata yang sama persis. 

Jadi, penting untuk memastikan setiap elemen, mulai dari judul postingan, hingga ajakan bertindak, terkait dengan kata kunci Anda.

Meskipun demikian, penting juga untuk tidak memasukkan kata kunci ke dalam postingan Anda. Tujuannya adalah untuk membuat halaman Anda dioptimalkan sepenuhnya, tidak berlebihan. Temukan kecocokan alami untuk penambahan kata kunci, tetapi jangan memaksanya sehingga konten Anda tidak terbaca.

Sebaliknya, cobalah berfokus pada satu atau dua frasa untuk membuat deskripsi lebih alami.

Dengan begitu, Anda masih menggunakan kata kunci, tetapi Anda tidak melebih-lebihkan postingan hingga tidak terbaca. 

Ingat, meskipun Google adalah mesin pencari, Google masih harus memahami posting Anda untuk merekomendasikannya ke browser situs web. 

Selain itu, pengalaman pembaca akan menentukan seberapa baik peringkat posting Anda. Jika pembaca keluar dari halaman web Anda karena membingungkan mereka, itu akan memberi sinyal kepada Google bahwa posting Anda tidak cukup baik untuk diberi peringkat.

7. Identifikasi kata kunci yang sangat efektif saat mencari ide posting.

Google menangani lebih dari 40.000 permintaan pencarian per detik. Mengejutkan, bukan? Jika Anda ingin memotong hasil pencarian yang berantakan dan mengungguli pesaing Anda, Anda perlu menargetkan kata kunci dan frase spesifik yang dicari oleh calon pelanggan Anda. Bagaimana lagi mereka akan menemukan konten dan situs web Anda?

Untuk mengidentifikasi kata kunci populer tersebut, buka platform sosial yang sering dikunjungi audiens target Anda dan lihat apa yang sedang trending. Perhatikan baik-baik frase yang mereka gunakan dan pantau istilah dan topik industri populer.

Google Trends juga dapat memberi Anda gambaran tentang kata kunci apa yang populer pada waktu tertentu. Jika Anda melihat penelusuran terus menurun dari waktu ke waktu

Perhatikan bahwa kata kunci yang paling jelas tidak selalu merupakan kata kunci terbaik. Penelusur cenderung menggunakan kata kunci "ekor panjang" (long-tail keywords) yang sangat spesifik, frasa kata kunci, dan pertanyaan saat mereka mencari sesuatu.

Kata kunci ekor panjang mencakup hingga 70% dari semua lalu lintas pencarian dan dapat membuka pintu menuju SEO yang sukses. 

Strategi SEO ekor panjang bisa meningkatkan lalu lintas pencarian organik sebesar 20% atau lebih hanya dalam dua bulan!

Karena Anda menghadapi persaingan ketat untuk kata kunci yang lebih pendek dan lebih umum, Anda sering kali memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan peringkat di hasil teratas untuk kata kunci berekor panjang. 

Kata kunci berekor panjang memungkinkan Anda membidik lalu lintas situs web berkualitas lebih tinggi yang sering kali mengetahui apa yang mereka cari dan mungkin lebih jauh dalam perjalanan pembeli.

Ingatlah bahwa kata kunci fokus Anda akan berkembang dari waktu ke waktu seiring dengan pergeseran tren, perubahan terminologi, atau perubahan lini produk / layanan Anda. 

Pastikan untuk melakukan penelitian kata kunci secara berkala untuk memastikan Anda masih fokus pada kata kunci yang tepat untuk audiens target Anda dan tidak melewatkan peluang peringkat yang penting.

8. Integrasikan kata kunci 

Secara alami mengintegrasikan kata kunci tersebut ke seluruh posting Anda. Setelah Anda memutuskan daftar kata kunci target, sekarang saatnya menulis entri blog yang berfokus pada salah satu kata kunci tersebut. 

Diskusikan topik blog dengan tim Anda dan putuskan topik yang akan memikat dan melibatkan audiens target Anda.

Pertahankan kepribadian pembeli Anda, motivasi mereka, tantangan, minat, dll. Dalam pikiran selama proses brainstorming. Pilih topik yang secara emosional akan beresonansi dengan calon pelanggan Anda dan kebutuhan, keinginan, atau rasa sakit mereka.

Saat Anda menulis blog, kata kunci dan variasi alami Anda harus diselingi secara teratur di seluruh pos. Kata kunci utama Anda akan muncul di tempat-tempat utama berikut:
  1. Judul
  2. Subjudul
  3. URL jika memungkinkan
  4. Teks alternatif gambar (mesin telusur tidak dapat membaca gambar)
  5. Deskripsi meta
  6. Di seluruh konten

Ingatlah bahwa Anda menulis untuk manusia, bukan mesin telusur. Berfokuslah untuk melibatkan pembaca dengan gaya penulisan alami yang mempertimbangkan kebutuhan dan minat mereka.

9. Tautan ke situs web yang berpengaruh.

Saat Anda membuat entri blog, jangan takut untuk menautkan ke artikel atau blog lain.

Menautkan ke situs web yang berlaku dan terkemuka tidak hanya menawarkan bahan bacaan tambahan kepada pembaca blog untuk memperluas pengetahuan mereka, tetapi juga menunjukkan kepada Google dan mesin telusur lain bahwa Anda telah melakukan penelitian. 

Blogger atau penulis bahkan dapat membalas budi dan tautan ke situs Anda.

Tidak ada yang memperkuat posting blog seperti statistik yang didukung penelitian yang sulit diperdebatkan dari situs web berpengaruh. 

Statistik yang menarik membantu Anda membangun argumen yang lebih meyakinkan dan konkret yang akan membuat pembaca Anda berpikir (terutama jika mereka berasal dari situs tepercaya yang mereka kenal dan sukai).

10. Posting panjang.

Di era rentang perhatian yang pendek (rata-rata 8 detik untuk manusia), Anda akan berpikir posting blog yang lebih pendek adalah cara yang tepat. 

Tetapi mesin pencari sebenarnya lebih suka posting blog yang lebih panjang dan mendalam.

Semakin panjang posting blog Anda, semakin besar peluangnya untuk muncul di hasil mesin pencari teratas. 

SerpIQ menemukan bahwa halaman posisi ke-10 memiliki 400 kata lebih sedikit daripada halaman posisi pertama. Posting yang lebih panjang akan memberi peringkat lebih mudah untuk kata kunci target Anda.

Pikirkanlah: semakin banyak konten di halaman tersebut, semakin banyak petunjuk yang dimiliki mesin pencari untuk mengetahui tentang apa blog Anda. 

Kami merekomendasikan menulis minimal 300 kata per posting blog. Panjang ini memberi mesin pencari banyak kata kunci dan teks untuk dirayapi dan membantu mereka memahami tentang apa blog Anda.

Sisi negatif dari blog yang lebih panjang adalah mereka mungkin menakuti pembaca Anda. Kita hidup di dunia skimmer dan pemindai.

Anda dapat menulis postingan blog yang dapat dipindai dan dibaca yang memikat pembaca online dengan mempersempit kalimat dan paragraf Anda. Ubah kalimat bertele-tele menjadi dua. Jaga paragraf Anda maksimal 2-3 kalimat.

Selain itu, manfaatkan sepenuhnya daftar berpoin dan subpos yang menarik perhatian pembaca. Dengan mengikuti taktik ini, Anda akan membuat blog yang lebih mudah dibaca (terutama di perangkat seluler!) Dan tidak terlalu menakutkan bagi mata pemindai.

11. Internal link

Menautkan ke halaman lain atau postingan blog di situs Anda membantu mesin telusur merayapi situs Anda dan membuat peta situs yang lebih akurat. 

Ini juga membantu audiens Anda menemukan lebih banyak konten Anda dan mengenal Anda sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya dan kredibel.

Tautan internal ke konten berharga lainnya membuat pengguna berada di situs Anda lebih lama, mengurangi rasio pentalan dan meningkatkan potensi konversi Anda (dan bukankah itu maksudnya?).

Saat menautkan ke halaman mana pun di situs web Anda, atau bahkan sumber luar, gunakan bahasa alami untuk teks tautan Anda. Hindari penggunaan teks berisi spam atau umum seperti "laptop murah terbaik" atau "klik di sini" (click here).

Alih-alih, gunakan kata kunci deskriptif yang memberi pembaca gambaran tentang apa yang akan mereka temukan ketika mereka mengklik hyperlink, seperti panduan pengoptimalan mesin pencari.

Jangan pernah memaksakan tautan umpan ke halaman web teratas Anda, produk unggulan, atau item diskon. Jenis tautan ini hanya akan mematikan pembaca dan dapat menyebabkan mesin pencari menghukum situs web Anda.

Peringatan: jangan berlebihan pada tautan internal Anda atau tautan apa pun. Kami tahu bahwa sangat menggoda untuk menautkan ke semua blog dan laman web Anda, tetapi hanya memilih yang paling meningkatkan poin atau wawasan yang Anda tulis di blog tertentu. 

Selalu pikirkan apakah tautan ini secara alami terkait dengan pokok bahasan dan apakah tautan tersebut menawarkan nilai yang signifikan bagi pembaca Anda.

12. Optimalkan gambar untuk kecepatan halaman secepat mungkin.

Google menghargai halaman dengan kecepatan halaman yang lebih cepat dan menempatkan halaman yang tertinggal lebih rendah pada peringkatnya. Jadi, penting untuk memastikan waktu muat halaman Anda secepat mungkin.

Salah satu penyebab utama jeda halaman adalah foto berukuran besar. Jika foto yang Anda unggah terlalu besar, itu akan membuat halaman membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat - bahkan jika gambarnya tidak tampak besar di layar. Untungnya, Anda dapat membuat postingan Anda tetap menarik secara visual tanpa mengorbankan kecepatan penting.

Setelah Anda memilih foto, gunakan perangkat lunak kompresi gratis, seperti Squoosh.app untuk membuatnya sekecil mungkin sebelum kehilangan kualitasnya. Penghapusan data foto berlebih akan mempercepat waktu pemuatan sehingga pembaca tidak perlu menunggu.

Jika Anda mencurigai bahwa masalah SEO Anda terkait dengan kecepatan halaman rendah, Google menawarkan alat gratis yang dapat menilai halaman Anda dan memberi Anda saran untuk peningkatan kecepatan. Berikut panduan tentang cara menggunakannya dan meningkatkan skor Anda.

13. Bentuk strategi membangun tautan.

Lalu lintas dari tempat selain Google sangat penting untuk peringkat pencarian Anda. Mengapa? Pikirkan hasil penelusuran seperti kompetisi di mana pemenang mendapatkan suara terbanyak. 

Setiap halaman web yang menautkan kembali ke Anda dianggap sebagai "suara" untuk situs web Anda, yang membuat konten Anda lebih dapat dipercaya di mata Google. Pada gilirannya, ini akan membuat Anda naik lebih jauh di hasil penelusuran.

Jadi, ada baiknya untuk menulis posting yang situs web atau publikasi lain ingin hyperlink di dalam posting mereka sendiri. Anda juga dapat menulis posting di situs web bisnis lain yang memiliki pranala kembali ke situs web Anda dengan cara tertentu.

Agar postingan blog situs Anda lebih dapat ditautkan, sertakan aset atau informasi berharga, seperti data Anda sendiri, pemikiran orisinal, infografis, definisi, atau fakta lain yang mungkin tidak ditemukan orang di tempat lain.

Setelah Anda menulis postingan, Anda mungkin ingin mulai mengirimkannya ke publikasi atau situs web lain yang mungkin ingin mendiskusikannya atau menautkannya ke postingan mereka yang lain. Penjangkauan ini memungkinkan publikasi lain mengetahui pos tersebut dan mungkin juga membantu Anda mengembangkan aliansi membangun tautan dengan mereka di masa depan.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk melakukan promosi, seperti wawancara atau posting tamu yang menautkan ke posting blog situs web Anda untuk lebih mendorong pembuatan tautan.

Strategi ini bisa menjadi kunci kesuksesan SEO Anda, tetapi bisa memakan waktu. Untuk membantu Anda, pertimbangkan untuk mencoba salah satu perangkat lunak ini.

Membuat Judul Posting Blog untuk SEO

Judul yang buruk dapat merugikan Anda di mesin pencari. 

Jika Anda seorang blogger kecantikan dan Anda melihat orang-orang menelusuri "cara memakai lipstik matte", postingan Anda mungkin berjudul, "Cara Memakai Lipstik Matte: Panduan 5 Langkah".

Di sisi lain, jika blog Anda mencakup kecerdasan buatan dan Anda melihat orang-orang menelusuri aplikasi AI baru, Anda dapat menulis entri blog berjudul "Cara Menggunakan [Sisipkan Nama Aplikasi AI]," atau "Kami Mencoba [Sisipkan] Baru Nama Aplikasi] Aplikasi: Inilah Yang Terjadi "

Jika Anda membuat blog tentang pertanian atau keberlanjutan dan menemukan bahwa "apa yang harus dibeli di kios pertanian" adalah penelusuran biasa, Anda dapat menulis listicle berjudul "Apa yang Dapat Dibeli di Stand Pertanian Musim Panas Ini".

Anda tahu cara menulis konten yang akan disukai audiens. Sekarang, saatnya menulis tentang apa yang disukai Google. 

SEO hanya meningkatkan peluang postingan Anda dilihat oleh audiens yang tepat, memperluas jangkauan Anda.

Awalnya mungkin terdengar rumit, menulis untuk dua audiens, tetapi ingat saja hal-hal berikut: kata kunci, cuplikan, dan deskripsi. 

Mempelajari bahasa baru membutuhkan waktu, tetapi untungnya, perangkat lunak blog Anda kemungkinan dapat mengingatkan Anda tentang tip SEO ini. 

Demikian Menulis untuk SEO: Cara Membuat Artikel Blog Peringkat 1 Google. Happy Blogging!

Sumber: Hubspot

Thanks for reading Menulis untuk SEO: Cara Membuat Artikel Blog Peringkat 1 Google | Labels: Tips SEO edit this post
0 Komentar untuk "Menulis untuk SEO: Cara Membuat Artikel Blog Peringkat 1 Google"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top