Pengertian Podcast dan Cara Membuatnya

Podcast sedang ngehit. Podcasting menjadi "the new blogging" dan gaya content marketing kekinian. Youtuber pun beramai-ramai membuat konten video podcast alias podcast yang divideokan. Berikut ini  Pengertian dan Cara Membuat Podcast.

Pengertian dan Cara Membuat Podcast

Pengertian Podcast

Podcast adalah singkatan dari iPod dan Broadcasting. iPod adalah gadget produk Apple berupa perangkat pemutar media digital khususnya musik.

Pengertian podcast secara umum adalah siaran non-streaming melalui audio yang mirip siaran radio, namun berupa file audio yang bisa diunduh.

Kata podcast diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi siniar. Menurut KBBI, siniar adalah siaran (berita, musik, dan sebagainya) yang dibuat dalam format digital (baik audio maupun video) yang diunduh melalui internet. 

Podcast juga sering disebut rekaman audio berupa monolog, obrolan (talkshow), dan nyanyian (lagu).

Saat ini trending juga podcast yang divideokan sehingga menjadi "video podcast" yang banyak dibuat oleh Youtuber.

Saat ini podcast bisa didengarkan di banyak aplikasi penyedia layanan podcast. Berikut ini 10 penyedia podcast yang paling populer:
  1. Spotify
  2. Anchor
  3. Soundcloud
  4. Apple Podcast
  5. Google Podcast
  6. Podbean
  7. Podcast Republic
  8. Pocket Casts
  9. Stitcher
  10. Castbox

Jenis-Jenis Podcast: Format

Jenis-jenis Podcast yang berkembang saat ini ada tiga:
  1. Interview Podcast -- merupakan jenis podcast dimana host mewawancarai bintang tamu atau narasumber yang berbeda pada setiap episodenya.
  2. Solo Podcast -- hanya dilakukan satu dan biasanya bersifat monolog. Jadi, dalam podcast tersebut biasanya hanya menyampaikan opini, tanya jawab atau hanya sekadar berbagai informasi terkini kepada pendengar.
  3. Multi Host Podcast -- terdapat dua host atau lebih. Multi Host Podcast menyuguhkan diskusi yang berisi pendapat dan perspektif yang berbeda.Dengan begitu, podcast jenis tersebut bisa menjadi hiburan tersendiri, terutama bagi orang yang suka mendengarkan percakapan atau debat.

Sejarah Podcast

Menurut laman History of Podcasting, ide tentang podcast pertama kali muncul dari sebuah pertemuan yang dilakukan antara Adam Curry (mantan juru video a.k.a Veejay MTV) dan Dave Winer (pengembang perangkat lunak/software developer) tahun 2000. 

Dari situ ide tersebut mulai dikembangkan hingga tahun 2004 Adam berhasil menulis sebuah program bernama iPodder, yang memungkinkan dia untuk mendownload secara otomatis Internet radio broadcast ke iPod miliknya. 

Setelah itu, program tersebut semakin dikembangkan oleh sejumlah software developer dan akhirnya istilah podcasting pun resmi lahir sejak saat itu. 

Tepatnya ketika Ben Hammersley (seorang jurnalis asal Inggris) sedang memperbaiki artikelnya tentang fenomena ramainya pengunduhan program audio di Internet untuk diserahkan ke editorpada saat itu.

Popularitas Podcast

Podcast kini telah menjadi koreksi baru untuk strategi pemasaran tidak hanya untuk korporasi, tetapi juga untuk individu. Untuk memulai podcast sangat mudah.

Ada lompatan signifikan dalam jumlah penonton yang berubah menjadi pendengar podcast.

Menurut penelitian, rasio pendengar meningkat menjadi lebih dari 25% tahun 2019, menjangkau lebih dari 100 juta lebih pendengar di Amerika Serikat, dan tren mengatakan itu hanya akan menjadi lebih besar!

Angka-angka ini sangat menentukan kekuatan podcast. Podcast bisa meningkatkan trafik pengunjung situs web dan follower media sosial juga.

Nah, Jika Anda belum memulai Podcast untuk pemasaran konten Anda, maka dengan statistik ini dinyatakan, dorongan untuk Memulai Podcast pasti telah muncul dalam diri Anda!

Namun, sebelum itu, mari kita perjelas terlebih dahulu bahwa Mengapa Podcast sangat penting?

Alasannya, "Podcast adalah penyederhanaan". Ini menyederhanakan banyak hal untuk kita dengan sangat mudah!

Bagaimana?

Anda harus menghabiskan waktu di YouTube atau platform konten lainnya untuk menonton video atau membaca postingan blog yang menempel pada sistem komputer atau handset Anda.

Tetapi dengan Podcast, semuanya menjadi lebih sederhana!

Bagaimana jika Anda sedang mengemudi? Apakah Anda lebih suka menonton video pada saat itu?

Tentunya TIDAK!

Tetapi Anda lebih suka mendengarkan. Itu membuat Podcast disukai.

Menonton video menghadirkan gangguan terbesar saat mengemudi. Nah, bagaimana jika Spotify memainkan Podcast yang Anda minati?

Cari podcast yang Anda inginkan, unduh, dan dengarkan, kapan pun Anda mau, di mana pun Anda mau.

Semudah itu!

Podcast telah mendapatkan popularitas luar biasa. Pendapatan iklan untuk podcasting tumbuh lebih dari 50% dari 2017 hingga 2018 dan diharapkan tumbuh lebih dari 1.000% hingga 2020.

Untuk podcast yang memiliki lebih dari 5000 unduhan per bulan, ada pasar yang berkembang dari perusahaan yang bersedia mensponsori podcast.

Hampir setiap organisasi perusahaan saat ini mulai mengandalkan kekuatan podcast untuk meningkatkan jangkauan pelanggan dan nilai mereknya.

Mari kita gali lebih dalam tentang manfaat Podcast.

Manfaat podcast

Ada beberapa keuntungan menggunakan podcast. Itu membuat hubungan yang produktif, membangun otoritas merek Anda, dan kesadaran merek yang efektif membawanya selangkah lebih maju dari saluran lain.

1. Meningkatkan keterlibatan

Podcast meningkatkan keterlibatan karena lebih fokus pada pelanggan target. 

Jika seseorang ingin mendengarkan podcast Anda, maka orang tersebut harus tahu nama Podcast Anda atau keahlian khusus podcast Anda. 

Dengan demikian, hanya dia yang dapat langsung mendengarkan Anda secara online. Dalam hal ini, seseorang yang menyukai dan tertarik dengan niche Anda akan menjadi audiens yang tersegmentasi karena Anda akan dengan mudah dapat ditargetkan!

2. Mobilitas.

Podcast menawarkan Anda mobilitas karena Anda tidak harus bergantung pada sistem komputer Anda atau bergantung pada wi-fi setiap saat. Anda dapat mengunduhnya dan mendengarkannya kapan pun Anda mau.

3. Selektivitas.

Ini memberi Anda selektivitas yang sangat baik karena siapa yang pernah ingin mendengarkan podcast Anda harus tahu nama Pertunjukan atau Pembawa Acara. Jadi, tidak ada flipping.

Ketika pelanggan Anda puas, Anda telah memenangkan setengah permainan. Oleh karena itu, penting untuk menemukan cara inovatif untuk menjangkau pelanggan Anda, dan Podcast meraih tren teratas dalam hal ini.

Sekarang setelah Anda mendapatkan alasan untuk memulai Podcast, mari kita ketahui bagaimana Anda bisa memulai Podcast sendiri?

Cara Membuat Podcast

Berikut ini panduan membuat poadcast atau podcasting bagi pemula.

Persiapan Membuat Podcast

Bagaimana cara memulai Podcast?

Siapa pun dapat memulai podcast dengan hampir tanpa keterampilan teknis. Rintangan untuk memulai debut Anda di podcast setinggi lutut.

Untuk memulai podcast, Anda harus memenuhi beberapa target khusus dan utama buatan sendiri sebelum itu sehingga Anda tidak menghadapi masalah sesudahnya.

1. Memilih Niche Podcast

Anda harus spesifik tentang Niche Anda sebelum memulai podcast. Ini akan membantu Anda dalam menarik pelanggan yang ditargetkan.

Podcast adalah rangkaian konten yang dapat didengar secara berkala, oleh karena itu setiap episode harus terhubung satu sama lain. Ini hanya akan tercapai jika Anda menggunakan ceruk tertentu.

Apa yang bisa menjadi niche Anda? Niche Anda bisa berupa topik apa saja yang Anda kuasai atau singkatnya; Anda memegang keahlian dari subjek tertentu.

Orang-orang umumnya cenderung mendengarkan podcast untuk mendapatkan saran ahli yang dapat membantu mereka atau dapat menyelesaikan pertanyaan mereka dengan cara yang paling diinginkan.

Jadi, tetapkan niche Anda sesuai dan lakukan beberapa R&D sebelum memutuskan.

2. Beri nama Podcast Anda

Kesan pertama adalah yang terakhir. Nama Podcast Anda harus pendek dan jelas! Audiens harus dengan mudah tahu tentang podcast Anda. Ini harus menarik.

3. Seni Sampul (Cover Art)

Ini harus sangat terfokus. Seni sampul Anda harus jelas dan dapat dibaca. Mungkin ada nama podcast Anda di dalamnya. Entah Anda dapat melihat saluran podcast teratas dari niche Anda dan menganalisisnya.

4. Deskripsi podcast

Deskripsi adalah salah satu bagian penting dari pengaturan podcast Anda. Ini membantu dalam membangun otoritas dan menarik pendengar ke podcast Anda.

Pastikan deskripsi Anda dioptimalkan kata kunci. Ini akan membantu Anda mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Ini menciptakan dampak pada pendengar dan mendorongnya untuk mendengarkan podcast Anda.

Deskripsi Podcast Anda dapat melihat bahwa saluran podcast ini dengan sangat jelas menunjukkan otoritasnya dengan menunjukkan siapa mereka dan jenis konten apa yang mereka sediakan, dengan cara yang sangat ringkas.

5. Penyedia Hosting untuk podcast

Seperti situs web, podcast Anda juga membutuhkan hosting. Ada banyak penyedia hosting di pasar, tetapi Anda perlu memeriksa mana yang lebih baik, karena jika Anda tidak memilih host yang berkualitas baik, maka pendengar Anda mungkin memiliki masalah dalam mendownload dan streaming podcast Anda.

Oleh karena itu, Anda harus fokus pada langkah-langkah berikut dalam memilih Server yang dihosting:
  • Harga: Setiap server memiliki harganya. Itu tergantung pada apa yang Anda mampu dan kemudian dalam anggaran Anda, mana yang terbaik.
  • Mudah digunakan: Hosting Anda harus mudah digunakan dan ditangani karena Pelanggan Anda akan menganggapnya mengganggu jika rumit bagi mereka.
  • Dukungan Untuk RSS Feed: RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication. Jika host Anda mendukung RSS feed, maka file XML secara otomatis akan diubah menjadi informasi yang diperbarui.
  • Perakit Situs: Beberapa host memberi Anda pembuat situs. Di sini Anda dapat membuat situs web dan mengintegrasikan episode podcast Anda ke sana.

Berikut adalah daftar penyedia hosting teratas untuk podcast:
  1. Anchor
  2. Podbean
  3. Transister
  4. Simplecast
  5. Captivate
  6. Spreaker
  7. Smart Podcast Player
  8. Podcast Websites
  9. Audioboom

Tapi tunggu! Apakah Anda akan menggunakan ponsel Anda untuk merekam podcast?

Anda bisa menggunakannya, tapi bisa jadi tidak masuk akal. Ini dapat menghasilkan suara yang rusak, kebisingan dari suasana, atau mungkin apa saja.

Peralatan Podcasting

Peralatan Podcasting

Peralatan yang digunakan untuk podcasting:

1. Mikrofon

Hal penting yang diperlukan untuk merekam podcast Anda adalah mikrofon. Podcast adalah format audio, dan dalam hal ini, Anda tidak bisa begitu saja berkompromi dengan kualitas suara yang direkam.

Jadi, gunakan mikrofon yang berkualitas baik seperti:
  •  Maono AU-A03 condenser microphone kit
  •  Yeti USB microphone by Blue microphones
  •  HyperX Quadcast microphone by HyperX
  •  NT1-A condenser microphone by Rode
  •  Boya BY-M1 Lavalier Microphone

2. Mixer

Anda dapat menggunakan mikrofon USB atau mikrofon XLR, tetapi dengan itu, Anda dapat menggunakan Audio Interfce atau Mixer.

Audio Interface mentransfer sinyal analog Anda dari mikrofon ke komputer. Jadi, itu bertindak sebagai perangkat penghubung antara mikrofon dan komputer Anda. Sedangkan mixer memberi Anda kontrol yang kuat atas input dan output Anda.

3. Headphone

Setelah itu, Headphone juga merupakan kebutuhan. Anda harus mendengar apa yang Anda rekam dan memeriksa kualitas audionya.

4. Software Edit Audio

Namun, Anda dapat melakukan streaming langsung podcast Anda, karena Anda pandai berbicara, tetapi banyak yang lebih suka merekam dan mengeditnya sebelum diterbitkan.

Karena itu, Anda juga harus memiliki Perangkat Lunak Pengeditan hanya untuk membuat podcast yang bagus untuk pendengar Anda. Anda dapat menghapus spasi atau kesalahan.

Tambahkan beberapa musik tema ke podcast Anda, membuatnya menghibur.

Beberapa software editing gratis yang bisa kamu temukan dengan mudah di internet adalah:
  • Audacity (Limited)
  • Power Sound Editor
  • Music Maker
  • Studio One
  • Wave Pad
Sekarang Anda siap menjadi Podcaster.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah menyebutkan beberapa tag ke podcast Anda sebagai genre podcast, tanggal penerbitan, deskripsi singkat untuk podcast.

Sekarang yang perlu Anda lakukan hanyalah Rekam Podcast Anda, Publikasikan, Pasarkan, dan Nikmati!

Anda juga bisa membuat podcast sekarang juga melalui Anchor. Buat akun, buat episode, dan start podcasting!

Sumber

Thanks for reading Pengertian Podcast dan Cara Membuatnya | Labels: Podcast, Tips edit this post
0 Komentar untuk "Pengertian Podcast dan Cara Membuatnya"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top