Humas Online: Tugas dan Fungsi Kegiatan Cyber Public Relations

Humas Online adalah kegiatan kehumasan (public relations) dengan memanfaatkan media internet. Praktisi PR harus terampil mengelola website, blog, dan media sosial.

  Humas Online: Tugas dan Fungsi Kegiatan Cyber Public Relations

Hubungan Masyarakat atau humas adalah bagian, divisi, seksi, atau unit khusus dalam sebuah organisasi atau lembaga yang menangani komunikasi dan informasi, termasuk promosi atau sosialisasi.

Humas melakukan kegiatan publikasi dan distribusi informasi produk, layanan, atau kegiatan lembaga, juga membangun hubungan baik dengan berbagai pihak, termasuk kalangan media, untuk membangun citra dan kepercayaan publik.

Di era digital saat ini, praktisi humas memanfaatkan internet untuk kegiatan kehumasan atau public relations (PR).

Kegiatan humas secara daring ini disebut Humas Online, PR Online, Online Public Relations, E-PR, Digital PR, dan PR on the Net.

Pengertian Humas Online


Humas Online mengacu pada penggunaan internet untuk berkomunikasi dengan pelanggan potensial dan saat ini di ranah publik. 

Humas Online adalah pekerjaan humas komunikator melalui saluran komunikasi online yang tersedia (dan alat komunikasi). Selain halaman online media klasik, saluran ini mencakup media sosial, blog, dan situs web.

Berdasarkan langkah-langkah yang diambil di bidang cetak, kemungkinan dan peluang yang ditawarkan oleh media online digunakan dan disesuaikan dengan strateginya.

PR online menunjukkan perbedaan dari PR tradisional. Salah satunya terkait dengan platformnya. Dibandingkan dengan saluran PR tradisional (seperti TV, radio, dan media cetak), sistem jaringan yang digunakan untuk PR online bervariasi dari platform penelusuran hingga platform sosial. 

Di era pemasaran digital, alat PR online utama bagi para profesional dan pemasar PR seperti pemasaran konten, pengoptimalan mesin telusur (SEO) adalah hasil dari campuran teknologi digital dan PR. 

Pendekatan tersebut telah menjadi mesin pemasaran digital arus utama dan pembelajaran untuk memanfaatkan alat pemasaran ini merupakan bagian penting dari strategi PR modern.

Humas online sangat mirip dengan humas tradisional dalam arti bahwa ini tentang memengaruhi publik daripada membeli penempatan untuk konten merek. 

Pengaruhnya bisa menghasilkan berita di majalah, review koran di Google atau blog. Ini juga dapat menyebabkan penjemputan online lainnya, termasuk melalui pengaruh media sosial.

Tujuan Humas Online


Tujuan humas online adalah untuk memiliki dampak kualitas tinggi yang bertahan lama pada citra eksternal perusahaan atau merek. 

Selain itu, beberapa tujuan parsial ditentukan oleh:
  • Akuisisi dan retensi pelanggan baru
  • Komunikasi informasi
  • Meningkatkan perhatian
  • Menciptakan rasio biaya-manfaat yang tinggi
  • Meningkatkan reputasi (online)
  • Mengukur dan mengendalikan kesuksesan
  • Mencapai tingkat aktualitas yang tinggi 

Perangkat Humas Online


Website merupakan hub atau sentral kegiatan humas online. Konten-konten di website lembaga disebarkan di media sosial dan media internet lanin yang tersedia, seperti email dan whatsapp (WA).

Karenanya, praktisi humas wajib mahir dalam mengelola website dan media sosial, baik dari sisi desain maupun konten (content writing dan content marketing), termasuk SEO.

Media sosial & Digital PR hari ini

PR baik tradisional maupun digital, selalu mendasarkan dirinya pada hubungan. Dengan cara yang sama, media sosial adalah tentang menghubungkan orang atau menghubungkan perusahaan dengan pelanggannya dan target demografinya. 

Ketika media sosial dan hubungan masyarakat digabungkan, mudah untuk memulai interaksi dalam percakapan dua arah dengan target pasar Anda, yang merupakan perjuangan di masa lalu untuk departemen PR. 

Pada saat yang sama, merupakan sumber masukan yang sangat berharga dan cara untuk mengenali apa yang paling penting bagi audiens Anda. 

Di sisi lain, selama bertahun-tahun, mengukur efektivitas pesan atau kampanye menjadi sangat sulit. Meskipun demikian, sekarang dengan media sosial, mudah untuk melihat metrik, menganalisis data, menyoroti keterlibatan, dan dari sana membuat keputusan berdasarkan dampak yang dibuat. 

Terakhir adalah aliansi yang hebat untuk kesadaran merek, platform yang sempurna untuk berbicara. Sampaikan pesan Anda, tunjukkan budaya perusahaan, dan jual visi Anda. Ini adalah pengubah permainan yang cukup besar akhir-akhir ini, pelanggan akan beralih ke perusahaan tempat mereka dapat mencari ulasan, nilai perusahaan, dan sebagainya, melalui produk di mana tidak ada informasi yang ditemukan secara online.

Dalam PR online, batasan antara PR klasik, pemasaran, media sosial, dan SEO kabur. Meski banyak pakar komunikasi yang mendefinisikan istilah tersebut secara berbeda, sudah pasti PR online bukan hanya adaptasi dari PR klasik.

Bagaimana cara kerja Online-PR?

Kita menyelaraskan kembali merek (brand), memosisikan ulang produk/layanan, dan membawa perusahaan menjadi sorotan. 

Tapi bagaimana kita melakukannya? Dengan cerita yang tepat dan siaran pers yang tepat, praktisi humas mencapai kelompok sasaran yang diinginkan untuk PR online. 

Humas juga mengembangkan strategi yang menyatukan lembaga dan kelompok target dan mengirim mereka dalam perjalanan menuju produk, layanan, atau program. 

Di sektor media sosial, hums online menggabungkan aturan web dengan tujuan lembaga dalam hal pengoptimalan mesin telusur (SEO), pemasaran, dan banyak lagi. 

Humas juga membawa pemantauan ke tingkat berikutnya dan membawa status quo merek ke penyebut yang sama. 

Selain itu, humas bisa merekrut influencer dari berbagai industri, baik besar maupun kecil, global atau lokal. Mereka selalu menjadi alat yang tepat untuk pemosisian unik merek atau brand lembaga.

Humas Online: Tugas dan Fungsi Kegiatan Cyber Public Relations


Aktivitas humas online sangat erat kaitannya dengan peningkatan hasil dari banyak teknik komunikasi pemasaran digital lainnya, khususnya media sosial, SEO, pemasaran kemitraan, dan pemasaran viral / pemasaran dari mulut ke mulut.

PR online bisa menjadi teknik yang bagus dan berbiaya rendah untuk membuat lebih banyak orang mengetahui merek atau situs web Anda, tetapi ini membutuhkan banyak kerja keras - tidak ada jalan pintas.

Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Online_public_relations
https://www.smart-pr.de/en/what-we-do/online-pr/what-is-online-pr/
https://www.smartinsights.com/online-pr/

Buku Humas Online: Panduan Praktis Cyber PR

Buku Humas Online: Panduan Praktis Cyber PR
Buku Humas Online. Penerbit/Order: Lekkas


Thanks for reading Humas Online: Tugas dan Fungsi Kegiatan Cyber Public Relations | Labels: Humas Online, Ragam edit this post
0 Komentar untuk "Humas Online: Tugas dan Fungsi Kegiatan Cyber Public Relations"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top