October 27, 2020

Cara Mengucapkan Kata Podcast yang Benar

October 27, 2020

Cara Mengucapkan Kata Podcast yang Benar


Bagaimana Cara Mengucapkan Kata Podcast yang Benar? Kata podcast berasal dari bahasa Inggris yaitu singkatan dari iPod dan Broadcast.


Cara mengucapkannya adalah pod-kaast, bukan pod-kes! Gak percaya? Silakan ketik "how to pronounce podcast" di Google, maka akan muncul seperti ini:


Cara Mengucapkan Kata Podcast yang Benar

Tapi... itu aksen Inggris (British English). Jelas banget ngucapin KAST-nya. Berbeda dengan aksen Inggris Amerika (American English) yang mengucapkan podcast dengan POD-KEST, meski ngucapin E-nya agak condong ke A juga dikit.


Silakan klik Cambridge Dictionary. Akan muncul cara pengucapan kata podcast versi Inggris British dan Inggris Amerika. Akan muncul cara mengucapkan kata podcast dua versi: UK (POD-KAS) dan US (POD-KES).


Kita juga bisa cek cara pengucapan istilah podcast di Youtube, seperti dalam video berikut ini:



Jelas banget, Cara Mengucapkan Kata Podcast yang Benar adalah POD-KAST, bukan POD-KES! Tapi, sekali lagi, itu versi British. Versi Amerika: POD-KEST.


CB coba dengarkan beberapa podcast dari podcaster asal Inggris. Semuanya mengucapkan pod-kast. Podcaster Amerika mengucapkannya pod-kes.


Podcaster Indonesia mengucapkannya POD-KES. Mengikuti cara pengucapan orang Amerika.


Cara Mengucapkan Kata Podcast yang Benar

Dalam bahasa Indonesia, podcast disebut siniar. Tapi istilah ini tidak atau belum populer. 


Kita terbiasa dengan istilah podcast, sebagaimana terbiasa dengan istilh blogger (Inggris) dan merasa asing dengan istilah blogger dalam kamus bahasa Indonesia: bloger.*


Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Cara Mengucapkan Kata Podcast yang Benar

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *