Manfaat Cek Haki yang Perlu Diketahui


Di era yang semakin canggih ini, pembajakan dan plagiarisme cukup marak. Hal tersebut mengakibatkan hasil karya cipta mudah ditiru oleh pihak tak bertanggung jawab. Karena itulah, peran perlindungan Hak kekayaan Intelektual dibutuhkan.

Lantas, apa saja manfaat cek haki yang sesungguhnya? Untuk menemukan jawabannya, simak ulasan berikut.

Mengulik Manfaat Perlindungan Cek Hak Kekayaan Intelektual

1. Menciptakan Iklim Kondusif bagi Investor

Perlu anda ketahui, investor tidak akan bekerja sama dengan badan perusahaan yang tidak memiliki legalitas secara sah di mata hukum. Para investor pastinya akan mempertimbangkan banyak faktor sebelum menanamkan modalnya ke sebuah bidang usaha.

Hal tersebut dilakukan agar kedua belah pihak, antara investor dan pemilik bisnis sama sama untung. Hak intelektual yang telah diakui negara nyatanya dapat menciptakan iklim yang kondusif bagi para pelaku bisnis. Seperti yang anda ketahui, para investor tentu tidak ingin terlibat masalah hukum yang menimpa perusahaan akibat kekayaannya tidak diakui negara.

Di sinilah manfaat Haki begitu jelas terasa sebagai pelindung mutlak yang mampu menciptakan iklim kondusif.

2. Meningkatkan Kreativitas

Perlu anda ketahui, perusahaan yang sudah diakui sah secara hukum perlu menciptakan inovasi terbaru untuk membuat bisnisnya terus berkembang. Hal ini akan secara otomatis meningkatkan produktivitas perusahaan tersebut.

Pengembangan kreativitas secara tidak langsung juga dapat meningkatkan produk yang memiliki daya saing dalam lingkup pasar. Apa pun bentuk inovasi yang dihasilkan sebuah perusahaan, lambat laun akan dikenal oleh masyarakat luas.

Melalui hal tersebut, bisnis yang anda dirikan akan semakin berkembang lantaran telah memiliki kepercayaan dari pelanggan. Tidak menutup kemungkinan, publik selalu menantikan ragam inovasi produk baru sebagai bukti nyata manfaat cek Haki.

3. Mempercepat Pertumbuhan Industri Yang Menguntungkan Negara

Setiap perusahaan yang mendaftarkan HKI miliknya, akan diumumkan melalui media massa. Hal tersebut dapat membuka peluang besar perusahaan tersebut akan dilirik negara lain.

Dengan demikian, perusahaan yang bekerja sama dengan negara lain akan menambah pendapatan per kapita ataupun devisa negara. Jadi, antara perusahaan dan negara sama sama untung.

4. Memberikan Perlindungan Hak Cipta

Seperti yang telah dijelaskan di awal, perkembangan teknologi yang semakin canggih turut menimbulkan permasalahan dibidang National Trade. Pembajakan, sabotase, hingga penyelewengan hak menjadi permasalahan yang sering dihadapi para pelaku bisnis.

Kondisi demikian tentu akan menghambat perkembangan dan merugikan perusahaan yang dibangun. Tetapi, dengan adanya pengakuan Haki oleh pihak berwajib sebuah perusahaan akan dilindungi secara mutlak oleh negara.

Siapa pun yang berusaha untuk menjatuhkan perusahaan tersebut, harus menyiapkan dirinya untuk berhadapan dengan hukum yang ketat. Bahkan, sanksi yang diberikan cukup berat.

5. Memiliki Kewenangan Khusus

Perusahaan yang telah mendaftarkan merek dagang dan hak kekayaan intelektualnya, memiliki kewenangan eksklusif. Adapun kewenangan tersebut adalah, melaporkan pihak yang berusaha plagiasi, dapat memberikan mereknya untuk pihak lain, dan mendapat hak untuk menang dalam banding jika ada oknum yang berusaha sabotase.

6. Memperluas Pangsa Pasar

Dengan adanya pengakuan Haki, pelaku bisnis akan termotivasi untuk menciptakan karya dan inovasi yang dapat meningkatkan kompetisi. Melalui hal tersebut, para pelaku bisnis akan berlomba lomba untuk memberikan inovasi terbaiknya. Tanpa disadari, kondisi demikian dapat memperluas pangsa pasar.

Setelah mengetahui betapa pentingnya pengakuan Haki, dapat ditarik benang merah bahwa hal tersebut dapat melindungi perusahaan dari permasalahan yang tidak diinginkan.

Teruntuk Anda yang sedang merintis bisnis, tidak ada salahnya untuk mengajukan pendaftaran Haki melalui Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Untuk cek haki silahkan hubungi Patendo.*

Post a Comment